Sponsors Link

11 Pertolongan Pertama Saat Asam Urat Kambuh Paling Ampuh

Sponsors Link

Penyakit asam urat atau “gout” adalah penyakit yang disebakakn adanya penumpukka zat purin pada tubuh. Dulu penyakit ini sering di anggap sebagai penyakit orang tua karena penderitanya kebanyakan di kalangan orang tua. Namun saat ini, banyak sekali anak berusia muda sudah terserang asam urat. Penyebab Asam Urat pada anak mudah bisa dikarenakan gaya hidup yang buruk dan konsumsi makanan yang tidak di atur. Peningkatan kadar purin akan menyebakan tanda-tanda asam urat yang mendadak. Lalu bagaimana jika gejala tersebut terjadi pada Anda? Berikut adalah 11 pertolongan pertama saat asam urat kambuh paling ampuh yang dapat Anda lakukan

ads

1. Gunakan lah anti nyeri

Gejala asam urat yang sangat mengganggu adalah rasa nyeri yang berlebihan. Nyeri kerap kali dirasakan pada bagian sendi, dan akan sangat mengganggu pada aktivitas sehari-hari. Rasa nyeri juga bisa diikuti dengan warna kemerahan dan bengkak. Untuk mengatasi ini, sebaiknya Anda segera mengatasi dengan menggunakan obat anti nyeri seperti ibuprofen agar dapat mengurangi rasa nyeri.

2. Kompres menggunakan air dingin

11 pertolongan pertama saat asam urat kambuh paling ampuh selanjutnya, Anda juga bisa mengompres nya dengan air dingin. Dengan mengompres pada bagian sendi, Anda bisa mengurangi rasa nyeri nya. Terdapat 2 cara yang dapat Anda lakukan untuk mengompres sendi dengan air dingin. Pertama, dengan menggunakan handuk yang di rendam ke dalam air dingin. Kedua, dengan menggunakan plastik yang diisi dengan es batu. Anda bisa mencobanya selama 10 sampai 15 menit, jangan terlalu lama sebab bisa merusak saraf dan jaringan kulit.

3. Naikkan kaki yang terasa nyeri

Dengan menaikkan kaki pada tumpuan yang tinggi bisa mengurangi pembengkakan pada daerah persendian dan mengurangi rasa sakitnya secara perlahan. Akan lebih efektif jika menaikkan kaki dibarengi kompres menggunakan air dingin.

4. Minumlah banyak air putih

Dehidrasi adalah salah satu faktor yang dapat membuat kondisi asam urat semakin parah. Sehingga, Anda sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi banyak air putih agar dapat mengurangi kadar asam urat dan mempercepat adanya pembuangan asam urat melalui urin. Air putih juga bisa menghindarkan Anda dari resiko terserang penyakit ginjal.

5. Minumlah baking soda

Pertolongan pertama pada asam urat selanjutnya, Anda bisa coba mengkonsumsi baking soda. Karena baking soda diyakini dapat meluruhkan kristal asam urat, sehingga akan sangat cocok digunakan saat terjadi serangan asam urat. Selain itu baking soda juga dapat membantu untuk melakukan ekresi asam urat dengan baik.

6. Gunakan minyak gosok

Anda bisa coba menggunakan minyak gosok agar dapat mengurangi rasa nyeri yang sedang Anda rasakan. Namun sebaiknya jangan menggunakan terlalu banyak, karena bisa membuat panas bagian sendi.

7. Hindari makanan dengan kandungan purin yang tinggi

Salah satu faktor utama yang menyebabkan kadar asam urat dalam tubuh tiba-tiba meningkat, karena Anda terlalu banyak mengkonsumsi purin. Kadar asam urat yang tinggi belum tentu akan menyebabkan adanya serangan, namun dapat meningkatkan resiko terjadinya serangan secara mendadak. Oleh karena itu jika serangan pertama masih ditandai dengan kadar purin yang terlalu tinggi, segeralah menghindari pantangan makanan bagi penderita asam urat.

8. Konsumsi obat herbal untuk asam urat

Anda juga coba mengkonsumsi obat herbal untuk asam urat saat terjadi gejala asam urat. Carilah obat yang dapat menurunkan kadar asam urat dan mempunyai efek anti radang agar mengurangi adanya peradangan asam urat pada bagian persendian.

9. Mengkonsumsi norit

Karbon adalah salah satu zat yang dinilai efektif dapat mengurangi kadar asam urat terlalu berlebihan dalam tubuh. Karbon mempunyai sifat yang dapat menyerap racun dan juga lemak dalam tubuh. Obat diare hitam yaitu norit, adalah obat yang memiliki kadar karbon cukup tinggi. Norit juga mempunyai kandungan pereda nyeri yang dapat meredakan rasa nyeri saat asam urat tiba-tiba terjadi.

Sponsors Link

10. Konsumsi teh

Teh adalah salah satu pertolongan pertama yang cukup efektif digunakan. Teh memiliki kandungan anti radang yang dapat membantu Anda.  Cara membuatnya, Anda bisa panaskan 1 sendok makan bubuk teh ke dalam 2 gelas air lalu minum sebanyak 4 kali sehari dengan setengah gelas setiap kali minum sampai gejala mereda dengan sendirinya. Berhubung teh bersifat diuretik, sebaiknya Anda menghindari meminum teh jika mempunyai riwayat gangguan ginjal karena bisa memperparah kondisi ginjal.

11. Gunakan tongkat

Menggunakan tongkat juga adalah salah satu cara yang dapat Anda digunakan saat serangan asam urat  terjadi karena mampu membantu mengurangi tekanan yang terjadi pada sendi dan terasa sangat nyeri.

Itulah 11 pertolongan pertama saat asam urat kambuh paling ampuh yang dapat Anda lakukan jika sewaktu-waktu kadar asam urat dan gejala nya menyerang.

, , ,



Oleh :
Kategori : Pengobatan