Sponsors Link

Proses Pembentukan Asam Urat Dalam Metabolisme Tubuh

Sponsors Link

Penyakit asam urat merupakan salah satu kondisi permasalahan kesehatan yang hingga saat ini banyak terjadi di tengah tengah masyarakat. Penyakit kronis tersebut merupakan salah satu kondisi permasalahan kesehatan yang banyak terjadi pada orang dengan usia yang mulai menua. Namun belakangan ini, banyak penderita penyakit asam urat yang juga memiliki usia relatif lebih muda dan disebabkan oleh keselahan dalam pola makan dan kondisi gaya hidup yang tidak sehat.

ads

Munculnya kondisi penyakit asam urat disebabkan oleh karena adanya peningkatan kadar asam urat di dalam tubuh diatas ambang batas normalnya. Kelebihan kadar asam urat di dalam tubuh tersebut dapat menyebabkan penumpukan kadar asam urat di daerah daerah persendian. Bentuk kristal asam urat yang menyerupai kristal jarum dapat menyebabkan munculnya beberapa gejala atau serangan asam urat yang cuku menyakitkan bagi penderitanya seperti nyeri dan pembengkakan.

Kondisi serangan asam urat tersebut seringkali menyebabkan penderitanya mengalami kesulitan dalam beraktivitas akibat rasa sakit pada daerah persendian terutama kaki dan tangan. Sebagai penderita asam urat dan mereka yang masih belum menderita asam urat maka perlu langkah dan upaya yang dilakukan untuk mencegah terjadinya serangan asam urat yang salah satunya dengan memahami pembentukan asam urat dan apa itu asam urat dalam penjelasan di bawah ini.

Sebelum lebih jauh memahami bagaimana cara pembentukan asam urat di dalam tubuh maka hal pertama yang akan dijelaskan dalam artikel ini adalah terkait apa itu asam urat secara detail. Asam urat merupakan salah satu hasil metabolisme zat purin di dalam tubuh yang diproduksi secara kontinyu dan tentunya karena terproduksi secara teratur pasti memiliki beberapa fungsi yang bermanfaat bagi beberapa bentuk aktivitas tubuh maupun organ organnya.

Beberapa fungsi asam urat tersebut diantaranya seperti bertindak sebagai antioksidan yang dapat membantu menangkal zat zat oksidatif didalam tubuh, memiliki kemampuan sebagai neuroprotektif, dan berguna sebagai penanda bahwa ada kondisi berbahaya yang terdapat di dalam tubuh. Asam urat secara normal memang akan diproduksi oleh tubuh setiap saat dan bukan sebagai senyawa yang berbahaya bagi tubuh ketika memang kadarnya dalam kondisi yang normal. Proses pembentukan asam urat berlangsung dalam beberapa tahap diantaranya sebagai berikut ini.

  • Metabolisme DNA dan RNA

Metabolisme DNA dan RNA menjadi awal dari proses pembentukan asam urat dimana DNA dan RNA tersebut akan berubah menjadi adenosin dan guanosin. Proses pembentukan ini akan berlangsung secara terus menerus di dalam tubuh manusia.

  • Pembentukan Xanthine

Seluruh senyawa dalam tubuh akan mengalami metabolisme setelah tidak digunakan kembali termasuk adenosin dan guanosin. Adenosin yang terbentuk di dalam tubuh dari hasil metabolisme DNA akan dimetabolisme menjadi hipoksantin, sedangkan guanosin akan dimetabolisme menjadi xantin. Hipoksantin yang sudah terbentuk juga akan dirubah menjadi xantin.

  • Pembentukan Asam Urat

Asam urat merupakan hasil metabolisme purin di dalam tubuh oleh enzim xanthin oksidase. Selain itu, xantin yang terbentuk dari guanosin dan adenosin juga akan dirubah menjadi asam urat melalui bantuan enzim xanthin oksidase. Keberadaan enzim tersebut sangat penting bagi proses metabolisme xantin di dalam tubuh.

  • Pembentukan Asam Urat Dari Purin

Seperti yang dijelaskan diatas, asam urat juga dapat dibentuk dari purin yang terdapat di dalam tubuh melalui bantuan enzim yang sama yakni enzim xanthin oksidase. Dalam proses metabolisme purin, ada satu enzim lagi yang juga berperan di dalamnya yakni enzim hypoxantin-gaunin phosporibosil transferase atau yang disingkat dengan HGPRT. Enzim tersebut berperan dalam metabolisme purin menjadi penyusun DNA dan RNA.

Kondisi tertentu dapat menyebabkan terjadinya defisiensi  atau penurunan jumlah enzim HGPRT di dalam tubuh. Penurunan jumlah enzim HGPRT tersebut dapat menyebabkan terhambatnya metabolime purin menjadi penyusun DNA dan RNA. Hambatan tersebut menjadikan purin akan banyak mengendap di dalam tubuh yang diubah oleh enzim xanthin oksidase menjadi asam urat, kondisi ini menjadikan asam urat di dalam tubuh memiliki resiko melebihi kadarnya.

Itulah beberapa proses pembentukan asam urat di dalam tubuh manusia yang perlu dipahami oleh setiap orang termasuk para penderita asam urat. Proses pembentukan asam urat diatas secara umum dapat menunjukan bagaimana terjadinya penumpukan asam urat yang menjadi penyebab terjadinya berbagai macam gejala dan serangan berbagai jenis penyakit asam urat yang cukup menganggu dan menyakitkan. Kondisi penyebab penumpukan asam urat tersebutlah yang perlu dipahami juga.

Penumpukan asam urat berdasarkan proses pembentukan asam urat di dalam tubuh yang dijelaskan diatas, dapat terjadi melalui beberapa hal seperti defisiensi enzim HGPRT dan terlalu banyaknya purin yang masuk ke dalam tubuh. Menghindari makanan dengan kandungan purin tinggi dapat membantu menghindarkan seseorang dari kondisi penumpukan asam urat di dalam tubuh.

 

, , ,
Oleh :
Kategori : Penyebab