Sponsors Link

12 Penyebab Asam Urat Rendah dan Efeknya, Wajib Diketahui!

Sponsors Link

Apakah Anda mengalami kondisi asam urat yang rendah? Apa yang anda rasakan saat kadar asam urat rendah? Apa penyebab asam urat rendah dan bagaimana efeknya?

ads

Biasanya kebanyakan orang hanya mengetahui bahaya dari asam urat yang tinggi tanpa mengetahui bahaya asam urat rendah, sehingga sebagian besar orang melakukan diet purin guna menurunkan kadar asam urat dari dalam tubuhnya. Namun sebenarnya kekurangan kadar asam urat dari dalam tubuh juga akan berdampak pada kondisi kesehatan tubuh yang melemah.

Bagi Anda yang mengalami penyakit asam urat, boleh saja mengurangi kadar asupan purin dalam makanan dan minuman yang dikonsumsi atau sering disebut sebagai diet rendah purin. Hanya saja proses diet purin tersebut tidak boleh terlalu ekstrim sampai tidak mengonsumsi sama sekali makanan atau minuman berpurin. Sebaiknya bagi Anda yang mengalami rendah purin harusnya mengonsumsi makanan untuk asam urat rendah.

Zat asam urat sangat dibutuhkan oleh metabolisme tubuh, sehingga peranannya di dalam tubuh tidak bisa dihindari begitu saja. Kandungan asam urat yang terkandung di dalam tubuh harus tercukupi, maksudnya bahwa asupannya tidak boleh berlebihan ataupun kekurangan. Jumlah asam urat yang normal untuk pria dewasa sekitar 3.5/7.0 mg/dl darah. Sementara itu, untuk wanita dewasa normalnya sekitar 2.4-6.0 mg/dl darah dan untuk anak-anak sekitar 2.0-5.5 mg/dl.

Jika Anda ingin mengantisipasi jumlah kadar asam urat dalam tubuh Anda berlebih atau kurang, Anda bisa mengecek darah Anda ke tempat pemeriksaan darah. Jika Anda sudah mengetahuinya bahwa kadar asam urat Anda berlebih ataupun kekurangan, sebaiknya segera diatasi agar tidak menyebabkan komplikasi terhadap gangguan kesehatan lainnya. Adapun penyebab asam urat rendah dan efeknya yang perlu Anda ketahui, antara lain sebagai berikut.

  1. Pola diet rendah purin yang ekstrim

Pola diet rendah purin yang ekstrim sangatlah tidak baik untuk kesehatan tubuh Anda. Hal ini dikarenakan Anda juga memerlukan peranan purin untuk membantu proses metabolisme di dalam tubuh. Pola diet purin yang ekstrim ini biasanya dilakukan dengan tidak mengonsumsi makanan atau minuman berpurin sama sekali dan dilakukan setiap hari. Dampaknya dari melakukan hal tersebut, Anda akan terasa lemas saat beraktivitas dan kinerja metabolisme tubuh Anda akan terganggu, bahkan hingga kondisi kesehatan tubuh Anda semakin menurun.

  1. Konsumsi obat penurun asam urat

Bagi Anda yang mengalami penyakit asam urat dan sedang mengonsumsi obat penurun asam urat, sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan. Jika setelah mengonsumsi obat kemudian kadar asam urat Anda sudah stabil atau dalam batas normal, sebaiknya Anda hentikan penggunaan obat tersebut. Hal ini dikarenakan apabila dikonsumsi secara terus menerus dalam jangka waktu yang panjang, maka kadar asam urat Anda justru semakin menurun secara drastis. Pengaruh obat yang berkepanjangan atau tanpa resep dokter akan membuat kadar asam urat dalam tubuh semakin berkurang setiap waktunya dan akan mempengaruhi kondisi kesehatan tubuh yang semakin menurun.

  1. Hipertiroidisme

Hipertiroidisme merupakan penyakit yang terjadi karena kelenjar tiroid yang terlalu aktif, sehingga memproduksi hormon tiroid secara berlebihan. Hal ini ditandai dengan metabolisme tubuh yang meningkat (hipermetabolisme) dan tingginya serum hormon tiroid bebas. Gejala hipertiroid diantaranya, yaitu detak jantung yang cepat, kelelahan, penurunan berat badan, gugup, tremor, dan lain-lain. Adanya gangguan penyakit ini dapat mempengaruhi kestabilan kadar asam urat dalam tubuh menjadi turun sangat drastis.

  1. Faktor genetik

Faktor genetik disebut juga faktor keturunan. Apabila orang tua Anda atau keluarga kandung Anda yang sedarah memiliki riwayat asam urat rendah, maka ada kemungkinan Anda juga mengalami hal tersebut. Biasanya akan sulit diatasi jika penyebab asam urat rendah Anda dikarenakan faktor genetik. Namun itu semua tergantung dari pola hidup Anda. Walaupun Anda memiliki riwayat asam urat rendah, tetapi pola hidup Anda sehat, maka hal ini tidak akan terjadi.

  1. Defisiensi mineral

Defisensi mineral merupakan kondisi tubuh yang memiliki kekurangan mineral. Zat mineral memiliki peranan penting bagi kesehatan dan keseimbangan tubuh, seperti membantu memulihkan kesehatan otot, mengatur tekanan osmotik tubuh, dan sebagainya. Banyak sekali jenis mineral yang diperlukan oleh tubuh dan semuanya memiliki peran dan fungsi masing-masing untuk kesehatan. Kekurangan mineral dalam tubuh juga dapat mempengaruhi kadar asam urat yang semakin rendah.

  1. Keracunan tembaga

Tembaga dengan nama ilmiah Cu merupakan mineral terbanyak ketiga yang memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Manfaat tembaga bagi tubuh antara lain, yaitu membantu metabolisme kolesterol dan glukosa, pembentukan enzim-enzim yang diperlukan tubuh, antioksidan, dan sebagainya. Peranannya dalam tubuh walaupun baik untuk kesehatan, akan tetapi asupannya tidak baik jika berlebihan karena dapat mengakibatkan seseorang keracunan tembaga.

Sponsors Link

Banyak sekali akibat dari keracunan tembaga bagi kesehatan tubuh, salah satunya dapat menyebabkan gangguan pada ginjal. Hal ini akan berpengaruh pada kadar asam urat yang rendah. Jika ginjal Anda mengalami gangguan dan tidak berfungsi dengan baik, maka kadar asam urat Anda dapat menurun. Hal ini dikarenakan ginjal tidak dapat berfungsi dengan baik untuk membantu memproduksi kadar asam urat dalam darah.

Kadar asupan tembaga yang dibutuhkan dalam tubuh, yaitu untuk wanita dan pria dewasa sekitar 900 mcg, ibu hamil sekitar 1000 mcg, ibu menyusui sektar 1300 mcg, dan anak-anak sekitar 340 mcg – 890 mcg dengan rentang usia 1 tahun sampai dengan 18 tahun (bergantung jenis usia anaknya).

  1. Penyakit wilson (penumpukan tembaga)

Penyakit wilson disebabkan oleh penumpukan tembaga pada hati, otak, dan organ vital lainnya. Penyakit ini merupakan penyakit keturunan yang langka dengan skala perbandingan 1:30.000 orang di seluruh dunia. Biasanya penyakit ini terjadi pada seseorang yang dialaminya sejak lahir karena gangguan genetika. Orang yang memiliki asam urat rendah karena penyakit Wilson dapat mengalami nyeri tubuh, berkurangnya nafsu makan, depresi, kelelahan, pembengkakan anggota badan, kegoyahan, atau kesulitan berjalan, menelan atau berbicara.

  1. Penyakit multiple sklerosis

Multiple sklerosis merupakan penyakit autoimun yang menyerang sistem saraf pusat, khususnya otak, saraf tulang belakang, dan saraf mata. Penyakit ini merupakan penyakit jangka panjang yang memiliki ciri gangguan keseimbangan, penglihatan, kendali, dan penyesuaian otot. Saraf-saraf yang rusak nantinya akan mengeras dan kemudian akan membentuk jaringan sklerosis. Penyakit ini termasuk jenis penyakit berat yang belum memiliki obatnya. Kadar asam urat seseorang juga bisa turun jika orang tersebut menderita penyakit ini.

  1. Sindrom fanconi

Sindrom fanconi merupakan suatu penyakit kelainan ginjal yang jarang terjadi. Penyakit ini menyebabkan terjadinya pengeluaran glukosa, bikarbonat, fosfat, asam urat, kalim, natrium, dan asam amino tertentu dalam jumlah yang berlebihan melalui urine. Hal ini menyebabkan penderita kekurangan zat asam uratnya dalam tubuh yang terbuang melalui urine. Jika Anda memiliki kadar asam urat rendah karena sindrom Fanconi, Anda mungkin mengalami nyeri tulang atau merasa sangat lemah, dan juga mengeluarkan sejumlah besar urin dalam jumlah besar, yang dapat meningkatkan risiko mengalami dehidrasi. Penyakit ini disebabkan karena efek samping dari obat-obatan (obat kemoterapi dan obat anti-retroviral), pencemaran logam berat atau bahan kimia lainnya, kekurangan vitamin D, transplantasi ginjal, dan lain-lain.

Sponsors Link

  1. Penyakit hati

Penyakit hati atau yang biasa disebut liver ini disebabkan oleh berbagai macam faktor, baik karena virus, bakteri, atau pola makan yang tidak sehat. Penyakit ini menyerang organ tubuh terpenting selain jantung, yaitu hati yang berfungsi sebagai penawar racun dalam tubuh. Sudah dapat Anda ketahui, bukan? Jika organ hati Anda rusak pastinya akan mengganggu sistem metabolisme dalam tubuh. Hal ini akan mempengaruhi kadar asam urat dalam darah juga menurun dan dapat menyebabkan komplikasi penyakit lainnya yang membahayakan.

  1. Penyakit ginjal

Perlu Anda ketahui adanya pengaruh asam urat terhadap ginjal yang saling berhubungan. Sama halnya dengan hati, ginjal juga berperan penting untuk tubuh yang memiliki banyak fungsi, diantaranya yaitu menyaring darah dalam tubuh. Ketika ginjal bekerja menyaring darah, maka urine akan membuang zat sisa dan kelebihan cairan dari dalam tubuh. Namun hal ini akan tidak berfungsi dengan baik apabila ginjal Anda mengalami gangguan dengan adanya penyakit, seperti gagal ginjal dan batu ginjal. Kandungan asam urat yang berlebih akan menyebabkan kerusakan pada ginjal. Namun sebaliknya apabila ginjal Anda terganggu, maka kadar asam urat dalam tubuh Anda bisa dikatakan mengalami penurunan.

  1. Idiopatik

Idiopatik menurut kamus kesehatan artinya merupakan istilah yang digunakan untuk menjelaskan sesuatu yang tidak diketahui penyebabnya. Kadar asam urat yang rendah juga bisa disebabkan oleh sesuatu yang tidak diketahui penyebabnya. Bisa saja dalam keadaan normal, kondisi tubuh sehat, tetapi kadar asam urat mendadak turun tanpa sebab. Penyebab tanpa kejelasan ini bisa disebut idiopatik.

Itulah 12 penyebab asam urat rendah dan efeknya yang perlu Anda ketahui. Biasanya bagi Anda yang mengalami asam urat rendah, gejalanya tidak terlihat atau bahkan tidak terasa sama sekali. Namun kondisi asam urat rendah biasanya menjadi suatu indikasi dari penyebab penyakit tersebut yang memerlukan penanganan khusus. Jika Anda mengalami asam urat rendah yang disebabkan oleh salah satu penyebab tersebut, sebaiknya segera berobat dan memeriksakannya ke dokter. Penyebab asam urat rendah dan efeknya dapat mengganggu stabilitas sistem kerja metabolisme dalam tubuh saja.

Bagi Anda yang memiliki kadar asam urat yang rendah, berkebalikan dengan yang mengalami asma urat tinggi. Sebaiknya bagi penderita asam urat rendah dianjurkan mengonsumsi jenis makanan yang menjadi pantangan makanan bagi penderita asam urat tinggi. Hal ini karena fungsi zat purin yang terkandung dalam zat asam urat yang memiliki peran penting bagi tubuh. Perlunya menjaga pola hidup yang sehat agar terhindar dari penyebab yang membahayakan kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Penyebab