Sponsors Link

12 Penyebab Asam Urat Tinggi di Usia Muda dan Cara Mencegahnya

Sponsors Link

Sudah sangat umum jika asam urat sangat berhubungan dengan usia. Karena memang kebanyakan dari mereka yang menderita asam urat rata-rata berusia 40 tahun. Namun tidak untuk saat ini, nyatanya banyak sekali anak muda yang sudah memiliki asam urat. Penyakit asam urat atau gout disebabkan karena penumpukan kristal asam urat pada bagian sela-sela persendian, sehingga bisa menyebabkan penderitanya merasa kesakitan, panas bahkan sampai bengkak pada bagian sendinya. Beberapa tanda-tanda asam urat lainnya seperti:

ads
  • Sakit pada bagian jempol, biasanya ini adalah gejala asam urat yang paling utama. Istilah medisnya adalah podagra. Rasa sakit pada jempol bisa saja hilang setelah beberapa hari atau bisa juga dalam beberapa jam.
  • Nyeri yang berkelanjutan, setelah nyeri pada jempol menghilang. Penderita bisa saja mendapatkan nyeri selanjutnya. Yaitu nyeri tekan yang berlanjut pada bagian jempol, yaitu tempat penumpukan asam urat. Bukan hanya jempol, lama-lama sakitnya bisa dirasakan pada jari yang lainnya. Rasa sakit bisa dirasakan berminggu-minggu. Bahkan berbulan-bulan. Baca juga: Penyebab Asam Urat pada Kaki.
  • Terjadi pembengkakan pada jempol kaki, ini adalah daerah yang bisa menjadi tempat penyimpanan asam urat berlebih. Kondisi seperti ini bisa menyebabkan tubuh malah meradang, akibatnya jempol kaki akan menjadi bengkak. Jika terus didiamkan pembengkakan akan terus terjadi sampai beti dan juga lutut. Jika kaki yang mengalami pembengkakan mungkin akan merasakan sakit saat disentuh.
  • Nyeri datang secara tiba-tiba. Biasanya penderita akan mendapatkan rasa nyeri pada tengah malam atau saat penderita baru bangun tidur. Rasa nyeri bisa terjadi pada bagian jari dan telapak kaki sampai betis. Gejala seperti ini bisa membuat penderita menjadi sangat sulit untuk menggerakan kakinya. Satu-satunya cara untuk mengurangi rasa nyerinya, Anda bisa mengkonsumsi obat yang sudah diberikan dokter atau mengompresnya dengan air dingin supaya nyerinya mereda.
  • Saat terjadi asam urat, bagian sendi yang menjadi salah satu tempat penumpukan asam urat akan menjadi bengkak dan warnanya menjadi kemerahan.
  • Batu ginjal. Asam urat juga ternyata bisa menyebabkan gejala pada terganggunya ginjal. Ini disebabkan karena penumpukan purin yang berlebihan dalam tubuh tidak bisa diproses oleh ginjal, dan fungsinya menjadi semakin berkurang.

Lantas apa yang menjadi penyebab asam urat tinggi di usia muda? Berikut ulasannya:

1. Pola Makan yang Tidak Sehat

Salah satu yang bisa menyebabkan asam urat pada usia muda adalah karena seringnya mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan purin sangat tinggi. Sehingga saat purin yang ada dalam tubuh sangat tinggi, maka asam urat akan naik, dan purin tidak bisa dikeluarkan melalui saluran urin. Akibatnya malam menumpuk pada bagian sendi. Berikut adalah makanan penyebab asam urat atau yang memiliki kandungan purin tinggi:

  • Jeroan: Sebaiknya Anda tidak sering makan jeroan sebab kandungan purin pada jeroan sangatlah tinggi.
  • Daging: Purin yang terdapat dalam daging sebenarnya tidak terlalu tinggi. Jadi Anda masih bisa mengkonsumsinya, namun harus masih dalam batasan wajar, maksimal 170 gram/hari.
  • Makanan laut: Banyak sekali anak muda yang menyukai makanan laut. Sebaiknya mulai sekarang, Anda coba membatasi untuk mengkonsumsi makanan jenis ini. Atau jika bisa Anda tidak usah memakannya, sebab makanan laut memiliki kandungan purin yang sangat tinggi. Jenis makanan laut yang kandungan purinnya tingg seperti: Kerang, ikan, asin, sarden, makarel, teri, lobster, kepiting, udang, dan tiram. (Baca juga: Ikan Boleh Dimakan Penderita Asam Urat)
  • Sayuran: Tidak semua sayuran mengandung purin tinggi, namun ada beberapa yang kandungannya tinggi, seperti: kembang kol, bayam, asparagus, jamur dan kacang polong. Namun berdasarkan penelitian, mengkonsumsi sayuran mengandung purin tidaklah menjadi masalah bagi yang memiliki asam urat. Namun tentunya pencegahan harus selalu Anda lakukan, sebaiknya Anda bisa membatasi sayuran mengandung purin. (Baca juga: Sayur yang Dilarang untuk Asam Urat)
  • Gula: Biarpun kadar purin yang ada di dalam gula tidak terlalu tinggi. Namun tetap saja Anda harus selalu mengontrol saat sedang mengkonsumsi gula.

Tidak mendekati makanan yang dilarang bagi penderita asam urat, tentu saja bisa sangat membantu untuk menurunkan tinggi kadar asam urat dalam darah. Asam urat memang tidak mudah disembuhkan dengan hanya menjauhi makanan saja. Namun dengan menghindari makanan tersebut dapat menurunkan resiko naiknya kadar asam urat dalam tubuh Anda. Baca juga: Pantangan Makanan Penderita Asam Urat.

2. Berat Badan Berlebihan atau Obesitas

Tidak banyak yang mengetahui kalau obesitas atau kelebihan berat badan ternyata bisa memicu asam urat. Karena faktanya orang yang memiliki berat badan berlebih memiliki 4 kali resiko untuk terkena asam urat dibandingkan dengan mereka yang memiliki berat badan normal. Asam urat karena berat badan berlebih bisa terjadi karena adanya penumpukan purin pada sendi. Sehingga saat jumlah purin sangat berlebihan maka akan menyebabkan bengkak dan rasa nyeri yang sangat hebat.

Sponsors Link

Pada orang yang mempunyai berat badan berlebih, proses metabolisme purin sangat sulit dilakukan sebab sudah tercampur dengan lemak yang sangat banyak. Bahkan hal ini bisa menjadi sangat parah saat orang tersebut jarang sekali minum air putih, akibatnya bisa saja terjadi penyumbatan. Selain karena kadar purin, lemak yang dalam tubuh pun menjadi salah satu pengaruh adanya asam urat. Lemak yang berlebihan akan menghambat kerja ginjal menjadi tidak maksimal. Ginjal yang tidak berfungsi secara maksimal tidak bisa menyaring asam urat yang ada dalam tubuh, akibatnya akan terjadi penumpukan asam urat. Baca juga: Penyebab Asam Urat Sering Kambuh.

3. Senang Minum Alkohol

Alkohol dipercaya bisa menjadi potensi asam urat, kemungkinannya bisa sampai 99%. Salah satu minuman beralkohol yaitu bir. Bir merupakan salah satu minuman beralkohol yang memiliki kandungan purin cukup tinggi, hasil purin ini ada karena proses fermentasi dari alkohol. Selain itu, alkohol juga bisa merangsang proses timbulnya asam urat pada organ hati Anda. Selain itu, alkohol juga bisa mempengaruhi pada produksi keton, salah satu bahan kimia yang bisa menyebabkan bau napas asam, sehingga efeknya akan berakhir sama pada ginjal. Sehingga bagi Anda yang sangat menyukai alkohol sebaiknya berhenti mengkonsumsi, karena akan semakin berbahaya jika dikonsumsi terus menerus. Baca juga: Makanan dan Minuman untuk Penderita Asam Urat.

4. Senang Minum Minuman Bersoda

Soda adalah minuman yang memiliki rasa enak serta menyegarkan, apalagi jika dicampurkan dengan es batu. Namun, tentunya sesuatu yang tidak akan selalu menjadi baik pada kesehatan tubuh Anda. Karena soda nyatanya bisa menyebabkan terjadinya resiko asam urat. Kandungan purin yang adalah dalam minuman soda bisa menyebabkan kerusakan pada tulang rawan sendi. Akibatnya sendi akan terasa sangat linu, bengkak, nyeri bahkan bisa sampai sulit untuk digerakkan. Tidak hanya itu, peradangan yang terjadi pun bisa menyebabkan rusaknya sendi dan tulang. Sehingga jika tulang pada sendi sudah rusak akan semakin mendapatkan hal yang tidak diinginkan yaitu kelumpuhan.

ads

Tidak hanya beresiko pada asam urat dan kesehatan sendi saja. Ternyata soda juga akan beresiko untuk mengundang penyakit lain, seperti gangguan ginjal karena penumpukan purin yang disebabkan oleh soda tidak bisa di olah dengan baik dalam ginjal, sehingga fungsinya menjadi tidak normal. Penyakit lain yang bisa disebabkan karena minuman bersoda adalah bisa menyempitkan pembuluh darah. Sehingga pada kondisi ini, bisa saja menjadi penghambat darah untuk bisa sampai pada otak dan juga jantung, akibatnya bisa menyebabkan serangan jantung bahkan stroke. Baca juga: Jus untuk Asam Urat.

5. Jarang Olahraga

Penyebab asam urat tinggi di usia muda lainnya adalah bisa saja karena jarang melakukan aktivitas olahraga. Sebab potensi meningkatnya asam urat bisa disebabkan karena metabolisme tubuh tidak lancar disebabkan Anda kurang bergerak. Melakukan olah raga bisa membantu Anda untuk menghindari asam urat, tidak usah terlalu berat namun lakukan yang ringan namun sering itu akan lebih baik.

6. Efek Samping dari Penggunaan Obat-obatan

Jika Anda sering mengonsumsi jenis obat tertentu, bisa jadi itu adalah faktor penyebab Anda mendapatkan asam urat di usia muda. Sebab beberapa obat terkadang memiliki resiko atau efek samping yang bisa menyebabkan kadar asam urat malah menjadi naik. Sehingga sebaiknya Anda menghentikan obat-obatan yang bisa memicu asam urat. Sebelum membeli obat tertentu, tanyakan dulu dengan pasti apa kegunaan dan efek samping obat tersebut.

Baca juga:

Cara Mencegah Penyakit Asam Urat

Itulah beberapa penyebab asam urat tinggi di usia muda. Tentunya Anda tidak ingin menjadi penderita asam urat di usia muda. Sebelum asam urat benar-benar terjadi, tentu hal sebaiknya Anda lakukan adalah melakukan pencegahan. Berikut ini cara mencegah asam urat sejak dini yang perlu dilakukan:

  1. Hindari makanan yang mengandung purin tinggi, Anda bisa mulai membuat list makanan yang mengandung purin tinggi dan yang bisa Anda konsumsi dengan sangat aman dan nyaman.
  2. Hindari minuman yang mengandung alkohol atau soda, Anda bisa menggantinya dengan air putih. Sebab air putih akan sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh Anda.
  3. Tetap melakukan pemantauan pada berat badan Anda, jika dirasa sudah sangat berlebihan Anda bisa melakukan diet sehat yang cocok dengan tubuh Anda
  4. Banyak-banyaklah bergerak, karena salah satu penyebab asam urat adalah jarang olahraga. Jika Anda tidak memiliki waktu untuk berolahraga karena tiap harinya kegiatan Anda sangat penuh, Anda bisa mulai melakukan jalan-jalan 10 menit saja saat jam istirahat kantor Anda.
  5. Konsumsi buah yang mempunyai kandungan antioksidan tinggi, sebab penurun asam urat bisa dengan cara mengkonsumsi buah yang memiliki kandungan antioksidan tinggi. Contohnya seperti strawberry dan manggis. Baca juga: Buah untuk Asam Urat.
  6. Menjaga pola makan agar tidak mengalami kegemukan, selain olah raga tentu saja Anda harus menjaga pola makan. Hindari makanan yang mengandung lemak berlebih dan sangat berbahaya untuk tubuh Anda.

Itulah beberapa informasi mengenai asam urat, khusus mengenai penyebab asam urat tinggi diusia muda. Diatas juga terdapat informasi mengenai pencegahan asam urat, untuk itu Anda sebaiknya melakukan pencegahan saat ini juga.

, , , ,



Oleh :
Kategori : Penyebab