Sponsors Link

14 Penyebab Asam Urat Sering Kambuh dan Cara Mencegahnya

Sponsors Link

Penyakit asam urat atau bisa juga disebut gout merupakan kondisi yang bisa menyebabkan nyeri, pembengkakan bahkan sampai merasa panas pada bagian persendian. Walaupun semua bagian tubuh bisa saja terkena asam urat, yang paling sering terserang biasanya pada bagian jari tangan, pergelangan kaki, jari kaki dan lutut. Biasanya laki-laki akan lebih rawan mendapatkan asam urat jika dibandingkan perempuan.

ads

Gejala asam urat akan muncul secara tiba-tiba, bisa jadi terjadi saat tengah malam. Sebagian besar gejala asam urat hanya terjadi beberapa jam saja dalam waktu 1 sampai 2 hari. Namun untuk beberapa kasus tentunya sakit pada bagian persendian bisa dirasakan lebih dari dari satu minggu bahkan lebih dari satu bulan.

Asam urat juga biasanya terjadi secara bertahap:

  • Tahap pertama, kadar asam urat sudah mulai naik dalam darah namun belum menimbulkan gejala asam urat sehingga penderita tidak menyadarinya. Orang yang mengalami ini biasanya akan sadar saat penyakit batu ginjal telah menyerangnya.
  • Tahap kedua, pada tahap ini kadar asam surat sudah membentuk kristal-kristal yang akan menyerang pada persendian jari kaki. Sehingga Anda akan merasakan nyeri seperti ditusuk pada bagian persendian, namun hal ini tidak berlangsung lama, hanya hitungan hari saja. Biasanya 1-2 hari sudah sembuh.
  • Tahap ketiga, pada tahap terakhir persendian pada tubuh akan mengalami rasa sakit yang tidak hilang, bahkan Kristal-kristal sudah mulai menyerang anggota tubuh lainnya. Pada tahap ini juga akan ada gumpalan zat yang sudah menjadi Kristal tersimpan dibawah kulit. Sehingga pada tahap ini, penderita akan mengalami kondisi nyeri yang sangat hebat bahkan bisa sampai merusak tulang rawan.

Baca juga: Perbedaan Asam Urat dan Rematik.

Namun sebagian besar penderita asam urat hanya melalui tahap 1 atau 2 saja. Sangat jarang orang yang menderita asam urat di tahap ketiga, karena biasanya penderita pada bagian 2 sudah menyadari penyakitnya dan bisa langsung mengatasinya. Namun ada baiknya jika Anda mengalami gejala asam urat segeralah memeriksakan diri ke dokter agar bisa ditangani secepat mungkin. Beberapa pemeriksaan yang mungkin akan dilakukan dokter saat Anda berkunjung dan menyampaikan keluhan asam urat biasanya adalah:

  • Dilakukan tes cairan sendi, pemeriksaan ini akan mengandalkan cairan yang diambil dari sendi yang bengkak, cairan akan diambil menggunakan jarum suntik.
  • Melakukan tes darah, tujuannya adalah untuk bisa mengetahui seberapa tinggi tingkat asam urat yang ada pada darah.
  • Melakukan tes urin, tujuannya untuk melihat seberapa besar zat kimia tersimpan dalam tubuh.
  • Melakukan rontgen menggunakan sinar X, pada penderita asam urat sangat dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan ini. Tujuannya adalah untuk tahu seberapa besar kristal-kristal purin menyebabkan radang pada bagian sendi.
  • Melakukan tindakan CT scan, pemeriksaan yang bisa mendeteksi lokasi tumpukan Kristal paling banyak berada.

Baca juga: Pengobatan Asam UratObat Herbal untuk Asam Urat.

Faktor Penyebab Asam Urat

Berikut adalah beberapa faktor penyebab asam urat sering kambuh:

1. Zat Purin yang Berlebihan

Rasa nyeri yang dirasakan oleh penderita asam urat bisa disebabkan karena kristal-kristal yang menusuk di daerah persendian. Kristal ini terbentuk karena penumpukan oleh zat asam urat atau purin. Purin adalah penyebab utama terjadinya asam urat pada tubuh menjadi tinggi. Akibatnya jika purin berlebihan, ginjal tidak bisa mengeluarkan zat ini melalui urin, maka akan terjadi penumpukan purin atau kristal-kristal zat purin pada persendian. Sehingga penderita asam urat akan merasakan rasa sakit, bengkak dan panas pada sendi-sendinya.

2. Faktor Usia

Faktor penyebab asam urat sering kambuh, juga bisa terjadi karena usia. Biasanya asam urat akan dialami oleh orang-orang yang berusia diatas 40 tahunan. Sedangkan pada wanita resiko asam urat biasanya akan dirasakan ketika mulai memasuki masa menopause. Namun tidak sedikit wanita yang mengalami asam urat sebelum masuk waktu menopause, biasanya hal ini dipicu oleh gaya hidup. Baca juga: Asam Urat pada Lansia.

Sponsors Link

3. Faktor Genetik

Penyebab asam urat sering kambuh tentunya bisa bermacam-macam, salah satunya adalah faktor genetik. Biasanya jika asam urat sudah diriwayatkan oleh keluarga sebelumnya, besar kemungkinan resiko itu pun akan menurun. Namun, faktor ini tentu saja tidak akan terlalu berpengaruh pada Anda yang melakukan pencegahan untuk menghindari terjadinya asam urat. Pencegahan tentunya harus dilakukan sejak dini agar asam urat benar-benar tidak menjadi penyakit turunan pada Anda.

4. Faktor Makanan

Makanan adalah faktor yang akan sangat berpengaruh. Karena keadaan tubuh manusia tergantung pada apa yang ia makan. Jika sehat maka akan sehat pula tubuhnya. Sehingga makanan adalah faktor yang perlu diwaspadai. Makanan yang bisa menyebabkan asam urat menjadi tinggi adalah makanan yang mempunyai kandungan purin tinggi. Baca juga: Makanan Penyebab Asam Urat.

Banyak sekali jenis makanan yang memiliki kandungan purin tinggi, salah satunya adalah daging. Daging yang memiliki purin tinggi seperti kambing, bebek dan sapi. Selain daging makanan laut seperti makarel, tuna, cumi dan kepiting juga memiliki kandungan purin yang cukup tinggi. Lalu jenis sayuran yang memiliki kadar purin tinggi adalah kembang kol, kacang polong, kacang panjang dan bayam. Beberapa jenis makanan tersebut ada baiknya dihindari oleh penderita asam urat. Baca juga: Makanan untuk Penderita Asam Urat.

5. Efek Samping Obat-obatan

Penyebab asam urat selanjutnya karena faktor obat-obatan. Biasanya ada beberapa obat yang jika dikonsumsi akan menyebabkan tubuh menghasilkan zat asam urat yang semakin banyak. Tentu saja tidak semua jenis obat yang memiliki efek samping pada asam urat. Beberapa jenis obat yang bisa menyebabkan peningkatan pada asam urat seperti niacin, obat untuk kemoterapi, obat yang memiliki sifat diuretik, dan obat penghambat enzim. Untuk itu jika hendak mengkonsumsi obat sebaiknya Anda bertanya dulu akan kandungan dan efek sampingnya. Baca juga: Obat Asam Urat di Apotik.

6. Faktor Minuman Bersoda dan Alkohol

Penyebab asam urat kambuh selain karena makanan yang mengandung purin adalah minuman beralkohol. Alkohol memang pada dasarnya sangat tidak baik untuk dikonsumsi karena bisa menyebabkan rusak pada organ tubuh secara perlahan. Selain merusak organ tubuh tentu saja akan mengakibatkan asam urat karena bisa menghambat asam urat untuk diproses melalui urin. Bukan hanya minuman beralkohol, minuman dengan kandungan soda pun akan memiliki dampak yang sama pada asam urat.

7. Obesitas

Orang yang memiliki berat badan tubuh berlebihan cenderung akan lebih besar peluangnya untuk mendapatkan asam urat. Karena asam urat juga bisa disebabkan karena kadar lemak dan kolesterol yang sangat tinggi. Ini bisa akibat dari gaya hidup yang tidak sehat, jarang olahraga atau terlalu banyak makan sehingga terjadilah obesitas dan penumpukan lemak. Baca juga: Ikan yang Boleh Dimakan Penderita Asam Urat.

ads

8. Minuman dengan Kadar Gula yang Tinggi

Menurut penelitian minuman ringan yang manis dan memiliki kandungan fruktosa sangat tinggi akan berdampak pada terjadinya asam urat. Fruktosa merupakan jenis zat gula alami yang terkandung dalam berbagai jenis buah, jika dikonsumsi secara berlebihan akan sedikit mengganggu pada asam urat. Namun jika kandungan fruktosanya rendah, itu tidak akan terlalu menjadi masalah selama tidak terlalu sering mengonsumsinya.

9. Jenis Kelamin

Penyebab lain dari asam urat adalah bisa karena jenis kelamin. Pada wanita mereka yang sedang mengalami masa subur biasanya akan sangat rendah untuk terserang resiko asam urat dibandingkan dengan pria. Hal ini disebabkan karena hormon estrogen yang ada pada tubuh perempuan yang bisa membantu menurunkan kadar asam urat. Sedangkan untuk pria, kadar asam urat biasanya akan meningkat saat masa pubertas. Baca juga: Pertolongan Pertama pada Asam Urat.

Cara Pencegahan Penyakit Asam Urat

Berikut ini cara mencegah penyakit asam urat sering kambuh yang perlu dilakukan:

1. Hindari Makanan Mengandung Purin Berlebihan

Hal utama untuk menghindari terjadinya asam urat tentu saja pada faktor asupan makanan untuk tubuh. Anda bisa mulai menghindari makanan yang mengandung purin berlebihan. Purin adalah senyawa hasil dari dalam atau luar tubuh manusia. Untuk luar tubuh tentu saja faktor utamanya adalah makanan yang akan mengganggu metabolisme purin penyebab asam urat. Baca juga: Pantangan Makanan bagi Penderita Asam Urat.

2. Mengonsumi Kopi

Menurut penelitian, kopi bisa menurunkan asam urat tinggi pada tubuh. Membiasakan minum kopi secara rutin, namun tidak berlebihan akan bagus untuk tubuh Anda. Karena selain bisa menurunkan asam urat kopi juga bisa menyegarkan pikiran, terbukti oleh banyak kalangan yang sangat menyukai kopi sebagai asupan sehari harinya.

3. Perbanyak Minum Air Putih

Perbanyaklah minum air putih karena itu akan sangat baik untuk tubuh. Minumlah minimal 8 gelas perhari. Karena tubuh manusia sangat membutuhkan air yang bisa menetralkan tubuh dari penyakit dan membantu metabolisme pada tubuh. Sehingga air bisa membantu metabolisme asam urat untuk dibuang melalui saluran urin. Baca juga: Jus untuk Asam Urat.

4. Menjaga Pola Makan dan Olahraga

Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa penyebab terjadinya asam urat karena berat badan berlebihan sehingga mengakibatkan penumpukan lemak bahkan kolesterol yang berdampak pada asam urat tinggi. Sehingga Anda dianjurkan untuk berolahraga secara rutin, tidak usaha terlalu berat bisa dengan lari pagi atau bersepeda santai. Olah raga selama 20 menit akan cukup membantu pada tubuh. Selain itu Anda bisa mulai memperhatikan pola makan, pilih makanan yang memang tidak akan berdampak buruk pada berat badan Anda. Baca juga: Sayur untuk Asam Urat.

5. Mengonsumsi Vitamin dan Buah-buahan

Vitamin akan bermanfaat untuk mencegah terjadinya asam urat pada tubuh. Untuk itu, ada baiknya Anda mengkonsumsi vitamin dengan cukup agar bisa terhindar dari peningkatan kadar asam urat. Selain dengan vitamin, Anda juga bisa mengkonsumsi beberapa jenis buah yang bisa menurunkan kadar asam urat seperti ceri, buah beri, manggis dan buah buahan lain yang memiliki kandungan antioksidan cukup tinggi sehingga bisa membantu menurunkan kadar asam urat yang tinggi. Baca juga: Buah untuk Asam Urat.

Itulah beberapa faktor penyebab asam urat sering kambuh dan cara pencegahannya. Tentunya mencegah sebelum terjadi penyakit akan lebih baik dibandingkan setelah terjadinya penyakit. Untuk itu jangan lupa untuk tetap menjaga kadar asam urat dengan melakukan pencegahan sejak dini.

, ,



Oleh :
Kategori : Penyebab