Sponsors Link

25 Sayur untuk Asam Urat Tinggi yang Boleh Dikonsumsi

Sponsors Link

Asam urat merupakan jenis penyakit persendian yang disebabkan karena menumpuknya kristal-kristal asam urat dalam sendi. Kristal asam urat terbentuk karena jumlah zat asam urat yang dikeluarkan tubuh lebih kecil daripada yang diserap oleh tubuh. Padahal zat asam urat merupakan limbah yang harus dikeluarkan dari tubuh melalui organ ginjal dalam bentuk urin. Menumpuknya zat purin dalam tubuh disebabkan karena asupan makanan yang mengandung purin berlebih seperti daging-dagingan dan jerohan.

ads

Baca juga:

Asam urat bukan merupakan penyakit yang datang tiba-tiba, dengan kata lain gejala asam urat muncul secara bertahap. Penderita asam urat seringkali justru mengabaikan gejala awal yang muncul karena dianggap akan segera hilang. Padahal seseorang yang pernah mengalami penyakit asam urat, sulit untuk menghindari kambuhnya kembali asam urat. Pencegahan selalu lebih baik daripada melakukan pengobatan.

Penyembuhan asam urat memang tidak bisa secara instan atau cepat. Akan tetapi, bagi Anda yang menderita sakit asam urat, sebaiknya menghindari jenis-jenis makanan yang mengandung zat purin tinggi untuk mengurangi serapan purin dalam tubuh. Karena jika zat purin dalam tubuh Anda tidak dikendalikan dapat memperparah kondisi asam urat Anda. Salah satu upaya yang bisa Anda lakukan untuk mencegah asam urat bertambah parah yaitu dengan mengkonsumsi jenis sayur-sayuran yang baik untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat dan tidak berpotensi memperparah asam urat. Berikut ini merupakan 25 jenis sayur untuk asam urat:

1. Kacang Pinto

Kacang pinto sebagai golongan kacang-kacangan yang biasanya dikonsumsi untuk dijadikan camilan ternyata telah lama dipercaya sebagai penurun asam urat pada penderita asam urat tinggi. Pencegahan dan pengobatan asam urat dengan kacang pinto bisa menjadi alternatif karena selain sederhana kandungan dalam kacang pinto sudah terbukti mampu mencegah cacat sendi.

Tidak hanya itu, kacang pinto ini juga bisa mencegah terjadinya komplikasi ginjal dan organ pada penderita asam urat. Banyak orang yang belum mengenal jenis kacang ini. Kacang pinto memiliki kandungan folat yang berfungsi sebagai penurun asam urat tubuh secara alami ketika dikonsumsi. Selain kandungan folat, kacang pinto kaya akan vitamin, mineral, serat dan protein nabati yang bermanfaat tinggi bagi kesehatan Anda.

Baca juga: Bahaya Asam Urat.

2. Tomat

Tomat merupakan jenis sayuran yang paling sering digunakan sebagai pelengkap masakan. Selain rasanya yang enak, tomat adalah sayur yang menyehatkan dengan kandungan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Kandungan utama pada asam urat mencakup vitamin-vitamin (B1, C, A), karbohidrat, fosfor, zat besi dan protein.

Tomat ternyata memiliki kandungan yang berguna untuk penderita asam urat untuk menjaga kadar asam urat dalam darah, salah satunya karena kandungan vitamin C yang tinggi. Tomat mampu menghambat tingginya produksi asam urat dalam darah karena kandungan antioksidan dan vitamin pada daging buahnya. Tomat tidak berbahaya dikonsumsi oleh penderita asam urat karena memiliki kadar purin yang rendah. Tomat juga berfungsi sebagai anti inflamasi untuk mencegah peradangan pada sendi yang diakibatkan dari semakin parahnya asam urat dalam tubuh.

Baca juga: Suplemen untuk Asam Urat.

3. Mentimun

Asam urat dalam tubuh merupakan limbah hasil pemecahan zat purin pada proses metabolisme. Zat purin tersebut masuk kedalam tubuh melalui makanan. Salah satu cara mengatasi kadar asam urat dalam tubuh adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung sedikit sekali purin. Salah satunya adalah mentimun. Mentimun adalah golongan sayuran yang mengandung hampir 95% air dan vitamin-vitamin penting seperti vitamin K, vitamin B,  vitamin C, tembaga, kalium dan mangan, sehingga timun bisa menjadi alternatif untuk menghindari kekurangan gizi yang baik dikonsumsi dari anak-anak hingga dewasa.

Purin dalam timun hanya sedikit, yaitu 7,3 mg purin sehingga timun sangat aman jika dikonsumsi oleh penderita asam urat. Selain itu, mentimun juga memiliki sifat diuretik, analgesik dan mendorong fungsi pencernaan, sehingga mentimun berfungsi menghilangkan kelebihan kreatin dan asam urat melalui urine. Sifat diuretik pada timun juga memiliki peran untuk mencegah terbentuknya batu ginjal, peradangan pada kasus gout, arthtritis dan asma.

Baca juga: Cara Mengobati Asam Urat dengan Daun Sirsak.

4. Brokoli

Brokoli merupakan sayuran yang paling banyak penggemarnya. Brokoli dipercaya sebagai sayuran yang memiliki kandungan yang bermanfaat bagi tubuh yang bisa dimakan dengan cara dimasak maupun mentah, tidak akan mengurangi kandungan gizinya. Kandungan gizi pada brokoli mencakup besi, protein, kalsium, kromium, karbohidrat, vitamin A dan vitamin C.

Manfaat-manfaat penting pada brokoli antara lain: sebagai anti-kanker (mengurangi resiko kanker payudara, kanker usus, kanker paru-paru), anti penuaan, melancarkan sistem pencernaan, menjaga kekebalan tubuh, menjaga penglihatan, memperkuat tulang, mencegah anemia dan melindungi terhadap radiasi sinar ultraviolet. Manfaat yang tak kalah penting lainnya adalah bisa dikonsumsi oleh penderita asam urat karena dapat mencegah racun yang masuk termasuk asam urat sebagai bentuk radikal bebas bagi tubuh.

Baca juga: Asam Urat pada Lansia.

Sponsors Link

5. Wortel

Wortel ternyata juga baik dikonsumsi oleh penderita asam urat karena tidak memiliki kandungan purin yang tinggi. Kandungan utama pada wortel adalah vitamin A, vitamin K, folat, magnesium dan serat yang bisa digunakan sebagai terapi untuk menurunkan kadar asam urat dalam darah. Untuk menggunakan wortel sebagai bahan alami terapi asam urat wortel dapat dikonsumsi dalam bentuk jus. Komposisi yang bisa digunakan adalah 2 wortel di campur dengan 1 timun dan 8 seledri lalu dihaluskan dengan blender. Bisa dikonsumsi secara rutin minimal 1 kali sehari.

Baca juga: Bahaya Asam Urat.

6. Kentang

Kentang juga merupakan salah satu sayuran yang dapat membantu untuk mengurangi gejala asam urat dan sangat ideal dikonsumsi oleh penderita asam urat. Kentang yang direbus memiliki manfaat yang lebih baik daripada kentang yang digoreng karena kandungan kalori dan lemaknya menjadi sangat rendah. Kentang yang direbus tidak akan kehilangan nutrisi pentingnya seperti protein, kalium, fosfor, vitamin B kompleks dan vitamin C. Selain itu kentang memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga baik untuk pencernaan. Vitamin B5 pada kentang juga diperlukan oleh penderita asam urat untuk memecah nutrisi menjadi energi dan mendukung fungsi hati.

Baca juga: Cara Mencegah Asam Urat.

7. Kacang Panjang Perancis

Kacang panjang perancis merupakan jenis sayuran yang memiliki panjang mencapai 75 cm, berwarna hijau dan memiliki biji. Jenis kacang panjang ini mengandung gizi tinggi diantaranya asam folat, serat alami, kalium, vitamin C, riboflavin, thiamin dan magnesium. Kacang panjang perancis meski tidak memiliki manfaat yang spesifik, namun kacang ini aman jika dikonsumsi oleh penderita asam urat karena mengandung purin yang rendah. Kacang panjang perancis juga dapat digunakan pada penderita yang memiliki masalah tulang, metabolisme, enzim dan bisa mengurangi resiko terserang diabetes. Selain diolah menjadi masakan, kacang panjang perancis dapat dikonsumsi dengan cara di jus.

Baca juga: Jus untuk Asam Urat.

8. Daun Seledri

Daun seledri biasanya digunakan sebagai pelengkap pada masakan dan berfungsi menambah kesedapan pada makanan. Dibalik semua itu, ternyata daun seledri bisa dimanfaatkan untuk membantu menurunkan asam urat darah. Daun seledri memiliki kandungan yang berkhasiat untuk mengobati beberapa penyakit. Kandungan utama pada daun seledri mencakup senyawa flavonoid, apiol, glikosida, fosfor, kalsium, zat besi, vitamin A, vitamin B1 dan vitamin C. Kandungan tersebutlah yang berperan penting untuk melancarkan ekskresi asam urat dari tubuh dengan meningkatkan kerja ginjal. Kandungan glikosida yang tinggi pada daun seledri juga bermanfaat untuk mengatasa permasalahan persendian secara efektif.

Baca juga: Obat Herbal untuk Asam Urat.

9. Ekstrak Biji Seledri

Biji seledri juga dapat dimanfaatkan sebagai terapis yang digunakan untuk menurunkan asam urat pada penderita asam urat tinggi. Sebenarnya di pasaran sudah ada obat-obatan herbal yang menjual ekstrak biji seledri untuk mengobati asam urat tinggi. Namun, jika Anda ingin membuatnya sendiri dirumah, Anda bisa mengkonsumsi ekstrak biji seledri dengan cara di jus dan bisa ditambahkan dengan madu sebagai cita rasa manis.

Baca juga: Jenis Penyakit Asam Urat Akut.

10. Jagung

Jagung seringkali dijadikan alternatif  makanan diet untuk menggantikan nasi karena sama-sama mengandung karbohidrat namun sangat rendah kolesterol. Bahkan jagung juga diolah menjadi gula sehat yang digunakan untuk penderita diabetes. Selain itu, penderita asam urat pun juga dapat memanfaatkan kandungan penting pada jagung ini seperti kandungan tingginya vitamin, mineral dan kaya serat.

Jagung aman dikonsumsi oleh penderita asam urat karena tidak mengandung zat purin layaknya makanan laut yang dikenal memiliki kandungan purin yang sangat tinggi.  Pada jagung rebus jika rutin dikonsumsi setiap hari dapat membantu mengurangi asam urat dalam tubuh dan mampu membersihkan sela pada persendian dari penumpukan zat purin. Mengkonsumsi jagung dengan benar dapat membantu menstabilkan asam urat tubuh.

Sponsors Link

11. Sawi Hijau

Sawi hijau merupaka golongan sawi-sawian yang berperan sebagai anti-inflamasi dan sebagai sayur untuk asam urat. Sawi hijau baik dikonsumsi oleh penderita kolesterol tinggi dan juga asam urat. Kandungan utama pada sawi hijau mencakup vitamin C, vitamin E, vitamin A, vitamin B, zat besi beta karoten, kalium, fosfor, zat besi, kalsium serta kandungan serat yang tinggi. Kandungan tersebut tidak hanya bermanfaat untuk kolesterol dan asam urat saja, namun juga dapat melancarkan pencernaan dan pencegahan kanker. Kandungan penting dalam sawi dapat mencegah oksidasi LDL dalam tubuh pada penderita asam urat.

Baca juga: Jenis Penyakit Asam Urat.

12. Sawi Putih

Sawi putih hampir sebagian besar memiliki kandungan penting seperti sawi hijau. Sawi putih bermanfaat untuk menurunkan resiko penyakit kardiovaskuler dengan mencegah asupan radikal bebas berlebihan dalam tubuh. Kandungan fitonutrient pada sawi putih memiliki manfaat untuk menurunkan asam urat dengan cara melancarkan sistem ekskresi. Manfaat sawi putih lainnya adalah untuk mengobati influenza, luka memar, rematik tau nyeri sendi dan bisul.

Baca juga: Tanda-Tanda Asam Urat.

13. Lobak

Lobak merupakan sayuran yang bersifat diuretik kuat yang dapat merangsang ginjal untuk memproduksi lebih banyak urin. Fungsi kerja lobak tersebut tentunya dapat membantu pengeluaran asam urat yang meningkat dalam tubuh. Lobak memiliki kandungan enzim dalam jumlah tinggi yang disebut diastase, berfungsi untuk melancarkan pencernaan pati dalam usus. Selain untuk menurunkan asam urat, lobak juga berfungsi sebagai anti-diabetes, pembersih ginjal dan mencegah resiko batu ginjal. Kandungan penting lainnya pada lobak antara lain: vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin C, vitamin E, minyak atsiri, betakaroten, niacin, mangan, kolin, asam folic, zat besi, kalsium, asam oksalat, serat, serta fosfor.

Baca juga: Obat Asam Urat di Apotik.

14. Labu Kuning

Labu kuning bisa diolah menjadi berbagai jenis masakan. Dibalik rasanya yang enak, labu kuning memiliki khasiat penting untuk membantu menurunkan kadar asam urat darah pada penderita asam urat tinggi. Kandungan utama pada labu kuning mencakup zat besi, kalium, selenium, zinc, vitamin-vitamin dan masih banyak nutrisi penting lainnya. Kandungan antioksidan pada labu kuning bermanfaat sebagai penangkal radikal bebas termasuk zat asam urat dan merangsang kinerja ginjal untuk lebih banyak memproduksi urin. Meskipun belum ada penelitian yang pasti tentang khasiat labu kuning sebagai terapis bagi penderita asam urat, namun sudah banyak yang meyakini bahwa labu kuning memang bisa dan aman dikonsumsi penderita asam urat tinggi.

15. Daun Serai

Daun serai yang biasanya digunakan sebagai penyedap cita rasa masakan ternyata memiliki manfaat penting untuk kesehatan Anda. Daun serai berperan sebagai anti-inflamasi untuk mengatasi keluhan arthritis, radang saluran kemih dan juga asam urat. Daun serai dapat meningkatkan kinerja organ ginjal. Daun serai memiliki sifat antiseptik sehingga dapat membersihkan tubuh Anda dari infeksi jamur, bakteri dan membersihkan darah dari limbah asam urat berbahaya. Tidak hanya itu saja, kandungan zat besi yang tinggi pada daun serai bermanfaat bagi penderita anemia. Serai yang dicampur dengan teh dapat membantu membersihkan detoksifikasi pankreas dan menurunkan tingkat gula darah.

Baca juga: Manfaat Daun Serai untuk Asam Urat.

16. Peterseli

Secara visual, peterseli hampir mirip dengan daun seledri dan sama-sama sering digunakan sebagai hiasan pada makanan. Peterseli juga bermanfaat untuk menghilangkan asam urat berlebihan dalam tubuh karena memiliki sifat diuretik. Peterseli sebagai terapis pada asam urat akan menekan asam urat pada darah dan dialirkan ke ginjal atau saluran kemih lalu dibuang. Namun, sering mengkonsumsi peterseli menimbulkan efek samping seperti mual, sakit kepala, ruam dan kerusakan hati, sehingga untuk penggunaannya lebih baik dibatasi dan jangan berlebihan. Kandungan penting pada peterseli mencakup zat besi, kalsium, protein, asam folat, betakaroten, klorofil, antoksidan, antibakteri, vitamin A, vitamin B12, serta vitamin C. Selain untuk asam urat, peterseli juga bisa digunakan untuk mengatasi kolesterol.

Baca juga: Penyebab Asam Urat.

ads

17. Daun Salam

Daun salam sejenis dengan daun serai yang termasuk golongan rempah-rempahan untuk penyedap masakan. Kandungan penting pada daun salam mencakup zat antioksidan, flavonoid, salisilat, rutin, fitonutrien dan vitamin (A dan C). Daun salam bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah, kolesterol, pengobatan batu ginjal dan asam urat. Penggunaan daun salam untuk mengurangi kadar asam urat tubuh cenderung tidak memiliki efek samping jika dikonsumsi dengan benar. Sebaiknya untuk tidak mengkonsumsi daun salam dalam bentuk mentah. Selain itu, daun salam dapat digunakan sebagai obat herbal kolesterol tinggi, diare, maag dan kencing manis. Daun salam mengandung minyak esensial seperti eugenol yang juga bermanfaat mengatasi keluhan kesehatan termasuk mengontrol kolesterol.

Baca juga: Asam Urat pada Ibu Hamil.

18. Jahe

Jahe memiliki kandungan komponen aktif yaitu Gingerol yang bermanfaat besar untuk mengurangi produksi enzim penyebab peradangan termasuk pada kasus peradangan asam urat. Gingerol akan bekerja untuk menghambat sinyal yang dikirim ke otak yang menyebabkan rasa sakit atau nyeri, sehingga bisa meredakan nyeri pada asam urat. Jahe sudah dipercaya sejak lama untuk membantu meredakan asam urat dengan mengkonsumsi rutin setiap hari dengan dipotong- potong kecil atau bisa juga direbus.

Berdasarkan penelitian penting pada tahun 2010, bahwa kandungan pada jahe efektif untuk mengurangi peradangan akibat timbulnya kristal-kristal asam urat. Untuk mengolah jahe, dapat direbus bersama air putih atau bisa dengan teh. Dikonsumsi setiap hari tidak akan menimbulkan efek samping signifikan, justru menambah kebugaran tubuh Anda.

Baca juga: Manfaat Jahe untuk Asam Urat.

19. Sayur Pare

Pare adalah jenis sayuran yang terkenal memiliki cita rasa sangat pahit. Namun, pare justru memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh dan kesehatan pencernaan. Pare dapat meningkatkan produksi sel beta pankreas untuk meningkatkan produksi insulin. Manfaat pare untuk kesehatan meliputi membantu mengobati diabetes, meningkatkan produksi insulin, mencegah obesitas dan dapat meredakan pembengkakan pada penderita asam urat. Pare juga jenis sayur untuk asam urat karena pare bisa meredakan pembengkakan asam urat karena memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi yaitu sekitar 40% AKG. Dimana vitamin C tersebut berperan sebagai anti-inflamasi untuk meredakan pembengkakan.

20. Sidaguri

Sidaguri sudah sejak lama dipercaya untuk menyembuhkan asam urat. Bagian dari tanaman sidaguri yang bermanfaat untuk asam urat adalah pada bagian akarnya yang mengandung alkaloid, steroid dan juga epitedrine. Steroid pada sidaguri berperan sebagai anti radang dan dapat meredakan nyeri pada penderita asam urat dan rematik. Selain untuk mengatasi asam urat, sidaguri juga dapat meredakan flu, meredakan asam dan masih banyak manfaat sidaguri untuk kesehatan lainnya. Untuk selengkapnya tentang khasiat sidaguri untuk kesehatan bacalah link berikut.

Baca juga: Khasiat Sidaguri untuk Asam Urat

21. Black plum

Black plum baik untuk dikonsumsi penderita asam urat karena mengandung serat alami yang tinggi. Kandungan zat purin dalam black plum juga rendah, sehingga aman dikonsumsi seseorang yang memiliki asam urat tinggi.

22. Teh Hijau

Teh hijau sudah sejak lama dipercaya sebagai tanaman yang secara alami mampu menjaga kesehatan tubuh. Teh hijau kaya akan kandungan antioksidan. Daripada jenis teh lainnya, jika Anda memiliki asam urat lebih baik untuk memilih jenis teh ini dan dikonsumsi tanpa penambahan gula untuk menghindari resiko naiknya gula darah. Selain itu, teh hijau juga dipercaya mampu menurunkan kolesterol tubuh.

Baca juga: Fungsi Asam Urat.

23. Kubis

Kubis termasuk golongan sayuran ringan yang aman dikonsumsi oleh penderita asam urat. Kubis memiliki kandungan gizi yang lengkap mencakup kalsium, kalium, mangan, zat besi, vitamin B1, vitamin B, folat, tembaga, C dan kolin. Kandungan serat yang tinggi pada kubis terbukti bermanfaat besar bagi penderita asam urat, karena serat sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan dalam kubis tersebut dapat menyerap kadar asam urat berlebihan dalam tubuh sehingga dapat mengendalikan kadar asam urat dalam tubuh tetap pada ambang normal.

24. Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh biasanya digunakan pada sayur asem-asem. Belimbing wuluh juga sayur untuk asam urat yang memiliki kandungan vitamin C yang tinggi sehingga dapat dijadikan alternatif makanan yang dapat meredakan asam urat tubuh.

Baca juga: Manfaat Binahong untuk Asam Urat.

25. Daun Selada

Daun selada kaya akan vitamin seperti vitamin A, C, E dan K. Selada juga mengandung zat- zat penting lainnya seperti etakaroten, seng, asam folat, magnesium, kalsium, zat besi, mangan, fosfor, dan natrium. Daun selada juga baik dikonsumsi oleh penderita asam urat tanpa menimbulkan efek yang memperparah asam urat.

Itulah beberapa ulasan tentang 25 jenis sayur untuk asam urat. Menjaga pola makan yang sehat dapat memberikan efek positif yang signifikan bagi tubuh Anda dan membantu upaya penyembuhan asam urat Anda. Walaupun asam urat tidak dapat disembuhkan secara total, namun paling tidak kadar asam urat dalam tubuh Anda tetap berada pada ambang yang normal.

, , ,
Oleh :
Kategori : Sayuran