Sponsors Link

Penyakit Asam Urat di Telapak Tangan: Penyebab, Gejala dan Pengatasan

Sponsors Link

Asam urat sekarang ini bukanlah suatu gangguan kesehatan yang hanya diderita oleh orang yang telah lanjut usia saja, karena tidak sedikit anak muda yang juga mengalami asam urat. Di mana asam urat ini akan menyebabkan tubuh mengalami nyeri dan ngilu yang amat sangat, misalnya asam urat pada tangan atau kaki bisa menyebabkan kedua daerah tersebut nyeri hingga bengkak. Kondisi seperti ini tentunya akan sangat mengganggu aktivitas yang dilakukan, karena akan menyebabkan tangan atau daerah lainnya sulit untuk digunakan. Sehingga perlu dilakukan penanganan atau pengatasan agar gejalanya segera mereda. Nah, pada artikel kali ini akan dibahas mengenai asam urat di telapak tangan baik dari penyebabnya, gejalanya dan cara mengatasinya. Simak yuk penjelasannya di bawah ini.

ads

Penyebab asam urat di telapak tangan

Pada dasarnya rasa nyeri asam urat yang dirasakan pada telapak tangan penyebabnya tidak berbeda dengan penyebab asam urat di siku ataupun di daerah tubuh lainnya. Asam urat sendiri sebenarnya secara alami diproduksi oleh tubuh, yang mana proses pengeluarannya dari dalam tubuh adalah melalui urin. Telapak tangan nyeri ataupun kesemutan yang dialami disebabkan karena adanya peningkatan asam urat di dalam tubuh, sehingga proses pengeluaran atau eksresinya akan terganggu. Hal ini akan menyebabkan asam urat mengalami penumpukan di dalam tubuh dan bisa membentuk suatu kristal asam urat yang menyebar ke persendian tangan.

Kristal asam urat yang menumpuk di persendian tangan ini tidak hanya akan menyebabkan nyeri saja, namun juga bisa menyebabkan bengkak pada telapak tangan. Kondisi ini biasanya akan semakin parah jika penderita mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung zat purin di dalamnya, juga memiliki kebiasaan yang kurang sehat.

Gejala asam urat di telapak tangan

Ciri atau gejala yang muncul jika terjadi penumpukan kristal asam urat pada telapak tangan juga tidak jauh berbeda dengan ciri-ciri penyakit asam urat tinggi yang menyerang area persendian  lainnya. Nah, berikut ini adalah beberapa gejala yang bisa dialami saat asam urat menyerang telapak tangan:

  • Mengalami sakit dan nyeri pada telapak tangan, terutama ketika telapak tangan digunakan untuk membawa barang ataupun ketika menggenggam.
  • Telapak tangan yang terasa sangat nyeri juga seringkali diiringi dengan pembengkakan, yang mana akan menyebabkan rasa panas seperti terbakar.
  • Sering mengalami kesemutan dalam jangka waktu yang cukup lama juga menjadi salah satu gejala asam urat pada telapak tangan, yang akan mengakibatkan telapak tangan bertambah tidak nyaman digunakan.
  • Banyak buang air kecil terutama ketika malam hari juga menjadi salah satu ciri-ciri asam urat di tangan, karena saluran kemih yang terganggu oleh tingginya kadar zat purin.
  • Jika asam urat kadarnya sudah sangat tinggi bisa muncul benjolan atau tofus, yang pada umumnya akan muncul karena persendian area tangan mengalami peradangan dan tidak mendapatkan pengobatan.

Cara mengatasi asam urat di telapak tangan

Asam urat yang masih dalam stadium awal sebenarnya cukup mudah diatasi baik dengan pengobatan teratur ataupun dengan menghindari pantangan makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita asam urat. Namun jika penyakit asam urat tidak ditangani dan dibiarkan berlarut larut tidak hanya menyebabkan persendian di sekujur tubuh nyeri dan sakit, tapi juga bisa menyebabkan komplikasi asam urat tinggi yang bahaya bagi tubuh. Asam urat sangat erat kaitannya dengan kadar kolesterol, juga bisa merambah ke berbagai macam gangguan persendian tulang ataupun yang lainnya. Untuk mengatasi asam urat pada telapak tangan bisa menggunakan obat obatan atau resep dokter juga bisa dengan diatasi secara alami, seperti di bawah ini:

Sponsors Link

  • Selalu memantau kadar asam urat dengan melakukan pengecekan rutin ke dokter ataupun dengan alat uji asam urat yang bisa dibeli sendiri.
  • Melakukan olahraga dengan rutin dan teratur untuk meningkatkan daya tahan tubuh, melatih sendi agar tetap sehat dan meminimalisir nyeri akibat asam urat.
  • Mengurangi konsumsi makanan yang harus dihindari penderita asam urat yaitu yang banyak mengandung zat purin tinggi di dalamnya seperti daging, jeroan ataupun sayuran hijau pekat.
  • Menghindari konsumsi minuman yang mengandung kafein, mengandung alkohol, minuman berenergi atau stimulan, juga minuman bersoda.
  • Memperbanyak konsumsi air putih, untuk membantu melancarkan fungsi ginjal dalam mengeluarkan asam urat dan mencegah otot mengalami dehidrasi.
  • Rutin mengkonsumsi obat obatan asam urat yang diresepkan dokter, secara teratur dan sesuai dengan anjuran yang diberikan.
  • Memanfaatkan bahan alami yang bisa digunakan untuk mengobati asam urat seperti cuka apel, teh hijau, jahe atau lainnya, juga bisa dengan mengkonsumsi obat herbal untuk asam urat.

Demikian informasi mengenai penyebab, gejala dan cara mengatasi asam urat di telapak tangan. Semoga bermanfaat.

, ,



Oleh :
Kategori : Penyebab