Sponsors Link

4 Penyebab Kaki Bengkak Pada Penderita Asam Urat

Sponsors Link

Penyakit asam urat adalah penyakit yang sering kali menyerang bagian sendi khususnya di daerah kaki. Penyakit ini disebabkan adanya kenaikan kadar asam urat dalam tubuh yang di picu oleh asupan purin berlebihan ke dalam tubuh. Pada dasarnya purin bukan zat berbahaya, karena jika kadarnya masih normal, ginjal akan mengekresi purin dan kelebihannya akan dikeluarkan dalam bentuk urin. Namun saat asupan purin mulai tidak normal dan sangat berlebihan makan tubuh akan mempunyai masalah dengan kondisi tersebut. Akibatnya akan timbul penyakit asam urat yang menyebabkan beberapa gejala, yang di awali dengan nyeri pada bagian sendi, lalu muncul perasaan panas dan seperti terbakar, jika kondisinya semakin parah penderita akan merasakan kaki sering kesemutan dan merasa gatal. Beberapa gejala tersebut juga biasanya akan muncul pada malah hari saat Anda sedang beristirahat atau pagi hari setelah Anda bangun tidur. Jika kondisinya sudah semakin parah, bisa saja Anda mengalami pembengkakan pada bagian kaki yang sangat parah. Lalu apa yang menjadi penyebab asam urat pada kaki? Berikut ulasan mengenai 4 penyebab kaki bengkak pada penderita asam urat.

ads

1. Zat purin masuk ke persendian

Penyebab awal adanya pembengkakan pada bagian persendian adalah karena di sebabkan zat purin yang masuk pada sela-sela persendian. Gejala asam urat memang kerap kali di picu oleh kelebihan purin dalam tubuh. Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa  purin tidak berbahaya jika masih dalam batas normal dalam tubuh. Namun kerap kali purin dalam tubuh menjadi sangat tinggi di sebabkan oleh beberapa faktor salah satunya adalah faktor konsumsi makanan yang mengandung purin tinggi. Hal ini mengakibatkan ginjal tidak mampu mengolah purin dengan baik dan menyalurkan melalui saluran urin. Sehingga purin malah disalurkan oleh darah ke daerah persendian.

2. Zat purin menumpuk di persendian

Zat purin akan disalurkan oleh darah menuju daerah persendian terutama pada bagian kaki. Hal ini jika terus saja berlangsung dalam waktu yang sangat lama, akan membuat purin berubah menjadi kristal asam urat dan semakin menumpuk pada bagian persendian. Sehingga akan memicu adanya pembengkakan pada bagian kaki. Jika penumpukan ini tidak segera di atasi tentunya asam urat akan menjadi semakin parah. Tidak hanya pembengkakan saja, kemungkinan penderita juga tidak dapat menggerakkan bagian kakinya sama sekali. Oleh sebab itu, sebaiknya jika Anda mengalami kondisi asam urat yang sudah malampaui batas normal, segeralah melakukan pencegahan agar tidak menjadi parah.

3. Peradangan yang berkelanjutan

Penumpukan purin pada bagian persendian dalam waktu lama dan terus menerus tanpa ada penurunan, akan menyebabkan adanya radang pada bagian sendi. Radang ini akan berkelanjutan hingga mengalami pembengkakan. Radang adalah respon dari organisme pada pathogen dan juga alterasi mekanisme yang ada di dalam jaringan, berupa serangkaian reaksi yang terjadi pada jaringan yang mengalami penumpukan asam urat. Saat peradangan berlangsung, penderita asam urat juga akan diikuti dengan gejala lainnya, seperti: Sendi terasa terbakar, sendi seperti kesemutan, sendi terasa sangat nyeri sekali dan mulai berwarna kemerahan.

4. Mengalami obesitas atau berat badan yang berlebihan

Obesitas juga bisa menjadi penyebab kaki bengkak pada penderita asam urat. Biasanya yang memiliki obesitas atau berat badan sangat berlebihan akan mengalami penekanan pada bagian persendian terutama bagian kaki yang menjadi penopang utama tubuh. Lalu mengapa penderita obesitas dapat mengalami asam urat? Ini disebabkan karena pola makan yang sangat buruk. Orang yang memiliki obesitas cenderung mengkonsumsi makanan dengan sangat sembarangan. Mereka bisa saja mengkonsumsi makanan dengan banyak kandungan lemak sekaligus purin yang sangat tinggi. Akibatnya jika purin yang tinggi diikuti dengan asupan lemak tinggi, maka kadar purin dalam tubuh benar-benar akan terganggu dan tidak dapat di olah dengan baik. Semua purin dan lemak akan di salurkan darah pada sendi utamanya bagian kaki sehingga akan mengalami pembengkakan.

Sponsors Link

Itulah ulasan mengenai 4 penyebab kaki bengkak pada penderita yang harus Anda ketahui dan hindari. Sebaiknya, jika Anda sudah mengetahui bahwa kadar asam urat dalam tubuh sudah sangat tinggi, Anda sebaiknya melakukan diet rendah purin untuk mengurangi kadar purin yang memicu terjadinya penyakit asam urat. Melakukan diet rendah purin bukan berarti Anda tidak makan. Anda hanya perlu memperbaiki pola makan dengan menghindari pantangan makanan bagi penderita asam urat, dan menggantinya dengan makanan rendah purin dan membantu penurunan kadar asam urat dalam tubuh.

, ,
Oleh :
Kategori : Penyebab