Sponsors Link

Pepaya Muda Untuk Asam Urat : Khasiat dan Cara Penggunaannya

Sponsors Link

Buah pepaya dikenal baik menjadi buah yang dapat melancarkan pencernaan, tapi untuk buah pepaya yang matang. Beda lagi dengan buah pepaya muda yang sering diolah menjadi lauk berupa sayur ataupun sambal. Di samping fungsinya ini, pepaya muda memiliki khasiat lain yaitu untuk membantu mengatasi penyakit asam urat atau gout dengan alami.

ads

Penyakit asam urat sendiri biasanya akan menyebabkan gangguan pada persendian, yang mana dapat menyerang persendian manapun dalam tubuh namun paling umum terjadi pada sendi lutut dan siku yang menjadi gejala asam urat pada kaki atau tangan. Hal ini tentunya dapat menyebabkan segala kegiatan yang dilakukan menjadi terhambat karena membuat pergerakan menjadi tidak nyaman.

Untuk mengatasi kondisi nyeri akibat asam urat ini, banyak sekali jenis pengobatan kimia yang dapat dikonsumsi. Selain itu ada juga upaya yang lebih alami yang bisa digunakan salah satunya dengan memanfaatkan khasiat pepaya muda untuk asam urat. Nah, setelah pada artikel sebelumnya sudah dibahas mengenai berbagai manfaat daun pepaya untuk asam urat, pada artikel kali ini akan dibahas mengenai apa saja khasiat dan bagaimana cara penggunaan pepaya muda untuk mengatasi asam urat. Simak penjelasannya berikut ini ya.

Khasiat pepaya muda untuk penyakit asam urat

Kandungan nutrisi dalam pepaya muda tidak kalah dengan kandungan pepaya yang telah matang, karena banyak mengandung vitamin (A,B,C dan E), mineral (potassium dan magnesium) dan juga enzim papain yang mana merupakan enzim untuk pencernaan. Menurut penelitian yang telah dilakukan, khasiat dari pepaya muda cukup ampuh untuk mengatasi asam urat dan masalah kesehatan lainnya. Beberapa khasiat pepaya muda yang bisa menjadi upaya atau cara terbebas dari asam urat adalah sebagai berikut ini:

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Daya tahan tubuh yang baik sangat dibutuhkan oleh semua orang, termasuk pada penderita asam urat atau bahkan pada orang yang sehat sekalipun. Pepaya muda memiliki kandungan vitamin yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga pepaya muda untuk asam urat dapat membantu keparahan kondisi asam urat karena menurunnya daya tahan tubuh dan meminimalisir penderita asam urat terserang gangguan kesehatan lain.

2. Meningkatkan kesehatan tulang dan sendi

Memiliki tulang dan persendian yang sehat sangatlah penting bagi penderita asam urat, karena dapat membantu mengurangi rasa sakit yang dirasakan pada persendian tulang. Di samping menghindari pantangan makanan bagi penderita asam urat dan melakukan olahraga teratur, penderita asam urat disarankan untuk mengkonsumsi pepaya muda. Hal ini disebabkan karena khasiat di dalam pepaya muda dipercaya dapat membantu menjaga dan meningkatkan kesehatan pada tulang serta persendian.

3. Mengatasi nyeri dan sakit persendian

Nyeri dan sakit yang dialami terjadi karena adanya penumpukan kristal asam urat pada persendian tulang. Keberadaan kristal asam urat ini akan menyebabkan fungsi sendi dan disekitarnya terganggu, sehingga tidak heran jika penderita mengalami sakit saat menggerakkan tubuh. Dengan khasiat di dalamnya, pepaya muda menjadi sayur untuk asam urat tinggi yang boleh dikonsumsi karena dipercaya dapat membantu tubuh mengatasi penyebab nyeri dan sakit tersebut.

4. Mengurangi peradangan atau pembengkakan

Peradangan atau pembengkakan adalah hal yang biasa dialami oleh penderita asam urat, yang paling sering terjadi pada jempol kaki. Kandungan pepaya muda untuk asam urat yaitu mineral yang cukup tinggi dapat menjadi senyawa anti inflamasi atau anti peradangan, yang bisa meredakan radang atau bengkak yang terjadi secara alami. Kandungan tersebut juga dapat membantu jaringan otot di sekitar peradangan terhidrasi agar tidak mengalami gangguan.

Setelah dibahas mengenai berbagai manfaat dan khasiat dari pepaya muda di atas, selanjutnya akan dibahas mengenai penggunaan pepaya muda. Di samping diolah menjadi sayur seperti memanfaatkan khasiat oyong untuk asam urat tinggi, pepaya muda dapat diolah menjadi ramuan tradisional. Berikut ini adalah langkah atau cara mengolah pepaya muda untuk asam urat yang paling tepat:

Pertama, siapkan bahan yang diperlukan seperti:

  • ½ butir pepaya muda kupas dan bersihkan, lalu potong dadu.
  • Daun teh hijau secukupnya.
  • 1 ½ gelas air.

Kedua, cara membuatnya adalah:

  • Masukkan air dan pepaya muda dalam panci, didihkan.
  • Tunggu hingga air tinggal tersisa sekitar 1 gelas saja.
  • Saring dan ambil air rebusannya saja.
  • Taburi teh hijau ke dalamnya, biarkan beberapa saat.
  • Ramuan untuk asam urat dari pepaya muda siap dikonsumsi.

Untuk mendapatkan manfaatnya dalam mengatasi penyakit asam urat, ramuan ini dianjurkan untuk dikonsumsi pada malam hari setiap sebelum tidur setiap hari. Demikian informasi mengenai berbagai khasiat dan cara penggunaan pepaya muda untuk asam urat. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

, ,



Oleh :
Kategori : Sayuran