Sponsors Link

Pengobatan Asam Urat Secara Medis: Obat, Terapi dan Operasi

Sponsors Link

Terjadinya penumpukan zat asam urat dalam tubuh yang melebihi batas normal dapat menyebabkan penumpukan asam urat pada persendian. Penumpukan asam urat pada daerah sendi ini diakibatkan dari tidak dikeluarkannya zat asam urat sebagai limbah tubuh dan akhirnya mengendap di sendi-sendi. Kondisi seperti ini sering disebut sebagai penyakit asam urat. Asam urat yang mengendap pada tubuh berubah menjadi kristal-kristal tajam yang menimbulkan rasa nyeri pada daerah persendian, terutama sering terjadi pada sendi dan pergelangan kaki. Nyeri yang berlanjut dan dibiarkan akan terus berkembang menjadi pembengkakan hingga terjadi peradangan parah.

ads

Ambang batas asam urat yang masih bisa ditoleransi oleh tubuh adalah 2-6,5 mg/dL untuk wanita dan 2-7,5 mg/dL untuk laki-laki. Kaum pria lebih mudah terserang asam urat karena tidak memiliki hormon estrogen seperti pada wanita. Sedangkan pada wanita lebih mudah terserang saat setelah mengalami menopause. Asam urat mudah menyerang siapa saja apalagi yang sudah masuk lansia atau lanjut usia (40 tahun keatas). Baca juga: Asam Urat pada Lansia.

Penyebab asam urat paling utama adalah karena pola hidup yang tidak sehat, seperti seringnya mengkonsumsi daging-dagingan daripada membayar konsumsi sayur. Karena asam urat yang menumpuk banyak di tubuh terjadi karena asupan zat purin berlebihan yang umumnya ada pada daging-dagingan dan jerohan. Zat purin akan terurai menjadi asam urat dan dikeluarkan tubuh melalui ginjal dalam bentuk urine, sebagian kecil dikeluarkan melalui usus besar sebagai tinja.

Penyakit asam urat yang tidak segera mendapatkan penanganan khusus dapat berakibat ke kondisi yang lebih buruk. Gejala awal yang ditimbulkan asam urat mungkin hanya terasa nyeri saja 3-10 hari pertama, namun jika kondisi ini dibiarkan dan tidak ada upaya untuk mengendalikan asupan asam urat, gejala asam urat akan menjadi pembengkakan yang terasa panas seperti terbakar. Kondisi seperti ini biasanya asam urat sudah memasuki tahap peradangan sehingga semakin sulit untuk dilakukan penyembuhan secara cepat sehingga perlu pengobatan asam urat secara medis.

Saat ini sudah banyak metode penyembuhan asam urat baik melalui pengobatan medis, terapi hingga yang melakukan operasi. Melalui artikel kali ini, Kami akan memberikan informasi terkait pengobatan asam urat secara medis mencakup jenis-jenis obat medis untuk asam urat, pengobatan dengan terapi dan operasi asam urat.

Baca juga: Tanda-Tanda Asam Urat.

Jenis-Jenis Obat Medis untuk Asam Urat

1. OAINS

Jenis obat yang pertama adalah golongan obat anti inflamasi nonsteroid (OAINS) yang bisa Anda dapatkan di apotik dengan resep dokter. Obat ini biasanya digunakan sebagai pertolongan pertama pada penderita asam urat gejala awal. Merk obat golongan OAINS yang dijual di apotik antara lain indometasin, diclofenac, naproxen dan etoricoxib. Akan tetapi, obat-obat OAINS memiliki efek samping terhadap pencernaan jika digunakan pada dosis yang tidak semestinya.  Sehingga sangat penting untuk mengikuti petunjuk dokter sesuai dengan dosis yang dianjurkan dalam mengkonsumsi OAINS karena obat ini merupakan obat yang dikonsumsi jangka panjang selama Anda menderita asam urat dan digunakan untuk mencegah kekambuhan. Biasanya ketika dokter memberikan resep obat golongan OAINS akan dikombinasikan dengan obat penghambat pompa proton (PPI) sebagai penyertanya.

Baca juga: Pertolongan Pertama Pada Asam Urat

2. Colchicine

Jika Anda memiliki kondisi tertentu yang mengharuskan Anda mengkonsumsi jenis obat lain selain OAINS, Anda dapat memilih jenis obat lain seperti colchicine karena obat ini jarang atau minim timbulnya efek samping. Obat ini juga memiliki kemampuan yang berkhasiat untuk menyembuhkan atau meredakan gejala asam urat. Obat ini dapat menghilangkan rasa nyeri dan mengurangi pembengkakan. Efek samping penggunaan obat ini biasanya hanya menimbulkan perasaan mual dan diare biasa apabila dikonsumsi melebihi dosis yang dianjurkan.

Baca juga: Jenis Penyakit Asam Urat Akut.

3. Kortikosteroid

Untuk kasus penyakit asam urat yang mereda dengan mengkonsumsi OAINS maupun colchicine, biasanya dokter akan meresepkan kortikosteroid dalam bentuk tablet maupun suntikkan untuk menghilangkan rasa nyeri. Dibandingkan dua obat sebelumnya, kortikosteroid jarang menimbulkan efek samping meskipun digunakan dalam jangka waktu lama. Namun apabila dikonsumsi dalam dosis yang sangat tinggi dapat menyebabkan otot lemas, kulit memar, penipisan tulang hingga kenaikan berat badan.

Baca juga: Jenis Penyakit Asam Urat.

Sponsors Link

4. Allopurinol

Jenis obat tablet yang bisa dikonsumsi setiap hari untuk membantu tubuh menurunkan kadar asam urat. Allopurinol bekerja dengan menghambat enzim yang bertugas untuk membentuk purin menjadi asam urat. Obat ini biasanya digunakan dalam jangka 1-2 tahun untuk benar-benar menghilangkan asam urat tubuh dengan diimbangi dengan pola hidup sehat. Pada penggunaan awal, biasanya penderita akan mengalami gout sebagai reaksi awal dimana kristal-kristal asam urat di tulang rawan mengalami penyusutan akibat penyusutan asam urat sehingga lapisan sendi mengalami peradangan karena lapisan sendi mengalami sinovium.

Cara penggunaan obat ini cukup mudah yaitu dengan menyesuaikan kadar asam urat sesuai target, 360 µmol/L atau 6 mg/dL. Dosis yang digunakan biasanya meningkat setiap 3 minggu tergantung dengan hasil pemeriksaan dokter.  Obat ini juga memiliki efek samping yang mungkin saja timbul dari penggunaan allopurinol. Efek samping yang ditimbulkan seperti sakit kepala, gangguan pencernaan, diare, dan ruam kulit. Untuk efek samping ruam kulit, mungkin saja Anda memiliki alergi pada obat ini.

Baca juga: Bahaya Asam Urat Tinggi.

5. Probenecid

Asam urat juga disebabkan berkurangnya fungsi organ ginjal untuk mengekskresi zat asam urat yang berlebihan dalam tubuh. Probonecid adalah salah satu jenis suplemen yang bekerja untuk meningkatkan kemampuan ginjal untuk mengekskresi asam urat. Mengkonsumsi jenis suplemen ini dapat menimbulkan efek samping sakit perut dan ruam kulit.

Probenecid juga digunakan untuk mengatasi arthritis kronis dan memiliki kandungan antiobiotik didalamnya. Dosis yang digunakan untuk setiap pasien asam urat berbeda-beda. Pada orang dewasa yang terserang asam urat bisa mengkonsumsi 250 mg dua kali sehari untuk 1 minggu pertama dan apabila sakit masih berlanjut bisa ditingkatkan menjadi 500 mg dua kali sehari untuk minggu selanjutnya. Salah satu merk dagangnya adalah Probenit Tablet dengan harga sekitar Rp 260.000 yang bisa dikonsumsi langsung dengan air putih.

Baca juga: Jus untuk Asam Urat.

6. Omepros

Omepros sebenarnya bukan jenis obat, melainkan suplemen yang sudah dikenal bisa untuk membantu mengobati asam urat dan mudah didapatkan di apotik. Omepros dibuat dari bahan-bahan organik dan minyak esensial dari ikan salmon. Omepros memiliki kandungan senyawa bahan alami yang baik untuk mengobati penyakit asam urat. Kandungan utama pada suplemen Omepros mencakup omega 3, 6 dan 9; vitamin E, DHA dan EPA yang bekerja secara simultan dalam tubuh untuk mengendalikan kadar asam urat tubuh.

Sponsors Link

Aturan mengkonsumsi Omepros untuk usia 18 tahun keatas bisa dikonsumsi 2 sampai 3 kali dalam sehari. Untuk asam urat yang sudah membengkak bisa mengkonsumsi 3 kali sehari. Omepros juga dapat digunakan sebagai pencegahan bagi seseorang yang beresiko terkena asam urat dengan mengkonsumsi 1 kali sehari pada malam hari. Omepros bisa Anda temukan di apotik dengan kisaran harga Rp 120.000 per botol isi 30 kapsul dan Rp 200.000 untuk isi 60 kapsul.

Baca juga: Suplemen untuk Asam Urat.

Pengobatan Asam Urat dengan Terapi

Selain penggunaan obat medis, Anda juga dapat memilih alternatif untuk menggunakan terapi asam urat. Berikut beberapa informasi tentang pengobatan asam urat dengan terapi:

1. Terapi Bekam

Terapi bekam berasal dari kawasan Asia Selatan yang telah lama digunakan sebagai metode terapi di China, Jepang dan Korea. Terapi bekam dilakukan dengan mengambil darah pada titik tubuh tertentu. Pengambilan darah ini bertujuan untuk membersihkan racun dan kotoran pada darah di seluruh tubuh. Terapi bekam banyak digunakan untuk penyembuhan asam urat tanpa pengobatan.

Tubuh dipijat dan ditekan pada daerah tertentu dengan alat khusus dan kulit ditarik dengan alat penghisap untuk mengambil darah. Biasanya bagian tubuh yang dilakukan bekam akan menjadi biru kehitaman seperti memar. Ini merupakan metode bekam kering. Sedangkan pada metode bekam basah menggunakan alat penusuk kecil atau jarum kecil yang bersih dan steril untuk mengambil darah. Untuk penderita asam urat, terapi bekam ini tidak dilakukan pada bagian tubuh yang sakit atau bengkak.

Selain bermanfaat sebagai terapi bagi penderita asam urat, terapi bekam juga bermanfaat untuk hal-hal berikut ini:

  • Merangsang hormon yang sehat dalam tubuh
  • Menurunkan kadar kolesterol tubuh
  • Menurunkan asam urat secara alami dan membantu memulihkan organ tubuh
  • Merangsang sel saraf agar dapat bekerja dengan baik
  • Membantu mengeluarkan racun tubuh.

Baca juga: Fungsi Asam Urat.

2. Terapi Akupuntur

Mungkin banyak yang sudah mengetahui tentang terapi akupuntur yang sering digunakan sebagai alternatif pengobatan tradisional tanpa obat yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit termasuk asam urat. Terapi akupuntur dilakukan dengan menusukkan jarum steril ke bagian titik tertentu tubuh sesuai dengan tujuan pengobatan.

Terapi akupuntur yang digunakan untuk mengobati asam urat perlu memperhatikan titik tubuh tertentu yang terhubung dengan ginjal , hati, jantung dan syaraf tubuh. Hal ini bertujuan untuk mengendalikan asam urat dalam tubuh Anda supaya tetap berada pada ambang normal mengingat asam urat juga berkaitan erat dengan organ-organ penting tubuh tersebut. Terapi akupuntur bisa dilakukan secara rutin dan mudah ditemukan dan  direkomendasikan bagi seseorang yang mengidap asam urat yang belum terlalu kronis.

ads

Baca juga:

3. Terapi Akupresur

Terapi lainnya yang juga bisa digunakan sebagai alternatif mengobati asam urat adalah terapi akupresur. Sesuai dengan namanya, terapi ini dilakukan dengan melakukan penekanan pada bagian tubuh tertentu untuk mengurangi kadar asam urat. Namun, bagian yang dilakukan pemijatan atau penekanan bukan bagian tubuh yang sakit atau bengkak, melainkan bagian tubuh lain yang berhubungan dengan organ tertentu terutama organ ginjal yang memiliki peran besar untuk mengurangi kadar asam urat dalam tubuh. Metode terapi ini sudah banyak diaplikasikan dan terbukti mampu meningkatkan kesehatan pada penderita asam urat tinggi dan mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan. Selain meredakan rasa sakit akibat asam urat, terapi ini juga mencegah penyumbatan aliran darah oleh racun.

Baca juga: Perbedaan Asam Urat dan Rematik.

4. Terapi Herbal

Terapi herbal dilakukan dengan penggunaan bahan-bahan herbal sebagai alternatif penyembuhan asam urat tanpa mengkonsumsi obat medis. Obat herbal untuk asam urat ini berperan untuk menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Banyak jenis tanaman herbal yang bisa menjadi alternatif untuk penyembuhan asam urat, contohnya kumis kucing, sambiloto, sidaguri, jahe, dll.

Meskipun penggunaan tanaman herbal dinilai lama untuk penyembuhan, namun terapi herbal ini bisa mencegah kekambuhan asam urat karena selain dapat menurunkan asam urat tubuh juga dapat meningkatkan kesehatan tubuh. Tanaman herbal ini dikonsumsi secara rutin yang biasanya diolah dengan direbus atau dijus untuk mendapatkan sari-sarinya.

Baca juga:

Pengobatan Asam Urat dengan Operasi

Penyakit asam urat yang sudah mencapai tahap serius ditandai dengan kemunculan tofi atau benjolan-benjolan asam urat. Tofi merupakan gumpalan-gumpalan kecil dan besar yang berwarna putih yang terbentuk dari akumulasi kristal-kristal asam urat yang biasanya muncul pada lutut, siku jari-jari, bahkan di telinga juga. Seseorang yang menderita asam urat dan sudah mengalami kemunculan tofi ini, menandakan bahwa penyakit asam urat yang dideritanya sudah masuk ke tahap yang parah dan harus segera mendapatkan penanganan.

Baca juga:

Tofi bisa kembali mengecil dengan rutin melakukan pengobatan, namun pada kasus tofi yang sudah membengkak parah harus segera dilakukan pengangkatan asam urat dengan operasi. Karena jika tidak segera dilakukan operasi, asam urat yang sudah kronis dapat menyebabkan komplikasi ke penyakit yang lebih parah lagi hingga berakibat pada kerusakan permanen sendi. Operasi merupakan alternatif terakhir untuk mengobati asam urat yang sudah masuk ke stadium paling tinggi. Operasi dilakukan untuk mengangkat atau membuang kristal-kristal asam urat yang menumpuk pada sendi. Operasi kecil maupun operasi besar ini bertujuan untuk membuang tofi-tofi asam urat.

Jika Anda merupakan seseorang yang memiliki resiko terserang asam urat, sebaiknya mulailah untuk memperbaiki pola hidup Anda dengan mengkonsumsi makanan sehat terutama makanan yang tidak mengandung zat purin tinggi. Hentikan perilaku mengkonsumsi alkohol karena alkohol dapat meningkatkan asam urat Anda secara drastis. Upaya-upaya pencegahan sangat penting dilakukan untuk menghindari operasi asam urat.

Nah, itulah sedikit informasi tentang pengobatan asam urat secara medis yang bisa menambah wawasan Anda terutama bagi penderita asam urat.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan