Sponsors Link

10 Pilihan Makanan Penderita Asam Urat Tinggi

Sponsors Link

Asam urat merupakan jenis rematik sendi terbanyak yang menyerang penduduk Indonesia. Serangan penyakit ini sangat dipengaruhi oleh pola makan. Asam urat terjadi karena zat buangan metabolisme purin dalam tubuh yang kemudian dibuang melalui urin. Kadar asam urat yang tinggi dalam darah akan menyebar ke dalam rongga-rongga sendi sehingga mengakibatkan peradangan akut.

ads

Peningkatan kadar asam urat dari kadar normal (3,4 – 7 mg/dl pada laki-laki fan 2,4 -6 mg/dl pada perempuan) disebabkan oleh tingginya asupan makananyang mengandung purin. semakin tinggi pemasukan zat purin maka produksi asam urat juga semakin meningkat. Oleh karena itu, penderita asam urat sangat dianjurkan memakan makanan yang rendah purin. Di antara makanan yang boleh dimakan penderita asam urat adalah sebagai berikut:

  1. Gurame

Ikan gurame mengandung banyak nutrisi di antaranya 18,93% protein, 2,43% lemak, 0,0792 mg/100 g Vitamin B1 dan 1,22 mg/100 g Vitamin B3. Ikan gurame boleh dimakan untuk penderita asam urat karena kandungan purinnya yang rendah. Anda bisa menjadikan ikan gurame sebagai menu diet rendah purin untuk menurunkan kadar asam urat dalam tubuh.

Selain boleh dikonsumsi oleh penderita asam urat, ikan gurame juga bermanfaat untuk membantu perkembangan otak bagi anak, mencegah penyakit degeneratif karena faktor usia yang sudah menua dan membantu pertumbuhan otak. Ikan gurame juga dapat menurunkan kadar kolesterol, mengobati luka yang bengkak dan membuat stamina tubuh selalu bugar.

  1. Ikan Mas

Daging ikan mas mengandung banyak gizi dan cukup tinggi seperti protein, lemak, vitamin dan mineral. Ikan mas sangat baik dikonsumsi oleh anak-anak maupun orang dewasa. Kandungan asam aminonya yang lengkap menjadikan ikan mas dipercaya bagi orang-orang di Mempawah jika mengkonsumsinya seminggu tiga kali dapat mempertahankan dan meningkatkan stamina.

Lalu bagaimana untuk penderita asam urat? Anda jangan khawatir. Ikan mas ini termasuk ikan yang boleh dimakan penderita asam urat karena mengandung purin yang rendah. Anda bisa mengolahnya dengan berbagai menu sesuai selera anda.

  1. Ikan Salmon

Ikan salmon memiliki kandungan omega-3 yang dapat mengurangi radang dan sendi akibat asam urat. Ikan salmon termasuk makanan yang mengandung purin rendah namun harus dikonsumsi secara terbatas. Kandungan asam lemak omega-3 pada ikan salmon juga memiliki manfaat untuk mengurangi resiko penyakit serangan jantung dan stroke, sedikit menurunkan tekanan darah dan mengurangi respon inflamasi.

  1. Pare

Tumbuhan yang merambat dan memiliki rasa pahit ini juga dapat dikonsumsi oleh penderita asam urat. Beberapa orang sudah menggunakannya sebagai obat herbal dan tentu saja terbukti dapat menyembuhkan.

Buah pare memiliki kandungan flavonoid yang berfungsi sebagai analgetik dan antipiretik yang akan mengurangi prostaglandin oleh asam arakidonat  sehingga mengurangi rasa nyeri pada asam urat. Karena buahnya yang terasa pahit, banyak yang tidak menyukai buah ini kecuali mereka yang sudah terbiasa mengkonsumsi makanan yang rasanya pahit.

  1. Wortel

Wortel memiliki khasiat kesehatan yang banyak. Di antaranya mengatasi mata minus, rabun senja dan infeksi pada mata, menurunkan kolesterol tinggi dan darah tinggi, infeksi kandung kemih, batu ginjal dan membersihkan darah. Wortel juga boleh dikonsumsi oleh penderita asam urat karena sifatnya yang dapat menyembuhkan. Anda dapat mengkonsumsinya sebagai jus atau sup di rumah.

  1. Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh merupakan tanaman yang tumbuh di segala musim, mudah ditemukan dan banyak ditanam di Indonesia. Masyarakat memanfaatkan belimbing wuluh sebagai bumbu sayur dan obat tradisional salah satunya bagi penyakit asam urat. Oleh karenanya, makan belimbing wuluh berarti juga mengobati asam urat.

  1. Labu Kuning

Anda juga boleh mengkonsumsi  labu kuning sebagai sayuran di rumah. Kandungan gizi di dalamnya seperti mineral, vitamin A, B dan C, kalsium, kalium, potassium, dan serat lainnya dapat menyeimbangkan asupan tubuh gizi bagi penderita asam urat.

Di antara manfaat labu kuning bagi kesehatan lainnya adalah menjaga kesehatan jantung, stroke, menurunkan berat badan, mengatur gula darah dan mengurangi resiko penyakit ginjal.

  1. Cokelat Hitam

Cokelat dapat dimakan oleh penderita asam urat dengan jumlah terbatas. Cokelat mengandung senyawa theobromine yaitu sejenis xanthine dan metilxantine yang struktur kimiaanya hampir mirip dengan kafein. Xantin dalam cokelat tidak memiliki hubungan dengan metabolisme purin pada tubuh sehingga tidak akan menimbulkan kekambuhan bagi penderita asam urat.

Kandungan flavonoid dan prosianidin pada cokelat berfungsi sebagai antioksidan dan antiinflamasi sehingga mengurangi perudangan pada asam urat. Selain itu, cokela juga mengandung senyawa epikatekin yang berfungsi sebagai antioksidan kuat untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh.

  1. Oats

Oats atau oatmeal adalah biji-bijian yang kaya vitamin, antioksidan dan mineral yang bermanfaat bagi tubuh. Oatmeal juga merupakan sumber protein, karbohidrat dan nutrisi yang baik bagi tubuh. Manfaat oatmel bagi kesehatan yaitu menurunkan kolesterol, mengurangi resiko penyakit jantung dan menormalkan tekanan darah.

Mengkonsumi oatmel bagi penderita asam urat dapat dilakukan setiap hari yang nantinya akan mempercepat pengeluaran zat asam urat melalui urin dan keringat. Selain itu anda dapat mencampurkan oatmeal dengan jus buah seperti jus buah naga.

  1. Telur

Telur sering juga dijadikan menu diet rendah purin bagi penderita asam urat tinggi. Telur mengandung zat lesitin yang sangat baik dikonsumsi oleh penderita asam urat. Lesitin di dalam telur juga mengandung lutein yang berfungsi sebagai antioksidan dan menetralisisr secara optimal asam urat dalam tubuh.

Umumnya makanan yang diperbolehkan bagi penderita asam urat adalah makanan yang mengandung purin rendah. Pada makanan yang mengandung purin sedang, maka presentase makanan itu dibatasi. Selain menghindari makanan yang mengandung purin tinggi, penderita asam urat juga harus menghindari makanan yang berlemak karena lemak cenderung menghambat pengeluaran asam urat.

Semoga bermanfaat!

, ,