Sponsors Link

5 Penyebab Asam Urat dan Kolesterol Tinggi yang Perlu Diwaspadai

Sponsors Link

Setiap orang memiliki kadar asam urat yang berbeda-beda di dalam tubuhnya. Kadar asam urat yang terlalu tinggi akan menimbulkan penyakit yang mampu mengakibatkan kerusakan sendi, tulang hingga kelumpuhan terutama bagi orang berusia lanjut. Sejatinya, asam urat berasal dari sisa zat purin dalam proses metabolisme yang menumpuk pada persendian yang lama kelamaan semakin banyak atau mengkristal sehingga dapat juga disebut kristal asam urat. Sendi yang diserang inilah yang akan mengalami nyeri, sensasi panas, pembengkakan, perubahan warna, hingga kulit di sekitarnya mengalami pengelupasan. Jika asam urat sudah tinggi, maka komplikasi sangat mungkin terjadi terlebih lagi jika penderita memiliki kolesterol tinggi.

ads

Kolesterol merupakan zat yang dibutuhkan dalam kadar normal sebagai pembentuk hormon, asam empedu dalam sistem pencernaan, dan vitamin D. Namun, sama halnya dengan asam urat apabila kolesterol terlalu tinggi akan menyebabkan penyakit yang mengerikan seperti stroke, serangan jantung, dan jantung koroner yang mengarah kepada kematian. Apabila efek asam urat dan kolesterol yang saling berkaitan ini diderita oleh seseorang yang tidak menyadarinya, maka berbagai komplikasi penyakit akan terjadi.

Berbagai komplikasi asam urat dan kolesterol yang berpotensi terjadi antara lain batu ginjal, gagal ginjal, munculnya tophi, jantung koroner, diabetes, asidosis metabolik, deformitas sendi, arteriosklerosi, hipertensi, stroke, dan lain-lain. Maka Anda dapat mengetahui penyebab asam urat dan kolesterol tinggi berikut ini:

1. Makanan Penyebab Kolesterol dan Asam Urat

Beragam jenis makanan yang menggoda selera di sekitar kita ternyata dapat menjadi pemicu kadar asam urat dan kolesterol untuk meningkat drastis. Zat purin yang berguna bagi tubuh untuk sintesis protein ditemukan pada makanan kaya protein, misalnya protein hewani (daging domba, daging sapi, daging babi, ham, ayam, bebek, jeroan, seafood) dan protein nabati (sayuran dan buah tertentu, biji-bijian, makanan olahan).

Sedangkan makanan penyebab kolesterol tinggi biasanya mengandung lemak seperti kuning telur, makanan yang digoreng, jeroan, daging merah, dan lain-lain. Maka jika Anda mengonsumsi makanan yang mengandung zat purin tinggi sekaligus lemak jenuh seperti jeroan, daging merah, dan makanan kaya zat purin yang digoreng akan memicu komplikasi lebih cepat.

2. Kebiasaan Pemicu Kolesterol dan Asam Urat

Terdapat tiga kebiasaan umum yang memicu naiknya kadar kolesterol dan asam urat, yakni:

  • Mengonsumsi alkohol

Alkohol merupakan minuman yang mengandung purin dari proses fermentasi di samping efek negatif lain sebagai penyebab kerusakan saraf, otak, dan hipertensi. Selain itu, alkohol juga mampu memecah protein menjadi senyawa asam urat melalui rangsangan enzim dalam hati. Alkohol juga menghambat pengurangan zat purin oleh ginjal karena alkohol mudah diubah menjadi asam laktat. Namun, alkohol dapat meningkatkan kolesterol yang sifatnya baik bagi tubuh, yakni jenis kolesterol lain yang bukan bagian dari penyakit. Maka Anda dapat mengonsumsi alkohol namun dalam kadar secukupnya.

  • Merokok

Rokok mengandung zat berbahaya secara keseluruhan seperti tar, benzene, karbon monoksida, dan oksidan. Zat-zat ini mampu menjelma menjadi racun dari asap tembakau yang dihasilkan rokok. Racun inilah yang akan meningkatkan kadar pembentukan purin dan mempercepat pengkristalan asam urat.

  • Mengonsumsi Minuman atau Makanan yang Terlalu Manis

Makanan serta minuman dengan pemanis yang terlalu banyak juga menjadi penyebab naiknya asam urat, seperti minuman kaleng, begitu pula snack atau makanan ringan.

Sponsors Link

3. Mengonsumsi Obat-obatan Tertentu

Meskipun obat tertentu dibutuhkan bagi penyakit yang umum seperti masalah tekanan darah, jantung, dan pencernaan tetapi obat-obatan ini memiliki efek pemicu asam urat dan kolesterol akibat bahan kimia yang dikandungnya.

4. Faktor Genetik

Asam urat merupakan penyakit menurun yang mungkin menyerang keluarga meskipun dari luar tampak baik-baik saja. Kebanyakan kasus asam urat turunan justru lebih sulit diatasi karena komponen genetik telah menetap dalam tubuh. Kolesterol juga dapat menurun pada anak, namun hal ini sering disepelekan terutama orang yang kurus sering menganggap mereka sehat. Padahal jika terdapat riwayat keluarga yang menderita kolesterol dan jantung koroner akan sangat mungkin diderita oleh keturunannya.

5. Usia dan Jenis Kelamin

Faktanya, kebanyakan penderita asam urat dan kolesterol berusia lansia daripada pemuda. Jenis kelamin pria juga lebih rentan terserang asam urat daripada wanita. Hal ini disebabkan oleh hormon estrogen yang dimiliki wanita sehingga membuat sisa zat purin hasil metabolisme dikeluarkan. Namun hormon ini akan menurun fungsinya jika wanita memasuki masa menopause atau berusia lanjut. Sementara pada pria kemungkinan asam urat dan kolesterol sudah cukup tinggi sejak beranjak dewasa.

Penyebab penyakit asam urat dan kolesterol tinggi menjadi hal-hal yang harus dijauhi. Tindakan pencegahan juga dapat mengurangi potensi komplikasi dengan pengobatan yang mahal namun tingkat kesembuhannya masih rendah. Untuk menikmati masa tua, sebaiknya Anda mampu mengenali penyakit yang mungkin terjadi pada Anda sedini mungkin.

, , ,
Oleh :
Kategori : Penyebab