Sponsors Link

Titik-Titik Pijat Asam Urat di Tangan

Sponsors Link

Masyarakat Indonesia sangat familiar dengan pijat urut jika suatu penyakit menyerang terutama saat badan terasa pegal atau persendian ada yang terasa nyeri. Dari mulai bayi hingga manula, sering dibantu dengan tindakan pijat urut agar rasa sakit yang menyerang tubuh dapat segera teratasi. Kepiawaian para ahli pijat urut tersebut membuat ketagihan bagi yang mendapatkan kesembuhan setelah tindakan tersebut. Akan tetapi banyak juga yang menentangnya dengan alasan-alasan yang mereka yakini.

ads

Bagi paramedis, biasanya tidak menyarankan pijat urut dalam mengatasi rasa sakit yang menyerang tubuh. Tetapi, pilihan dan keputusan kembali pada pribadi masing-masing. Yang terpenting adalah melakukan pijat urut dengan orang yang benar-benar ahli di bidangnya.

Salah satu penyakit yang menyebabkan persendian terasa sakit dan bengkak adalah karena asam urat tinggi. Jika seseorang sedang terkena serangan tersebut tentunya ingin segera hilang rasa sakitnya, dengan menempuh berbagai cara untuk mengurangi rasa sakit tersebut. Nah, untuk hal ini bolehkah penderita asam urat dipijat?

Pada dasarnya, semua rasa sakit yang menyebabkan bengkak pada bagian tubuh, atau nyeri di persendian tidak boleh dipijat langsung pada area yang bengkak. Tetapi untuk mengurangi rasa sakit dan bengkak tersebut pijat bisa dilakukan di sekitar bagian yang sakit tanpa menyentuh yang bengkak. Pijat urut pada area tubuh yang bengkak akan menyebabkan rasa nyeri yang berlipat dan membahayakan bagian yang sakit tersebut.

Itu sebabnya, sakit apapun yang menyebabkan pembengkakan pada bagian-bagian tubuh harus ditangani oleh ahlinya. Untuk penderita asam urat, pijat bisa dilakukan pijat refleksi di titik-titik tubuh yang berhubungan dengan area persendian yang bengkak tanpa menyentuh bagian yang sakit.

Asam urat tidak hanya menyerang daerah kaki saja, persendian tangan pun bisa terserang rasa nyeri tersebut disertai bengkak merah, juga di area jari jemari, juga bahu. Untuk mengatasi penyakit asam urat di persendian tangan bisa dilakukan pijat refleksi, agar rasa sakit dan bengkak berkurang.

Saat asam urat tinggi biasanya mengakibatkan sakit dan bengkak pada sendi tertentu. Bisa di jempol kaki, di jari tangan, bahu atau persendian lain. Bengkak merah disertai rasa sakit yang teramat sangat itu tentunya sangat mengganggu kenyamanan, sehingga penderita tidak bisa beraktivitas dengan normal. Penyebab bengkak itu karena kadar zat purin yang tinggi, mengendap dan mengkristal di persendian.

Langkah yang harus dilakukan untuk mengatasi nyeri dan menghilangkan bengkak tersebut tentunya dengan pengobatan yang tepat. Selain itu, pencegahan jauh lebih baik daripada pengobatan. Jika rasa sakit dan bengkak itu terasa, sebaiknya segera minum obat sesuai petunjuk dokter.

Titik-titik pijat asam urat di tangan, yaitu:

  1. Walaupun rasa sakit menyerang di area tangan, ada beberapa titik refleksi yang harus diambil di telapak kaki, karena sistem syaraf kaki dan tangan saling berhubungan. Titik-titik refleksi di telapak kaki terletak di sekitar lekukan telapak kaki, dari mulai sisi lekukan telapak yang sejajar mata kaki hingga lekukan pertengahan telapak kaki, baik kaki kanan maupun kiri.
  2. Titik akupresur di telapak tangan, yaitu di titik garis atas kelingking baik kanan maupun kiri. Jika rasa sakit dan bengkak menyerang tepat di titik akupresur tersebut, maka abaikan pemijatan di area itu.
  3. Titik berikutnya terletak di pergelangan, kira-kira berjarak dua jari dari bawah telapak tangan, baik kanan maupun kiri.
  4. Selanjutnya titik pijat di punggung tangan, diantara telunjuk dan ibu jari tangan.
  5. Berikutnya titik akupresur makin bergeser ke bawah, masih di area punggung tangan, yaitu terletak satu jari di atas pergelangan tangan di bawah jari kelingking.
  6. Titik pijat lain berada 2 jari di bawah pergelangan tangan bagian luar.
  7. Bergeser ke titik lain yang terletak 2 jari di diatas siku dalam.
  8. Berikutnya titik pijat berada di lipatan siku dalam.
  9. Terakhir titik untuk pijat refleksi asam urat untuk area tangan berada di sendi bahu bagian belakang.

Asam urat tidak bisa disembuhkan dengan pijat urut, tetapi untuk meminimalisir rasa sakit dan bengkak bisa dibantu dengan pijat refleksi. Pijat tersebut bisa dilakukan tiga kali sehari pada pagi, siang, dan sore selama tiga hari berturut-turut selama tiga menit. Setelah itu, terapi bisa dilakukan satu kali saja dalam sehari hingga bengkak dan nyeri tersebut benar-benar sembuh.

Sponsors Link

Selain pijat refleksi untuk cara mengobati asam urat pada tangan, Anda bisa mengkombinasikan dengan pengobatan herbal lainnya, sesuai dengan petunjuk dari terapis yang menangani Anda tentunya. Pijat asam urat di tangan tidak boleh dilakukan jika pemijatan langsung pada area yang sakit atau bengkak. Selain itu saat terapi pijat refleksi, Anda disarankan minum banyak air putih agar purin yang mengkristal dan menumpuk di persendian bisa larut dan terbuang.

Pijat refleksi bukan pula untuk menormalkan kadar asam urat yang meninggi. Asam urat tinggi karena menumpuknya purin di persendian. Pencegahan lebih baik daripada pengobatan, yaitu dengan cara menghindari makanan penyebab asam urat yaitu yang berpurin tinggi, olahraga yang cukup, dan banyak minum air putih.

Pijat refleksi yang kurang tepat akan menyebabkan semakin membengkaknya persendian yang terasa sakit. Itu sebabnya sebelum melakukan pijat refleksi sebaiknya pelajari dahulu titik akupresur yang tepat untuk membantu meringankan rasa sakit yang menyerang. Jangankan bengkak karena asam urat, bengkak karena keseleo atau sendi bergeser karena kecelakaan, pijat urut tidak boleh dilakukan langsung pada area yang sakit. Tetapi dengan cara mengurut lembut dan perlahan di sekitar yang bengkak.

Intinya, berkonsultasi dan berobatlah pada ahlinya. Selain itu, menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat jauh lebih baik agar kesehatan tetap terjaga, terutama bagi Anda yang sudah berusia di atas 30 tahun. Anda juga harus rutin minum obat yang sudah diresepkan dokter jika angka asam urat sudah tinggi dan sedang dalam pengawasan dokter untuk menurunkan kadar asam urat tersebut.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan