Sponsors Link

7 Ramuan Untuk Asam Urat Wajib Dicoba

Sponsors Link

Penyakit asam urat telah dikenal di masyarakat umum. Dimana penyakit ini seringkali menyerang mereka yang berusia tiga puluh tahun ke atas baik laki-laki maupun perempuan. Tanda-tanda adanya penyakit asam urat ini di antaranya adanya rasa nyeri di daerah persendian seperti jempol pada kaki, jari-jari dan lutut yang biasa menyerang pada malam hari sehingga penderita merasa tidurnya sering kali terganggu.

ads

Sedangkan pada asam urat yang sudah akut, secara pasti  nyeri yang diderita semakin parah disertai dengan bengkak, kemerahan dan terasa panas. Jika kondisi tersebut berlanjut akan menimbulkan jaringan sendi yang lainnya seperti tulang rawan telinga dan pembentukan kristal tofi  yang dapat menyebabkan kerusakan sendi.

Penyakit asam urat disebabkan oleh adanya gaya pola hidup yang kurang sehat. Salah satunya adalah  terlalu seringnya mengkonsumi makanan yang mengandung purin yang sangat tinggi. Purin merupakan senyawa yang nanti akan diubah menjadi asam urat di dalam tubuh. Akibat tingginya konsumsi purin, maka akan menyebabkan produksi asam urat pun berlebih dan tidak terkontrol oleh darah dengan baik. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya penyakit asam urat.

Ada berbagai cara pengobatan untuk menurunkan kadar asam urat dalam darah. Baik itu secara alami maupun medis. Obat herbal bisa menggunakan jamu atau ramuan dari tanaman-tanaman herbal tertentu sedangkan untuk obat medis bisa mengkonsumsi allopurinol dan probenesid.

Berikut ini merupakan beberapa ramuan herbal untuk mengobati penyakit asam urat. Di antaranya yaitu:

Ramuan 1

  • Ramuan

Putri malu merah             3 herbal

Daun salam                         1 lembar

Suruhan                               3 lembar

Alang-alang                        ½ genggam

Keji beling                           2 lembar

Air                                          1 liter

Semua bahan direbus dengan air 1 liter menjadi 3 gelas kemudian disaring. Anda bisa meminumnya 3 kali sehari 1 gelas sampai kadar  asam urat menjadi normal.

  • Deskripsi ilmiah

Putri malu merah dapat menghambat efektivitas xantin-oksidase sehingga produksi asam urat tidak terjadi. Sedangkan daun salam dan suruhan dapat menurunkan kadar asam urat

dalam darah. Untuk alang-alang dan keji beling memiliki sifat diuretik yaitu dapat melarutkan  asam urat dan mengeluarkannya lewat urin.

Ramuan 2

  • Ramuan

Meniran                               7 batang

Temulawak                         1 ruas jari

Sambiloto                            7 batang

Kunyit                                   1 ruas jari

Brotowoli                            1 ruas jari

Air                                          6 gelas

Sponsors Link

Semua bahan direbus dengan 6 gelas air sampai tersisa 3 gelas kemudian disaring dan diminum 3 kali sehari 1 gelas.

  • Deskripsi ilmiah

Meniran dan temulawak mempunyai efek dapat menurunkan kadar asam urat karena sifatnya diuretik. Temulawak, sambiloto, kunti dan brotowoli dapat berfungsi sebagai zat analgesik dan anti radang yang tentunya sangat bermanfaat untuk mengurangi peradangan pada penyakit asam urat.

Ramuan 3

  • Ramuan

Antanan                               6 herba

Air                                          2 gelas

Semua bahan direbus dengan 2 gelas air menjadi 1 gelas dan diminum 2 kali sehari 1 gelas.

  • Deskripsi ilmiah

Antanan menimbulkan efek anti radang pada penderita asam urat. Selain itu Antanan berfungsi untuk obat luka, perut nyeri, batuk kering dan masuk angin.

Ramuan 4

  • Ramuan

Sere kering                         1 genggam

Air                                          3 liter

Bahan direbus 3 liter air sampai mendidih, hari berikutnya ampasnya direbus lagi (untuk 2 hari). Ramuan diminum 3 kali sehari 1 gelas.

  • Deskripsi ilmiah

Tanaman sere ini mempunyai sifat analgesik dan diuretik yang berfungsi untuk meredakan rasa nyeri dan dapat mengeluarkan asam urat dalam darah melalui urin.

Ramuan 5

  • Ramuan

Jahe merah                        secukupnya

Temulawak                         secukupnya

Kencur                                  secukupnya

Air                                          secukupnya

Bahan diparut/diblender lalu ditambahkan air secukupnya dan direbus sampai mendidih. Ramuan disaring dan ditambahkan madu atau gula. Ramuan diminum 2 kali sehari 1 gelas selagi hangat.

  • Deskripsi ilmiah

Jahe merah, temulawak dan kencur memiliki khasiat dapat menyembuhkan penyakit asam urat karena bersifat anti radang dan dieuritik. Kencur juga dapat dikonsumsi untuk mengobati rematik otot, sakit perut, dan batuk.

Sponsors Link


Ramuan 6

  • Ramuan

Akar pepaya gantung     5 potong

Lengkuas                             seukuran 3 sendok makan

Air                                          4 gelas

Akar pepaya gantung dan lengkuas direbus dengan 4 gelas air hingga mendidih dan airnya tersisa ¾ nya. Tambahkan gula aren atau madu agar terasa manis. Ramuan ini bisa diminum 3 kali sehari ½ gelas.

  • Deskripsi ilmiah

Lengkuas dan akar pepaya gantung memiliki manfaat sebagai zat anti inflamasi yang dapat mengurangi rasa nyeri pada penderita asam urat.

Ramuan 7

  • Ramuan

Daun gandarusa                               20 gram

Akar gandarusa                                 10 gram

Air                                                          3 gelas

Semua bahan direbus selama satu setengah jam dan disaring. Ramuan ini diminum 3 kali sehari 1 gelas.

  • Deskripsi ilmiah

Gandarusa memiliki khasiat sebagai anti radang dan diuretik sehingga dapat menurunkan asam urat melalui urin dan meredakan rasa nyeri.

Semoga bermanfaat.

, ,