Sponsors Link

Pergelangan Kaki Sakit Saat Bangun Tidur, Apakah Pertanda Asam Urat?

Sponsors Link

Pergelangan kaki sakit saat bangun tidur dapat dialami siapa saja. Namun apakah nyeri yang kita rasakan itu diakibatkan karena penyakit asam urat? Jawabannya bisa juga iya bisa juga tidak, karena tidak semua nyeri pergelangan kaki yang dialami ketika bangun tidur itu diakibatkan oleh asam urat. Berikut akan dijelaskan Faktor-faktor lainnya yang menyebabkan nyeri pada pergelangan kaki ketika bangun tidur.

ads

1. Kaki menahan beban terlalu lama

Ketika kita melakukan aktivitas berjalan, berdiri atau berlari dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan ligamen pada kaki menjadi tegang, lalu menjadi robek juga terluka karena kaki menahan beban terlalu lama. Hal inilah yang mengakibatkan kaki menjadi terasa nyeri dan sakit. Cara mengatasinya adalah bisa dengan mengistirahatkan kaki yang sakit dengan cara berbaring dan juga meninggikan kaki. Bisa juga dengan cara di kompres untuk menghilangkan rasa nyeri di kaki.

2. Kaki terkilir atau keseleo

Cidera yang kita alami pada kaki kita juga tentu meninggalkan rasa nyeri. Hal ini dikarenakan cidera pada ligamen yang menghubungkan tulang pada sendi. Nyeri yang timbul tersebut juga bisa menyebabkan bengkak dan memar. Salah pendaratan pada kaki karena kelelahan ketika berjalan, berlari,atau aktivitas yang melibatkan kaki lainnya  adalah salah satu penyebab keseleo atau kaki terkilir. Untuk pertolongan pertama, bisa dilakukan pengompresan kaki yang sakit menggunakan es dan juga beristirahat dan tidak memaksakan melanjutkan aktivitas. Namun jika sakit terus berlanjut dapat pula menghubungi dokter untuk mendapat penanganan lebih lanjut

3. Memakai sepatu atau alas kaki yang tidak nyaman

Dalam memilih sepatu atau alas  kaki, sebaiknya perhatikan juga kenyamanannya untuk kaki kita. Alas kaki yang nyaman diperlukan untuk menyerap tekanan atau benturan di sekitar daerah kaki. Karenanya jika salah memilih dapat menyebabkan kaki tidak nyaman dan timbul nyeri. Bagi wanita yang juga menyukai memakai sepatu hak yang ringgi, berhati-hatilah sebab hak yang tinggi tersebut dapat menyebabkan kaki menumpuk hak yang berat sehingga beresiko cedera kaki.

4. Patah tulang

Patah tulang biasanya terjadi akibat trauma yang dialami ketika cedera, yang tentu menimbulkan nyeri pada kaki. Namun bisa pula terjadi karena faktor osteoporosis atau juga pengeroposan tulang. Jika terjadi patah tulang sebaiknya segera menghubungi pihak medis untuk mendapatkan tindakan agar tidak bertambah parah.

5. Obesitas

Orang yang punya berat badan cenderung berlebih, atau biasa disebut obesitas juga mempunyai potensi terkena nyeri pergelangan kaki. Hal ini bisa terjadi karena kaki juga tidak mampu menopang berat badan, Cara yang terbaik untuk mengatasinya dengan menjaga pola makan dan juga olahraga yang teratur

6. Osteoarthritis

Nyeri kaki saat bangun tidur bisa jadi pertanda gejala osteoarthritis. Osterorthritis adalah suatu kondisi yang diakibatkan kerusakan jaringan di sekitar sendi tulang, hal inilah yang mengakibatkan nyeri dan bisa juga terjadi pembengkakan di sekitar pergelangan kaki. Faktor pemicu dari hal ini adalah obesitas, usia, dan juga riwayat cedera yang pernah dialami

7. Plantar Fascitis

Adalah sebuah kondisi dimana ligament yang menghubungkan tulang tumit dan tulang kaki mengalami peregangan. Jika ini dibiarkan, maka akan timbul pembengkakan dan peradangan pada kaki. Inilah yang mengakibakan kaki terasa nyeri ketika bangun tidur.

Sponsors Link

8. Pendarahan di dalam

Ketika mengalami cidera pada pergelangan kaki, ada juga kemungkinan terjadi pendarahan di dalam atau bisa juga di sebut pendarahan internal. Hal ini tentu membuat kaki terasa nyeri karena adanya tekanan di tulang maupun jaringan saraf karena adanya penumpukan darah yang terjadi akibat cedera tersebut.

9. Rheumatoid Arthritis

Jika sendi di pergelangan kaki anda terasa kaku dan bengkak ketika bangun di pagi hari, bisa jadi juga anda terkena Rheumatoid Arthtriris atau kita biasa kenal dengan sebutan reumatik. Hal ini diakibatkan oleh gangguan imun yang menyerang sendi tubuh. Hal ini biasa terjadi pada orang yang sudah berusia lanjut.

10. Cedera Tendon Achilles

Terjadinya nyeri di pergelangan kaki juga bisa terjadi karena cedera yang terjadi karena jaringan tendon yang menegang dan membuat urat menjadi robek sehingga menimbulkan cedera. Nyeri akibat cedera ini sungguh terasa sakit dan terkadang menyebabkan penderitanya kesulitan untuk berjalan. Aktivitas olahraga yang terlalu berat mengakibatkan kaki lelah dan tegang karena menahan beban yang berlalu kuat menjadi penyebab utama terjadinya cidera ini. Maka dari itu disarankan untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum olahraga untuk mengurangi potensi cedera.

Demikianlah beberapa pergelangan kaki sakit saat bangun tidur yang ternyata tidak selamanya disebabkan oleh asam urat. Menjaga pola hidup dan berhati-hati ketika beraktivitas dapat mengurangi potensi nyeri pada pergelangan kaki. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda.

, ,



Oleh :
Kategori : Penyebab