Sponsors Link

16 Tanaman Herbal Penghancur Batu Ginjal dan Asam Urat Paling Ampuh

Sponsors Link

Batu ginjal adalah kondisi terbentuknya suatu material yang khas menyerupai batu dan tersimpan di dalam ginjal. Material pembentuk batu ini berasal dari sisa limbah yang berasal dalam darah kemudian dipisahkan oleh ginjal yang mengendap. Banyak faktor yang dapat menyebabkan terbentuknya batu ginjal salah satunya karena penyakit asam urat. Batu asam urat adalah jenis batu yang terbentuk karena tingginya kadar asam urat dalam urin. Tinggi kadar asam disebabkan karena asupan purin dari luar tubuh berupa makanan yang terlalu mengandung banyak purin. Lalu bagaimana cara untuk mengatasi batu ginjal secara alami? Berikut adalah beberapa 16 tanaman herbal penghancur batu ginjal dan asam urat paling ampuh.

ads

1. Daun kelor

Obat herbal pertama yang diyakini dapat mengobati batu ginjal dan sangat aman untuk dikonsumsi adalah daun kelor. Obat yang terbuat dari daun kelor ini diyakini dapat menghancurkan batu ginjal karena bisa mengatur ketidak seimbangan kristaloid dan juga koloid, dan juga mampu mengembalikan fungsi ginjal dengan sangat baik. Jika kristaloid dan juga koloid terlalu kental maka akan mengakibatkan terbentuknya batu ginjal.

2. Tanaman rujak polo

Obat herbal untuk asam urat selanjutnya adalah tanaman rujak polo. Tanaman ini merupakan jenis tumbuhan yang bisa digunakan sebagai obat untuk meluruhkan batu ginjal. Ekstrak tanaman rujak polo yang dicampurkan dengan air akan mengatasi munculnya kalsium okalat yaitu salah satu kandungan yang bisa mengurangi resiko terbentuknya batu ginjal.

3. Tanaman ajwain

Tanaman ajwain adalah tanaman yang mempunyai kandungan antioksidan cukup tinggi dan bisa dengan baik mencegah terbentuk batu ginjal secara berulang untuk orang yang mengalami pembentukan batu pada ginjalnya. Dengan mengkonsumsi tanaman ini, maka akan mencegah terbentuknya kalsium.

4. Biji bishop weed

Selanjutnya Anda juga bisa memanfaatkan biji bishop weed untuk menghancurkan batu ginjal. Efek dari biji ini adalah anti pembentukan kristal yang ada dalam tubuh karena mempunyai potensi dieresis dan juga peningkatan hiperbilirubinemia  dan uremia. Diuresis akan membantu untuk meningkatkan volume pada urin yang akan dikeluarkan dari ginjal.

5. Asam jawa

Obat penghancur batu ginjal selanjutnya adalah asam jawa. Manfaat dari asam jawa adalah bisa menghambat pembentukan kristal secara langsung, baik pada orang yang masih dalam keadaan sehat atau pada orang yang memiliki masalah pada ginjalnya.

6. Costus spiralis

Costus spiralis adalah jenis tanaman kaktus yang cukup banyak digunakan oleh masyarakat Brazil untuk mengeluarkan batu ginjal. Kandungan yang ada dalam tanaman ini juga diyakini bisa menghancurkan kristalisasi yang terjadi dalam tubuh.

7. Daun rangginan

Daun rangginan juga mempunyai manfaat untuk menghancurkan kristal atau batu yang ada pada air urin. Daun ini berfungsi mengeluarkan urea dan berpotensi menurunkan kadar akumulasi racun dalam tubuh.

8. Rumput upas-upasan

Tanaman selanjutnya yang dapat dijadikan obat herbal untuk asam urat adalah rumput upas-upasan. Tanaman ini mempunyai manfaat menurunkan kadar oxalate yang ada dalam urin yang merupakan salah satu unsur terbentuknya batu ginjal.

Sponsors Link

9. Paterseli

Paterseli adalah salah satu tanaman yang memiliki banyak sekali kandungan vitamin dan juga mineral, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, potassium, thiamin, dan tembaga. Kandungan-kandungan tersebut diniali mampu membersihkan ginjal dengan baik. Bahan pembersih ini juga akan membersihkan racun dan juga zat berbahaya lainnya yang ada dalam tubuh. Patersel adalah salah satu obat herbal yang dinilai sangat efektif untuk membersihkan ginjal dan mengembalikan fungsinya dengan sangat baik. Untuk memanfaatkan tanaman ini menjadi obat peluruh batu ginjal, Anda bisa merebus daun paterseli, Anda bisa meminum air rebusan nya dengan teratur.

10. Tempuyung

Tempuyung adalah salah satu tanaman yang sudah diakui manfaatnya oleh masyarakat banyak. Tanaman ini kaya akan nutrisi dan juga kandungan vitamin nya. Kandungan kalium yang ada dalam tanaman tempuyung juga dinilai mampu untuk menghancurkan batu ginjal yang tersimpan dalam urin. Daun tempuyung memiliki kadar kalium yang sangat tinggi sehingga akan membuat batu ginjal seperti kalsium karbonat akan hancur karena kalium sudah menyingkirkan kalsium untuk bisa bersatu dengan karbonat, oksalat atau salah satu urat yang bisa membentuk batu ginjal.

11. Keji beling

Di Indonesia daun jenis keji beling sudah sangat terkenal akan manfaatnya yaitu bisa menghancurkan batu ginjal. Kandungan yang ada pada tanaman ini adalah Vitamin B1, B2, C, flavonoid, kalium, natrium, kalsium, magnesium, ferum, tripenoid, fosfor, tannin, alkaloid, saponin, glikosida dan juga silikat. Daun keji beling juga memiliki kandungan kafein namun masih dalam kadar yang rendah. Tingginya kandungan kalium yang ada dalam keji beling, akan membuat daun ini terasa sangat pahit. Namun dibalik rasa pahit nya Anda akan mendapatkan manfaat cukup besar dengan mengkonsumsi secara rutin.

12. Kumis kucing

Tanaman selanjutnya yang bisa dimanfaatkan untuk pengobatan herbal menghancurkan batu ginjal karena asam urat adalah dengan menggunakan daun kumis kucing. Daun ini sudah sangat tidak asing lagi, karena banyak sekali masyarakat Indonesia yang menjadikan kumis kucing sebagai salah satu ramuan tradisional untuk menyembuhkan beberapa penyakit seperti sembelit. Disamping itu, kumis kucing juga sangat bermanfaat untuk bisa mengobati gangguan yang ada pada ginjal seperti peradangan, adanya batu ginjal, kencing manis dan juga menurunkan kadar glukosa yang ada dalam darah. Untuk mengkonsumsi nya, Anda bisa meminum air rebusan kumis kucing dengan teratur.

Sponsors Link

13. Daun sendok

Masih menjadi salah satu tanaman khas Indonesia yang dinilai sangat mampu untuk menghancurkan batu ginjal yaitu daun sendok. Tanaman ini sangat bermanfaat sebagai salah satu anti inflamasi yang bisa melarutkan batu ginjal, anti bakteri dan juga meningkatkan fungsi ginjal menjadi lebih baik.

14. Ceplukan

Tanaman herbal selanjutnya yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi terbentuknya batu ginjal dalam urin adalah ceplukan. Tanaman ini memiliki sifat analgesi, anti tumor dan juga antiseptic. Selain bisa meluruh kan batu ginjal, ceplukan juga bisa mengatasi berbagai jenis penyakit seperti salah satunya adalah stroke. Untuk mengkonsumsi nya sangatlah mudah, Anda tinggal mengkonsumsi buahnya atau merebus nya dan meminum air rebusan nya.

15. Daun jelatang

Tanaman herbal terakhir yang dapat dijadikan sebagai obat untuk mengancur kan batu ginjal adalah daun jelatang. Tanaman ini sangat dikenal bisa mengobati dan juga mencegah adanya infeksi yang terjadi pada saluran kemih dengan benar dan juga menjaga aliran air yang ada pada ginjal dan kandung kemih. Untuk mengkonsumsi nya, Anda bisa meminum daun jelatang sebanyak 2 sampai 3 cangkir setiap harinya.

16. Bungan dandelion

Beberapa orang mungkin masih asing dengan jenis tanaman ini, karena memang Anda akan sangat sulit menemukannya. Namun Anda bisa mencarinya ke toko herbal. Anda bisa mengkonsumsi bunga dandelion menjadi ramuan untuk meluruh kan batu ginjal dengan cara merebus, dan meminum air rebusan nya. Jika Anda mencarinya ke toko herbal, Anda akan mendapatkan produk dalam bentuk seperti teh yang tinggal diseduh.

Makanan dan Minuman Penghancur Batu Ginjal

Selain tanaman herbal yang dapat menghancurkan batu ginjal dengan alami, Anda juga bisa mengkonsumsi makanan dan minuman yang dapat membantu menghancurkan batu ginjal:

ads

1. Anggur

Anggur adalah salah satu jenis buah-buahan yang dapat membantu untuk meluruh kan adanya batu ginjal. Selain memiliki rasa yang enak dan juga menyegarkan, anggur juga mempunyai kandungan nutrisi yang bisa menyembuhkan penyakit dengan alami. Salah satu penyakit yang bisa disembuhkan oleh anggur adalah batu ginjal. Untuk memanfaatkan anggur sebagai salah satu obat untuk batu ginjal adalah dengan konsumsi anggur dengan kulit dan bijinya. Mengapa harus dengan bijinya? Karena biji anggur mempunyai kandungan antioksidan yang cukup tinggi sehingga untuk proses penyembuhan penyakit akan lebih baik jika dibandingkan dengan daging buahnya.

2. Asparagus

Asparagus adalah salah satu jenis sayuran yang mempunyai tunas. Walaupun sayuran jenis asaparagus ini belum banyak diketahui oleh masyarakat Indonesia namun hingga saat ini asparagus bisa Anda temukan di banyak supermarket. Sayuran ini memiliki kandungan zat asparagi yaitu senyawa yang sangat bermanfaat untuk bisa menghancurkan batu ginjal sehingga akan memudahkan untuk mengeluarkan batu ginjal yang ada pada saluran kandung kemih. Mengkonsumsi asparagus dengan rutin akan sangatlah baik untuk kesehatan terutama bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit batu ginjal karena asam urat.

3. Minyak zaitun dan jus lemon

Minuman yang dapat menghancurkan batu ginjal yang ada dalam saluran kandung kemih adalah minyak zaitun yang dicampurkan dengan jus lemon. Minuman ini akan sangat menyegarkan dan juga sangat bermanfaat untuk kesehatan pada tubuh. Perpaduan antara zaitun dan lemon dinilai mampu mengurangi adanya keluhan batu ginjal dalam waktu 1 hari. Cara pembuatan nya pun tidak terlalu sulit, Anda bisa mencampurkan zaitun dengan jus lemon dengan perbandingan sama, kemudian Anda bisa meminumnya 1 kali per hari saat malam hari.

4. Buah berry

Buah berry adalah jenis buah-buahan yang sudah sangat terkenal karena rasanya yang segar. Buah berry ini banyak sekali jenisnya adalah strawberry, blueberry, blackberry, crancberry dan yang lainnya. Buah ini dinilai mampu menghancurkan adanya batu ginjal yang tersimpan dalam kandung kemih.

5. Buah ceri

Selanjutnya adalah buah yang sangat kecil dan berwarna merah yaitu ceri. Buah ini bisanya selalu digunakan sebagai hiasan pada cake. Namun tahukah Anda? Bahwa ternyata buah ceri juga bisa sangat bermanfaat untuk mengatasi adanya batu ginjal yang ada dalam kandung kemih. Anda bisa mengkonsumsi ceri sebagai cemilan untuk menghancurkan batu ginjal secara alami.

Itulah 16 tanaman herbal penghancur batu ginjal dan asam urat paling ampuh. Anda bisa memilih salah satu tanaman diatas untuk dikonsumsi secara rutin dan meluruh kan batu ginjal yang tersimpan dalam kandung kemih. Untuk membantu mengobati batu ginjal karena asam urat Anda bisa coba mendapatkan manfaat nanas untuk asam urat, manfaat buah pare untuk asam urat atau mengkonsumsi suplemen penurun asam urat.

, ,



Oleh :
Kategori : Herbal