Sponsors Link

24 Pertolongan Pertama pada Asam Urat Paling Cepat

Sponsors Link

Asam urat merupakan hasil akhir dari metabolisme purin. Purin merupakan suatu basa yang terdapat pada DNA dan RNA di setiap sel tubuh manusia. Selain itu purin juga bisa didapatkan dari makanan. Asam urat diekskresikan melalui ginjal, oleh karena itu gangguan ginjal mampu menyebabkan gangguan kadar asam urat. Kadar asam urat normal ialah 3,4-7 mg/dL untuk pria dan 2,6-6 mg/dL untuk wanita.

ads

Kenaikan kadar asam urat diasosiasikan dengan banyak penyakit seperti gangguan ginjal, gangguan jantung dan manifestasi paling sering kenaikan kadar asam urat ialah gout, suatu radang pada sendi yang menyebabkan nyeri yang luar biasa.

Baca:

Penyebab Asam Urat Kambuh

Berikut ialah beberapa penyebab kadar asam urat tinggi yang berpotensi menyebabkan serangan asam urat sering kambuh:

1. Makanan

Sering mengonsumi makanan tinggi purin seperti jeroan, bayam, melinjo, minuman beralkohol akan membuat kenaikan kadar asam urat sehingga meningkat resiko asam urat kambuh. Selain itu makanan tinggi fruktosa juga bisa meningkatkan kadar asam urat tubuh. Baca juga: Makanan untuk Penderita Asam Urat.

2. Obesitas

Kelebihan berat badan menyebabkan tubuh memproduksi asam urat lebih banyak. Selain itu obesitas membuat ginjal lebih sulit membuang asam urat sehingga membuat resiko terkena gout meningkat dan serangan sering kambuh.

3. Kondisi Medis

Beberapa penyakit dan kondisi medis membuat seseorang lebih mudah terkena serangan. Kondisi ini termasuk tekanan darah tinggi atau hipertensi yang tidak diterapi dan penyakit kronis lainnya seperti diabetes, sindrom metabolik dan penyakit yang menyerang ginjal. Baca juga: Bahaya Asam Urat.

4. Obat Tertentu

Selain kondisi medis, terdapat beberapa obat yang meningkatkan kadar asam urat seperti penggunaan thiazide, salah satu obat hipertensi tersering, dan aspirin dosis rendah. Penggunaan obat anti rejeksi untuk orang yang menjalani transplantasi organ juga membuat kadar asam urat meningkat.

5. Riwayat Keluarga

Apabila memiliki riwayat keluarga yang terkena gout, maka kemungkinan untuk menderita gout akan meningkat sehingga membuat serangan sering kambuh. Baca juga: Tanda-Tanda Asam Urat.

6. Jenis Kelamin

Laki-laki lebih sering terkena gout dibandingkan perempuan. Dipercaya estrogen pada perempuan mampu membuang asam urat dengan lebih baik. Namun perempuan yang menderita menopause akan memiliki resiko terkenan gout dan kambuh sama besarnya.

7. Umur

Pria lebih sering terkena gout terlebih dahulu pada awal 30 dibandingkan perempuan banyak terkena ketika sudah menopause umumnya pada umur 50 tahun ke atas. Semakin tua seseorang kemungkinan terkena gout atau penyakit asam urat lainnya semakin tinggi dikarenakan fungsi ginjal yang mulai menurun ketika memasuki umur 50. Selain itu semakin tua, penyakit lain akan semakin mudah mengenai lansia sehingga membutuhkan banyak obat yang juga bisa mempengaruhi kadar asam urat.

8. Operasi atau Trauma Terkini

Orang yang menjalani operasi atau trauma telah diasosiasikan dengan peningkatan resiko gout dan kekambuhan pada gout. Baca juga: Penyebab Asam UratJenis Penyakit Asam Urat Akut.

Sponsors Link

Cara Mengurangi Nyeri Asam Urat dengan Cepat

Beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengurangi nyeri ketika serangan gout atau pertolongan pertama yang mungkin dilakukan untuk mengurangi nyeri akibat gout atau penyakit asam urat. Berikut ialah caranya:

1. Menggunakan Anti Nyeri

Serangan karena asam urat terutama pada gout arthritis merupakan salah satu serangan paling nyeri, nyeri yang dirasakan pada sendi sangat nyeri dan mengganggu, bahkan mengganggu aktivitas sehari hari dengan kemerahan dan bengkak pada sendi. Menggunakan anti nyeri merupakan pertolongan pertama pada asam urat yang paling efektif karena akan mengurangi nyeri dengan cepat. Beberapa anti nyeri yang bisa digunakan seperti ibuprofen atau naproxen. Namun jangan menggunakan obat aspirin karena akan memperparah kondisi nyeri.

2. Kompres dengan Air Dingin atau Es Batu

Kompres dingin merupakan suatu metode terapi yaitu cryotherapy atau terapi dingin. Mengompres sendi yang nyeri dengan air dingin atau es batu merupakan salah satu pertolongan pertama pada asam urat.  Mengompres sendi mampu mengurangi peradangan dan nyeri pada sendi.

Kompres dingin meredakan nyeri dengan cara membuat area yang terkena nyeri menjadi kesemutan. Selain itu kompres dingin juga mengurangi perdarahan, pembengkakan dan peradangan. Kompres dingin juga bisa mengurangi aktivitas saraf yang juga mengurangi nyeri.

Terdapat 2 cara untuk kompres dingin, pertama menggunakan air dingin dan yang kedua menggunakan es batu. berikut ialah cara menyiapkannya:

  • Air dingin: Siapkan handuk lalu rendam ke air dingin, lipat lalu letakkan di plastik dan pastikan tersegel. Setelah itu letakkan di freezer selama 15 menit lalu setelah itu ambil dan letakkan di area yang terkena nyeri
  • Es batu: Letakkan es di plastik yang bisa disegel atau dikunci, lalu isi dengan air sedikit. Tutup plastik setelah udara didalamnya dikeluarkan, lalu siapkan balut dengan handuk dan letakkan di area yang terkena nyeri. Jangan menempelkan es batu langsung ke sendi karena bisa menyebabkan luka akibat kondisi es yang terlalu dingin.

Terapi dingin ini digunakan untuk periode singkat, sekitar 10-15 menit, jangan sampai lebih dari 20 menit karena mampu merusak saraf, jaringan dan kulit. Kompres dingin tidak dianjurkan bagi penderita kelainan sensorik karena tidak bisa merasakan apabila telah terjadi kerusakan. Hal ini juga berlaku bagi penderita diabetes karena bisa merusak saraf dan mengurangi sensitivitas. Juga jangan digunakan bagi yang memiliki sirkulasi darah yang jelek. Selain kompres dingin terdapat juga kompres panas, namun hal ini tidak direkomendasikan untuk nyeri yang disertai pembengkakan, kompres panas baik untuk nyeri otot.

3. Menaikkan kaki

Menaikkan kaki lebih tinggi dari pada dada ketika rebahan akan mengurangi pembengkakan sendi, hal ini bisa juga mengurangi nyeri pada sendi kaki secara perlahan-lahan. Menaikkan kaki juga akan lebih efektif bersama dengan kompres dingin. Baca juga: Tanda-Tanda Asam Urat.

ads

4. Konsumsi vitamin C 

Vitamin C terbukti dapat menurunkan kadar asam urat, mengonsumsi vitamin C ketika serangan akan membantu mengurangi kadar asam urat pada saat itu sehingga bisa mengurangi nyeri pada serangan asam urat.

Baca:

5. Minum Air Banyak

Dehidrasi merupakan salah satu faktor yang memperparah asam urat. Minum banyak air akan membantu mengurangi asam urat karena akan mempercepat pembuangan asam urat, selain itu minum banyak air akan membuat terhindari dari batu ginjal, salah satu akibat lain yang mungkin terjadi akibat asam urat. Setidaknya 3 liter perhari mampu mengurangi serangan nyeri pada asam urat.

6. Minum Baking Soda

Baking soda mampu melarutkan kristal asam urat sehingga cocok digunakan ketika serangan asam urat terjadi. Selain itu baking soda juga membantu mengekskresikan asam urat lebih baik. Namun baking soda bukanlah solusi jangka panjang untuk mengurangi kadar asam urat, oleh karena itu gunakan sesekali.

Campurkan setengah sendok teh baking soda pada gelas besar dan minumlah 1 gelas sebelum tidur, 1 gelas pada pagi hari dan 1 gelas setiap 4 jam pada siang hari. Ulangi sampai nyeri mereda atau sampai mendapatkan pertolongan lainnya. Baking soda kaya akan natrium, oleh karena itu pertolongan pertama pada asam urat ini tidak dianjurkan pagi penderita hipertensi karena akan memperparah kondisi hipertensi.

7. Minyak Gosok Hangat

Beberapa minyak gosok sangat manjur untuk meredakan nyeri. Apabila memiliki minyak gosok biasa gunakan yang biasa digunakan. Sebaiknya hindari yang terlalu panas karena mampu memperparah nyeri dibandingkan meredakan nyeri.

8. Mencoba Relax

Stress akan meningkatkan nyeri ketika serangan. Usahakan ketika serangan untuk relax, coba untuk beristirahat karena akan mengurangi nyeri secara perlahan, lalu lakukan aktivitas yang membuat pikiran menjadi lebih relax seperti mendengarkan musik, nonton film, membaca buku dan banyak alternatif lain untuk mengurangi stress. Sesuaikan dengan ketertarikan.

9. Menghindari Makanan dengan Purin Tinggi

Salah satu faktor yang menyebabkan kadar asam urat meningkat ialah konsumsi purin tinggi.  Kadar asam urat tinggi belum tentu mengakibatkan serangan namun meningkatkan resiko serangan terjadi, oleh karena itu apabila serangan pertama kali masih dalam kondisi konsumsi purin tinggi segera mengurangi atau bahkan menghindari konsumsi makanan dengan kadar purin tinggi. Baca juga: Pantangan Makanan bagi Penderita Asam Urat.

10. Herbal

Terdapat beberapa herbal yang bisa digunakan ketika serangan. Carilah herbal yang mampu mengurangi kadar asam urat dan memiliki banyak anti radang, karena hal itu akan membantu. Berikut ialah contoh obat herbal untuk asam urat yang mungkin bisa digunakan ketika serangan asam urat terjadi, dan bisa digunakan sebagai pertolongan pertama pada asam urat beserta link artikelnya:

11. Norit

Karbon merupakan salah satu zat efektif untuk mengurangi kadar asam urat di tubuh. Karbon memiliki sifat sebagai penyerap racun dan lemak sehingga bisa menyerap residu purin yaitu asam urat dalam tubuh dengan baik. Obat diare hitam, norit, merupakan obat dimana kadar karbon cukup tinggi. Norit ini juga memiliki pereda nyeri sehingga bisa berfungsi untuk meredakan nyeri asam urat pada sendi meski tidak terlalu kuat, namun bisa digunakan.

Sponsors Link

12. Minum Teh

Teh merupakan salah satu pertolongan pertama yang baik karena mengandung beberapa tipe anti radang yang sangat membantu. Cara membuatnya ialah panaskan 1 sendok makan bubuk teh dengan 2 gelas air lalu minum 4 kali sehari dengan setengah gelas setiap kali minum sampai gejala mereda. Berhubung teh bersifat diuretik, sebaiknya dihindari apabila memiliki gangguan ginjal karena akan memperparah kondisi ginjal.

13. Menggunakan Tongkat

Menggunakan tongkat merupakan salah satu cara yang bisa digunakan ketika serangan akut terjadi karena mampu membantu mengurangi tekanan pada sendi yang terserang nyeri. Baca juga: Manfaat Jahe untuk Asam Urat.

Tips Agar Asam Urat Jarang Kambuh

Untuk menghindari asam urat untuk tidak kambuh terdapat beberapa cara. Berikut ialah beberapa cara untuk mencegah agar asam urat tidak sering kambuh:

  • Mengatur Kadar Asam Urat

Mengatur kadar asam urat merupakan cara paling ampuh karena dengan berkurangnya asam urat akan berkurang kemungkinan terjadinya asam urat. Mengatur kadar asam urat bisa dengan mengurangi makanan dengan sumber purin seperti jeroan, hati, usus, otak-otak, melinjo, bayam, minuman beralkohol.

  • Konsumsi Suplemen

Salah satu elemen penting lainnya ialah kurangnya vitamin, mineral dan nutrisi penting lainnya dari konsumsi makanan sehari-hari ketika modifikasi makanan rendah purin. Oleh karena itu mengkonsumsi suplemen akan membantu tubuh untuk berfungsi lebih baik dan bisa mengurangi nyeri ketika serangan asam urat terjadi. Baca juga: Suplemen untuk Asam Urat.

  • Mengubah Gaya Hidup

Asam urat diasosiasikan dengan penyakit atau kondisi yang berhubungan dengan gaya hidup tidak sehat seperti obesitas. Orang dengan obesitas punya resiko lebih besar terkena asam urat. Oleh karena itu mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat akan mengurangi kondisi seperti obesitas yang mampu membuat kita terhindar dari serangan asam urat yang kambuh.

Demikian informasi mengenai cara pertolongan pertama pada asam urat dan tips-tips mencegahnya. Semoga bermanfaat.

, , , , , , ,