Sponsors Link

Pengaruh Susu Kedelai Terhadap Asam Urat dan Kesehatan

Sponsors Link

Asupan makanan dan minuman penurun asam urat adalah sasaran utama seseorang yang menderita penyakit asam urat. Asupan makanan dan minuman yang dipilih biasanya adalah yang tidak memiliki kandungan purin tinggi. Salah satu yang bisa menjadi bahan pertimbangan adalah minuman jenis susu yang dibuat dari olahan kedelai. Bagaimana pengaruh susu kedelai terhadap asam urat dan tips mengatasinya? Berikut adalah ulasannya.

ads

Manfaat Susu Kedelai Untuk Asam Urat

Untuk mengurangi kadar asam urat dalam tubuh, biasanya beberapa orang akan mengandalkan obat medis asam urat yang biasa di resep kan oleh dokter. Salah satu obat medis yang biasa digunakan adalah Allupurinol.

Memang manfaat dari obat medis akan mempengaruhi pada penurunan asam urat, namun penggunaan obat medis biasanya akan memberikan efek samping pada penderita asam urat. Sehingga beberapa orang kerap kali mencari bahan-bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk penurunan kadar asam urat tanpa memberikan efek samping. Salah satu yang bisa menjadi bahan pertimbangan adalah susu kedelai. Beberapa manfaat susu kedelai untuk asam urat seperti:

  • Efektif menurunkan kadar asam urat

Konsumsi kedelai diyakini dapat menurunkan kadar asam urat secara efektif. Kandungan isoflavon yang ada dalam  susu kacang kedelai akan berperan sebagai zat yang membantu penurunan asam urat. Isflavon merupakan senyawa yang masuk dalam golongan flavonoid yang biasanya banyak terkandung dalam kacang-kacangan salah satunya adalah kacang kedelai.

  • Mencegah enzim pembentuk asam urat

Kacang kedelai juga dinilai mampu mencegah xanti oksidase untuk menghasilkan kadar asam urat dalam tubuh. Sehingga akan menghambat pada pengkristalan asam urat. Manfaat ini sangat baik jika benar-benar didapatkan oleh penderita asam urat. Karena penghambatan enzim tersebut artinya akan mempengaruhi juga pada penurunan kadar asam urat dalam tubuh.

  • Mencegah terjadinya peradangan dan nyeri pada sendi

Manfaat ini sangat dipengaruhi oleh manfaat sebelumnya. Karena kadar purin dan juga enzim pembentuk asam urat sudah bisa dicegah maka peradangan dan juga rasa nyeri pada sendi sebagai tanda-tanda asam urat akan semakin berkurang bahkan bisa dicegah agar gejala yang lebih para tidak menjadi lebih parah.

Manfaat Susu Kedelai Untuk Kesehatan

Selain bermanfaat untuk asam urat, susu kedelai juga sangat bermanfaat untuk kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaatnya:

  • Susu kedelai bisa menyehatkan jantung

Selain sangat baik untuk dikonsumsi untuk asam urat, kedelai juga sangat menyehatkan terutama pada jantung. Hal ini disebabkan karena susu kedelai tinggi akan kandungan lemak baik atau  lemak tak jenuh dan sangat rendah kandungan lemak jenuhnya. Selain itu, kedelai juga memiliki banyak sekali kandungan protein yang bermanfaat untuk mencegah terjadinya kardiovaskular. Perbandingan lemak jenuh dan tak jenuh yang ada dalam susu kedelai juga sangat baik untuk pencegahan kolesterol dan hipertensi.

  • Susu kedelai bermanfaat untuk kesehatan kulit

Kedelai juga diyakini dapat memberikan kesehatan pada kulit. Susu kedelai bisa dimanfaatkan untuk kecantikan kulit dan tubuh. Kandungan nutrisi yang ada dalam susu kedelai akan memperlancar produksi kolagen pada tubuh sehingga akan membuat kulit menjadi tampak lembut, kenyal dan halus.

  • Susu kedelai mengatasi sembelit

Konsumsi susu kedelai juga bisa mengatasi gangguan pada pencernaan seperti sembelit. Ini disebabkan karena kandungan serat yang ada dalam susu kedelai mampu secara efektif melancarkan sistem pencernaan dan mengatasi masalah sembelit.

Sponsors Link

Tips Mengkonsumsi Kedelai

Agar kedelai bisa bekerja dan memberikan manfaat secara efektif, sebaiknya Anda mengikuti tips berikut:

  • Konsumsi kedelai pada pagi hari

Jika Anda sedang melakukan diet renda purin, sebaiknya Anda mengkonsumsi kedelai pada pagi hari. Ini akan membantu menurunkan kadar purin secara efektif dan juga membantu Anda untuk menggantikan menu sarapan pagi, karena setelah makan kedelai Anda akan merasa kenyang.

  • Jadikan kedelai sebagai cemilan

Anda juga sebaiknya mengkonsumsi kedelai untuk pengganti cemilan. Karena kedelai merupakan salah satu minuman sehat yang tidak akan memberikan dampak buruk pada tubuh.

  • Konsumsi kedelai sebelum makan

Jika Anda sedang melakukan diet rendah purin dan diet rendah lemak, Anda bisa mengkonsumsi susu kedelai sebelum makan sehingga Anda tidak akan terlalu banyak makan.

  • Pilihlah susu kedelai organik

Anda juga sebaiknya memastikan, kalau kedelai yang Anda konsumsi adalah asli tanpa ada campuran apapun. Sehingga manfaat dari kedelai akan semakin terasa.

Itulah pengaruh susu kedelai terhadap asam urat dan kesehatan yang dapat Anda ketahui. Untuk mengatasi asam urat dengan obat herbal untuk asam urat lainnya Anda bisa mengkonsumsi daun herbal seperti kumis kucing, sambiloto atau pare. Atau Anda juga bisa mengkonsumsi suplemen penurun asam urat yang terbuat dari bahan-bahan alami.

, , , ,