Sponsors Link

Sayuran Hijau Untuk Asam Urat Yang Aman Dikonsumsi

Sponsors Link

Asam urat merupakan salah satu senyawa di dalam tubuh dengan beberapa fungsinya untuk aktivitas orang di dalam tubuh yang terbentuk dari hasil metabolisme zat purin. Bertindak sebagai antiosidan, neuroprotektif, dan sebagai senyawa yang dapat menunjukan adanya kondisi berbahaya di dalam tubuh merupakan beberapa fungsi asam urat yang penting. Peningkatan kadar asam urat di dalam tubuh dapat menyebabkan terjadinya permasalahan kesehatan yang disebut sebagai penyakit asam urat.

ads

Penyakit asam urat merupakan salah satu jenis penyakit kronis yang sekarang ini banyak dialami oleh beberapa orang tanpa pandang usia dari kondisi sebelumnya yang lebih banyak dialami oleh mereka dengan usia lanjut. Munculnya penyakit asam urat tersebut pada mereka dengan usia yang relatif lebih muda dikarenakan adanya kesalahan dalam pola makan dan jenis makanan yang dikonsumsi serta gaya hidup modern saat ini yang lebih mengarah pada gaya hidup tidak sehat.

Mengingat serangan asam urat yang cukup menyakitkan dan keadaan berbagai jenis penyakit asam urat sendiri meurpakan kondisi yang dapat menyebabkan terjadinya penurunan kesehatan maka perlu dilakukan upaya pencegahannya atau setindaknya menghindari penyakit tersebut terulang kembali bagi penderita asam urat. Salah satu hal yang perlu dilakukan adalah memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Berikut ini beberapa jenis sayuran hijau untuk asam urat yang aman dikonsumsi dan tidak memperparah kondisi penyakit asam urat.

  1. Brokoli

Brokoli menjadi salah satu sayuran hijau untuk asam urat yang aman untuk dikonsumsi karena memang tidak mengandung purin yang dapat memicu peningkatan kadar asam urat. Brokoli yang termasuk dalam suku kubis kubisan ternyata juga mengandung banyak vitamin C. Vitamin C adalah salah satu jenis nutrisi yang baik untuk penderita asam urat karena dapat membantu menurunkan kadarnya dan meningkatkan daya tahan tubuh penderita asam urat. Brokoli bukan merupakan pantangan makanan bagi penderita asam urat.

  1. Bayam

Bayam merupakan salah satu jenis sayuran hijau yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat dalam berbagai macam olahan dan yang paling terkenal adalah sayur bening bayam. Bayam sebenarnya termasuk dalam sayuran hijau yang mengandung zat purin namun dalam penelitian, kandungan purin yang terdapat di dalam bayam tidak menyebabkan kenaikan kadar asam urat di dalam darah sehingga aman untuk penderita asam urat.

  1. Kangkung

Sama halnya dengan bayam, kangkung merupakan salah satu sayuran hijau yang dimitoskan sebagai pantangan makanan penderta asam urat karena kandungan purinnya. Namun mitos tersebut tidak benar adanya karena konsumsi kangkung untuk asam urat bahkan disarankan untuk penderita asam urat dan tidak menyebabkan terjadinya serangan atau gejala yang muncul akibat peningkatan kadar asam urat di dalam tubuh.

  1. Daun Seledri

Jenis sayuran hijau untuk asam urat lainnya yang juga aman dan dapat dikonsumsi oleh penderita asam urat adalah daun seledri. Kandungan nutrisi yang terdapat di dalam daun seledri bahkan dipercaya dapat membantu menurunkan kadar asam urat. Beberapa kandungan daun seledri tersebut seperti chlorine, asam lemak, sulfur, pottasium, asam folat, inasitol, vitamin A, vitamin B1, seng, dan selenium.

  1. Sawi Hijau

Sawi termasuk jenis sayuran yang dikenal di masyarakat dalam berbagai macam bentuk olahan dan seringkali tersaji di berbagai restoran sebagai olahan cah sawi. Sawi hijau ternyata termasuk juga dalam jenis sayuran hijau yang baik untuk penderita asam urat dan aman dikonsumsi karena tidak menyebabkan peningkatan kadar asam urat di dalam darah. Beberapa kandungan sawi hijau seperti vitamin E, vitamin C, beta karoten, zat besi fosfor, kalium, dan kalsium yang baik untuk kesehatan serta penderita asam urat.

  1. Beberapa sayuran hijau lainnya

Selain sayuran hijau yang disebutkan diatas ada beberapa sayuran hijau sebagai pelengkap masakan yang juga baik untuk penderita asam urat karena memang tidak mengandung purin dan tidak menyebabkan kenaikan kadar asam urat di dalam darah. beberapa jenis sayuran pelengkap lainnya yang baik dan aman untuk penderita asam urat tersebut diantaranya seperti daun seledri yang banyak digunakan di beberapa masakan, daun salam yang digunakan sebagai bahan penyedap makanan, peterseli sebagai daun yang banyak digunakan sebagai garnish atau tambahan dalam beberapa masakan.

Itulah beberapa jenis sayuran hijau untuk asam urat yang aman dan tidak menyebabkan kenaikan kadar asam urat di dalam darah. Dalam mencegah dan menjaga agar kondisi penyakit asam urat untuk tidak kembali kambuh maka hal yang utama harus dilakukan adalah mengatur pola makan yang baik dan benar. Pengaturan pola makan tersebut terutama dalam hal pemilihan jenis makanan yang sebaiknya dikonsumsi dan yang sebaiknya dihindari atau menjadi pantangan bagi penderita asam urat.

Makanan yang mengandung kadar purin tinggi seperti kacang kacangan, jerohan, dan beberapa jenis makanan lainnya dengan kandungan zat puring tinggi sebaiknya menjadi makanan yang benar benar dhindari agar tidak dikonsumsi penderita asam urat.

 

, , , ,



Oleh :
Kategori : Sayuran