Sponsors Link

Kandungan dan Pengaruh Telur Pada Asam Urat

Sponsors Link

Telur adalah makanan yang sangat umum dan biasanya selalu menjadi salah satu persediaan makanan paling utama. Kandungan protein dalam telur akan sangat baik jika dikonsumsi. Namun apa jadinya jika telur dikonsumsi oleh penderita asam urat? Mengingat asam urat disebabkan karena asupan makanan yang sembarangan, apakah telur sangat aman untuk seseorang yang memiliki penyakit asa urat? Untuk mengetahui lebih jelasnya berikut adalah kandungan dan pengaruh telur pada penderita asam urat.

ads

Kandungan Telur

Telur mempunyai banyak sekali kandungan diantaranya seperti: Vitamin A, asam folat, vitamin B6, vitamin B12, zat besi, kalsium, kalium, fosfor, protein, vitamin A, vitamin D, vitamin E.

Telur Untuk Penderita Asam Urat

Asam urat adalah penyakit yang disebabkan karena kelebihan zat purin dalam tubuh. Sumber purin biasanya akan didapatkan karena konsumsi pantangan makanan bagi penderita asam urat, selali makanan ada juga minuman penyebab asam urat yang memiliki kandungan purin cukup tinggi. Pola hidup yang buruk dan pengatur asupan makanan yang buruk bisa menjadi salah satu pemicu seseorang mengalami kelebihan purin tersebut. Makanan yang mengandung banyak purin diantaranya adalah jeroan, daging merah dan banyak lagi. Sedangkan minuman penyebab asam urat yang mengandung purin seperti alkohol dan soda. Lalu bagaimana dengan telur, apakah akan berbahaya bagi asam urat?

Telur adalah sumber protein yang memiliki cukup banyak kandungan nutrisi yang sangat penting untuk kesehatan. Telur juga biasanya dijadikan salah satu menu untuk menurunkan berat badan. Bagian kuning nya juga mengandung banyak nutrisi sehingga tidak akan membuat pencernaan merasa terganggu karena mengkonsumsi nya.

Namun tahukah Anda selain kandungan yang disebutkan diatas, ternyata telur juga memiliki kandungan purin sebanyak 130,7/100 gram! Lalu apakah penderita asam urat dilarang untuk mengkonsumsi telur? Tentu saja tidak. Penderita asam urat memang akan dipengaruhi oleh zat purin. Purin adalah senyawa yang tidak akan membahayakan pada tubuh jika kadarnya masih normal, namun akan sangat berbahaya jika sudah meningkat. Purin yang berlebihan akan diolah ginjal untuk kemudian dikeluarkan lewat urin, namun saat ginjal mengalami penurunan fungsinya purin tidak akan bisa dikeluarkan, akibatnya purin akan semakin mengendap, membentuk kristal asam urat dan masuk pada sela-sela persendian untuk mengendap dan jika kondisi tersebut terus berlangsung akan terjadi peradangan dan mulai muncul tanda-tanda asam urat seperti nyeri pada persendian, sendi terasa panas, sendi kemerahan, bahkan sampai mengalami bengkak.

Namun sebenarnya Anda masih tetap bisa mengkonsumsi telur asalkan tidak terlalu berlebihan saat mengkonsumsi nya. Anda bisa makan 1 butir telur saja per hari.

Kandungan lesitin yang ada dalam kuning telur akan sangat bermanfaat untuk mengikat lemak darah yang sangat berlebihan dan biasanya menjadi salah satu pemicu menaiknya kadar asam urat dalam tubuh. Selain lesitin, kuning telur juga memiliki kandungan lutein yang akan berperan sebagai antioksidan yang akan mengurangi adanya radikal bebas akibat terlalu tingginya asam urat yang ada dalam tubuh. Kandungan tersebut juga akan membantu untuk menetralisir rasa nyeri pada persendian akibat penumpukan asam urat.

Tips Makan Telur Untuk Penderita Asam Urat

  • Konsumsi telur 1 hari 1 butir
  • Sebaiknya hindari mengolah telur dengan cara digoreng karena akan merusak kandungan nutrisi yang ada dalam telur, sebagai gantinya Anda bisa mengolahnya dengan cara direbus.
  • Jangan rebus telur terlalu lama agar kandungan nutrisi di dalamnya tidak terganggu dan dapat diserap oleh tubuh dengan baik.
  • Benar-benar perhatikan porsi Anda saat akan mengkonsumsi telur.
Sponsors Link

Tips Menurunkan Kadar Asam Urat

  • Diet rendah purin

Anda bisa melakukan diet rendah purin salah satu menu yang bisa Anda jadikan untuk diet adalah telur. Anda bisa konsumsi telur sesuai dengan tips yang sebelumnya sudah disampaikan, jangan berlebihan dan atur porsi nya serta perhatikan cara pengolahan nya. Diet ini akan membantu Anda untuk menurunkan kadar purin menjadi normal kembali. Anda bisa melakukan diet selama 1 minggu hingga 1 bulan.

  • Konsumsi supulemen penurun asam urat

Bebera suplemen penurun asam urat sudah banyak dijual di toko obat, Anda bisa bertanya pada apoteker atau akan lebih baik jika Anda meminta rekomendasi dokter untuk mengkonsumsi suplemen penurun asam urat.

Ada beberapa obat herbal yang mampu secara efektif menurunkan kadar asam urat dalam tubuh, seperti sambiloto, kumis kucing, dan daun sirsak. Tanaman-tanaman tersebut sudah sangat terkenal akan khasiat nya menurunkan kadar asam urat.

Itulah pembahasan mengenai kandungan dan pengaruh telur pada asam urat yang dapat Anda ketahui. Kesimpulannya, telur tidaklah berbahaya selama Anda bisa mengkonsumsi dalam porsi yang wajar.

, , ,