Sponsors Link

20 Sayuran Penyebab Asam Urat Naik yang Harus Dihindari

Sponsors Link

Penyakit asam urat adalah penyakit yang disebabkan penumpukan kadar purin dalam tubuh yang berlebihan. Penumpukan ini bisa disebabkan karena konsumsi makanan yang memiliki banyak kandungan purin tinggi. Jika kondisi kadar asam urat dalam tubuh cukup tinggi, selanjutnya akan berdampak juga pada kinerja ginjal sehingga tidak mampu mengeluarkan zat purin tersebut melalui saluran urin. Akibatnya, purin malah akan terus menumpuk dan masuk pada sela-sela persendian, sehingga akan membuatnya merasa sakit dan terjadi radang pada sendi. Banyak sekali makanan yang mempunyai kadar purin tinggi didalamnya, termasuk jenis sayuran.

ads

Tidak semua sayuran bisa bermanfaat untuk tubuh, ada beberapa jenis sayuran yang bisa membahayakan dan membuat kadar asam urat dalam tubuh semakin meninggi. Berikut adalah 20 sayuran penyebab asam urat:

1. Nangka Muda

Nangka muda merupakan sayuran yang biasanya diolah menjadi masakan yang sangat digemari banyak orang yaitu gudeg. Namun, perlu Anda ketahui bahwa dibalik rasanya yang enak, ternyata kandungan purin dalam nangka muda sangatlah tinggi. Oleh sebab itu, nangka muda bisa menjadi sangat berbahaya jika dikonsumsi oleh penderita asam urat. Dengan mengkonsumsi nangka muda, akan memicu lebih banyak timbul kemungkinan asam urat lebih tinggi.

2. Kacang Kapri

Kacang kapri adalah golongan kacang-kacangan yang juga mempunyai kandungan purin cukup tinggi. Jika penderita asam urat mengkonsumsi kacang kapri lebih dari 100 gram/hari, bisa membuat asam uratnya makin meninggi. Sedangkan untuk Anda yang belum terkena asam urat juga, sebaiknya hindari memakan kacang kapri secara berlebihan karena bisa menyebabkan kadar asam urat dalam tubuh lambat laun meninggi.

3. Bayam

Bayam adalah sayuran yang memiliki kandungan zat besi baik bagi tubuh. Sayur bayam juga merupakan salah satu sayuran yang digemari banyak orang. Selain zat besi, kandungan lain yang ada dalam bayam adalah flavonoid, karoten dan vitamin C. Namun ternyata, bagi penderita asam urat bayam adalah jenis sayuran yang cukup membahayakan. Sebab didalam 100 gram bayam terkandung 57 gram zat purin yang akan mengakibatkan kadar asam urat dalam tubuh meningkat. Sehingga jika terus-terusan dikonsumsi, peradangan pada bagian sendi akan semakin cepat terjadi. Baca juga: Makanan dan Minuman Untuk Asam Urat.

4. Jengkol

Jengkol adalah makanan khas Indonesia yang mempunyai cita rasa khas juga. Dibalik wanginya yang cukup menyengat, jengkol juga ternyata memiliki kandungan zat besi yang baik untuk dikonsumsi bagi mereka yang kekurangan zat besi. Hanya salah, untuk penderita asam urat jengkol tidak baik untuk dikonsumsi. Sebab didalam jengkol terdapat asam amino yang dapat membentuk pengkristalan akibat adanya asam urat pada pembuluh darah.  Baca juga: Pengobatan Asam Urat.

5. Daun Melinjo

Daun melinjo merupakan jenis sayuran yang biasa dicampurkan dengan olahan sayuran bersantan. Kandungan yang ada pada daun melinjo antara lain karbohidrat, mineral, vitamin dan lemak. Namun, bagi penderita asam urat justru dengan mengkonsumsi melinjo, bisa mengakibatkan peningkatan kadar asam urat dalam tubuh dan juga pembesaran pada ginjal. Sehingga ada baiknya, Anda yang menderita asam urat, jangan mengkonsumsi daun melinjo karena akan lebih memperburuk keadaan asam urat dalam tubuh. Baca juga: Penyakit Asam Urat Akut.

6. Buncis

Sayuran selanjutnya yang bisa menyebabkan asam urat adalah buncis. Di dalam 100 gram buncis terkandung 75 gram zat purin yang akan mengakibatkan peningkatan pada kadar asam urat di dalam tubuh. Buncis juga mempunyai kandungan oskalat yang dapat menyebabkan batu ginjal, sehingga akan semakin memperburuk keadaan asam urat. Baca juga: Suplemen untuk Asam Urat.

7. Kembang Kol

Kembang kol merupakan sayuran yang juga dapat menyebabkan terjadinya asam urat. Pada 100 gram sayur kol terdapat 561 gram kandungan purin yang sangat berbahaya pada peningkatan kadar asam urat dalam tubuh. Saat Anda sedang terserang asam urat lalu mengkonsumsi sayuran ini, akan menyebabkan rasa nyeri pada sendi yang berkepanjangan. Selain itu, Anda juga bisa terkena kembung karena kandungan kol yang tinggi akan gas nya. Efek mengkonsumsi sayuran ini, penderita asam urat akan mendapatkan gangguan untuk menyerap yodium sebab kerja ginjal tidak berjalan dengan baik. Baca juga: Cara Mengatasi Asam Urat di Kaki.

Sponsors Link

8. Asparagus

Selanjutnya adalah asparagus, jenis sayuran ini juga sangat tidak dianjurkan dikonsumsi oleh penderita asam urat. Kandungan purin yang ada dalam asparagus tergolong sangat tinggi. Purin sebagai salah satu zat yang perlu dihindari oleh penderita asam urat terkandung dalam 100 gram asparagus sebanyak 23 gram purin. Ada juga obat herbal yang diolah dari tanaman asparagus, namun tetap saja itu tidak boleh dikonsumsi oleh penderita asam urat. Memakan asparagus akan mengakibatkan peningkatan kadar asam urat 2 kali lebih cepat. Begitu pun bagi Anda yang belum mendapatkan asam urat, sebaiknya menghindari konsumsi asparagus secara berlebihan, makanlah secukupnya.

9. Jamur

Jamur adalah jenis tanaman yang biasa diolah menjadi masakan yang disenangi cukup banyak orang. Namun ternyata dibalik rasanya yang enak, jamur mempunyai zat purin yang akan berbahaya bagi penderita asam urat. Dalam 100 gram tanaman jamur terdapat kandungan purin sebanyak 97 gram. Jika Anda sudah mengalami peradangan karena asam urat, Anda benar-benar dilarang untuk memakan jamur. Karena bisa jadi penumpukan asam urat terus berkembang hingga benar-benar mengganggu pada proses pembuangan asam urat oleh ginjal. Karena konsumsi jamur berlebihan juga selain bisa mengakibatkan ginjal terganggu akibat penumpukan purin dan kalium yang sangat tinggi. Selain itu, jamur juga dapat mengakibatkan adanya penyempitan pembuluh darah bagi penderita asam urat yang bisa saja mengakibatkan kelumpuhan.

10. Daun Singkong

Daun singkong, merupakan jenis tanaman yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Pengolahannya pun cukup beragam, bisa diolah menjadi makanan bersantan atau hanya sekedar direbus dan dimakan bersama sambal. Namun perlu diketahui, jika Anda merupakan penderita asam urat, sebaiknya Anda menghindari daun singkong untuk dikonsumsi. Didalam daun singkong terdapat kandungan yang bisa menyebabkan kadar asam urat dalam tubuh semakin tinggi. Bahkan kondisinya bisa semakin parah dan mengakibatkan kelumpuhan pada penderita asam urat. Baca juga: Cara Pijat Penyakit Asam Urat.

11. Biji Melinjo

Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa daun melinjo bisa memicu terjadinya asam urat. Namun, tidak hanya pada daunnya saja, biji melinjo atau disebut emping melinjo juga akan berbahaya dikonsumsi oleh penderita asam urat. Biji melinjo, mempunyai kandungan yang akan mengakibatkan asam urat rentan meningkat. Kandungan yang ada dalam 100 gram biji melinjo adalah 12 gram protein, 345 kalori, 72.5 gram lemak, 400 mg fosfor, 5 mg zat besi, 1.5 gram kalsium dan 300 mg purin. Sudah jelas, bahwa kandungan purin biji melinjo sangatlah tinggi sehingga Anda sangat dilarang memakannya.

12. Kacang Panjang

Jenis kacang-kacangan selain kacang kapri yang bisa menyebabkan meningkatnya kadar asam urat dalam tubuh adalah kacang panjang. Pada 100 gram kacang panjang terdapat kandungan purin sebanyak 80 gram. Walaupun kandungannya tidak terlalu tinggi, namun ada baiknya Anda tetap menghindari sayuran ini agar mengurangi resiko terkena asam urat lebih parah lagi. Baca juga: Jenis Penyakit Asam Urat.

ads

13. Kacang Tanah

Masih dalam jenis kacang-kacangan yaitu kacang tanah. Kandungan purin yang ada dalam kacang tanah tidak terlalu tinggi, sehingga Anda dibolehkan mengonsumsinya dengan catatan tidaklah berlebihan dan tidak mengonsumsinya setiap hari. Jika Anda ingin mengonsumsinya jangan digoreng sebab bisa meningkatkan kolesterol akibat kandugnan minyak. Baca juga: Jus untuk Asam Urat.

14. Daun Pepaya

Daun pepaya merupakan daun yang diyakini banyak orang bisa menjaga pencernaan dan mencegah terserang malaria dan demam berdarah. Namun, ternyata dibalik manfaatnya justru daun pepaya tidak bermanfaat untuk penderita asam urat, malah akan mendapatkan efek negatif karena kandungan purin didalamnya akan mempengaruhi kadar purin dalam tubuh terus meningkat. Baca juga: Pantangan Makanan bagi Penderita Asam Urat.

15. Petai

Petai adalah jenis makanan yang kandungannya sama seperti jengkol dan akan menyebabkan terjadinya peningkatan asam urat dalam tubuh. Kandungan jengkolatnya akan mengganggu penderita bahkan mengganggu pada proses kerja ginjal dalam tubuh. Baca juga: Lauk Pauk Untuk Asam Urat.

16. Touge

Selanjutnya adalah sayuran yang berukuran jari-jari manusia ini bisa menyebabkan efek buruk untuk kesehatan, terutama untuk peningkatan kadar asam urat dalam tubuh. Dalam touge terdapat kandungan purin yang tidak terlalu tinggi. Namun biarpun kandungannya tidak terlalu tinggi, akan lebih baik Anda tetap menghindarinya agar terhindar dari kemungkinan peningkatan kadar purin dalam tubuh.

17. Kangkung

Kangkung adalah sayuran yang biasanya diolah menjadi tumis. Namun dibalik enaknya rasa tumis kangkung, ternyata akan berbahaya jika dikonsumsi oleh orang yang mempunyai kandungan purin dalam tubuh yang tinggi.

18. Brokoli

Brokoli adalah jenis sayuran yang cukup mahal. Dalam sayuran ini terdapat kandungan purin penyebab asam urat. Sehingga jika penderita asam memakannya akan semakin memperburuk penyakitnya. Bagi Anda yang tidak menderita asam urat pun, bisa saja tiba-tiba mengalami peningkatan asam urat karena mengkonsumsi brokoli berlebihan. Baca juga: Manfaat Jahe untuk Asam Urat.

19. Terong

Jenis terong ada 2, yaitu terong warna ungu dan terong yang warna hijau. Terong yang dilarang untuk dikonsumsi adalah terong warna hijau. Sedangkan yang berwarna ungu bisa menjadi obat untuk penderita asam urat. Sehingga jika Anda ingin mengkonsumsi terong, pilihlah yang berwarna ungu. Baca juga: Cara Mencegah Asam Urat.

20. Kacang Kedelai

Yang terakhir adalah jenis kacang-kacangan yaitu kacang kedelai. Pada kacang kedelai juga terdapat kandungan purin cukup tinggi. Anda sebaiknya menghindari kacang kedelai dan olahan lainnya seperti tempe karena bisa mengakibatkan terjadi peningkatan kadar asam urat didalam tubuh. Baca juga: Buah Untuk Asam Urat.

Itulah 20 sayuran penyebab asam urat yang bisa Anda waspadai dan hindari. Beberapa jenis sayuran diatas ada yang boleh dikonsumsi namun tidak dengan berlebihan, ada juga benar-benar dilarang untuk dikonsumsi. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu Anda untuk tetap menjaga kadar asam urat dalam tubuh.

, , , ,



Oleh :
Kategori : Sayuran