Sponsors Link

14 Sayuran untuk Penderita Diabetes dan Asam Urat Tinggi

Sponsors Link

Makanan merupakan salah satu faktor penting bagi kondisi kesehatan manusia. Asupan nutrisi di dalam tubuh tentu saja sangat mempengaruhi keadaan tubuh kita. Namun sayangnya, tidak semua jenis makanan baik untuk tubuh kita. Sebagai contoh, ada beberapa jenis sayur yang dilarang untuk asam urat karena mengandung zat-zat tertentu yang dapat memicu peningkatan tingkat asam urat di dalam tubuh. Namun, ada juga sayur untuk asam urat yang dapat membantu menurunkan kadar asam urat di dalam tubuh. Buah pun ada bermacam-macam, ada buah penyebab asam urat dan ada juga buah yang menurunkan asam urat.

ads

Mengingat pentingnya asupan nutrisi di dalam tubuh, sudah seharusnya kita memperhatikan jenis-jenis makanan yang dikonsumsi terutama bagi mereka yang menderita penyakit tertentu. Bagi pasien asam urat, sebaiknya Anda mengonsumsi makanan untuk penderita asam urat. Atau untuk penderita diabetes, sebaiknya mengonsumsi makanan untuk penderita diabetes yang tidak memicu peningkatan kadar gula di dalam darah.

Demi memberikan informasi kepada Anda, artikel ini akan membahas mengenai beberapa jenis sayuran untuk penderita diabetes dan asam urat. Berikut adalah pembahasannya.

Jenis Sayuran untuk Penderita Asam Urat

Ada banyak jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat, baik dalam bentuk lauk pauk, minuman, ataupun sayur. Meski ada beberapa jenis sayur yang menjadi pantangan bagi penderita asam urat, masih ada beberapa jenis sayur lain yang baik dikonsumsi penderita asam urat.

1. Daun seledri

Daun seledri seringkali ditemukan pada berbagai macam masakan, seperti sayur sop atau telur dadar. Kandungan utama pada sayuran jenis ini antara lain klorin, asam lemak, sulfur, potassium, folat, inositol, esensial, mangan, seng, selenium, dan vitamin B1 serta vitamin A. Kandungan-kandungan tersebut tidak hanya bermanfaat untuk menekan resiko penyakit asam urat, namun juga bermanfaat untuk mengatasi penyakit rematik.

2. Tomat

Tomat memiliki sejumlah kandungan yang sangat bermanfaat, di antaranya seperti karbohidrat, zat besi, protein, kalium, fosfor, serat, dan berbagai jenis vitamin seperti vitamin A, vitamin B1, dan vitamin C. Selain dimanfaatkan sebagai bahan makanan, tomat juga sering dijadikan masker wajah karena mampu mengurangi radang yang diakibatkan oleh timbulnya jerawat. Selain itu, minyak pada tomat dapat membantu untuk meluruhkan pengapuran pada sendi yang mengakibatkan asam urat.

Dibantu oleh berbagai kandungan di dalamnya, mengonsumsi tomat tidak hanya bermanfaat untuk menyembuhkan asam urat melainkan juga bermanfaat untuk mencegah peradangan sendi atau kambuhnya serangan asam urat. Cara mengonsumsinya pun ada beberapa pilihan, baik dimakan secara langsung, ditambahkan ke dalam masakan, atau dijadikan jus. Rasanya yang enak dan segar sering membuat tomat menjadi salah satu makanan sehat yang digemari oleh banyak orang.

3. Mentimun

Salah satu cara untuk mengendalikan kadar asam urat di dalam tubuh adalah dengan mengonsumsi makanan-makanan yang rendah purin, misalnya mentimun. Mentimun baik dikonsumsi oleh penderita asam urat karena kandungan purinnya yang rendah. Selain itu, mentimun juga bersifat diuretik yang mampu merangsang ginjal untuk menghasilkan lebih banyak urine, mengurangi kelebihan kreatinin, dan mengurangi kadar asam urat. Sifat diuretik ini mampu mencegah terbentuknya batu ginjal.

Manfaat lain dari mentimun adalah sifatnya yang analgesik serta mampu mendorong fungsi perencanaan agar bekerja lebih maksimal karena mengandung zat selulosa yang tinggi. Zat selulosa tersebut diyakini dapat memaksimalkan kerja usus dalam menyerap nutrisi di dalam makanan dan membuang sisa-sisa makanan yang tidak dibutuhkan tubuh. Mentimun sangat bermanfaat untuk mengendalikan asam urat yang mengkristal di daerah persendian.

4. Brokoli

Brokoli termasuk ke dalam jenis sayuran yang sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan tubuh manusia. Brokoli mampu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh karena kandungan kromium dan potassium di dalamnya. Selain itu, brokoli juga mengandung vitamin C yang memberikan dampak positif bagi penderita penyakit asam urat. Cara mengonsumsi brokoli yang paling baik adalah dengan mengukusnya – karena bebas minyak dan kolesterol jahat.

Sponsors Link

5. Wortel

Selain baik untuk mata karena mengandung vitamin A yang tinggi, wortel juga baik bagi penderita asam urat dan kolesterol karena mengandung vitamin K, folat, magnesium, dan serat. Meski tidak banyak, mengonsumsi wortel dapat membantu penderita asam urat untuk mencegah peradangan pada sendi atau kambuhnya penyakit asam urat tersebut.

6. Kentang

Kentang menjadi jenis sayuran yang sangat digemari oleh mereka yang sedang menjalani program diet lemak. Sayuran ini dapat dijadikan sebagai pengganti nasi karena sifatnya yang rendah karbohidrat dan juga rendah lemak. Bagi pasien asam urat, kentang dapat memberikan dampak yang baik karena mengandung zat anti radang atau potassium dan vitamin B6 yang dapat meringankan pembengkakan pada asam urat. Lebih baik lagi apabila kentang diolah dengan cara dikukus atau direbus yang bebas dari minyak dan berpotensi menjadi lemak jahat.

7. Jagung

Jagung mengandung kalium yang merupakan senyawa elektrolit. Kalium dapat membantu menjaga fungsi organ tubuh dengan cara mengatur serta menjaga cairan di dalam tubuh. Sifat diuretik dari kalium dapat melancarkan pembuangan urine dan mencegah resiko infeksi saluran kemih. Selain kalium, jagung juga mengandung vitamin C, bioflavonoid, dan karotenoid yang semuanya dapat membantu untuk mengendalikan kadar kolesterol dan asam urat di dalam tubuh.

8. Sawi hijau

Kandungan serat, vitamin E, beta karoten, vitamin C, kalium, zat besi, fosfor, dan kalsium pada sawi hijau dapat mencegah oksidasi sehingga baik dikonsumsi oleh penderita asam urat.

ads

9. Sawi putih

Tidak kalah dengan sawi hijau, sawi putih juga banyak mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh. Salah satu kandungan pada sawi putih adalah fitonutrient yang dipercaya mampu menurunkan kadar asam urat di dalam tubuh dengan cara melancarkan sistem ekskresi.

10. Lobak

Lobak adalah salah satu jenis sayuran yang baik untuk penderita asam urat karena mampu menurunkan zat purin di dalam tubuh. Khasiat lobak untuk asam urat bersifat diuretik yang ketika dikonsumsi, akan membantu mengeluarkan asam urat dari dalam tubuh melalui urine. Lobak juga mengandung potassium yang berfungsi mengontrol kolesterol di dalam tubuh. Kandungan lain di dalam lobak adalah vitamin B1 dan B2, vitamin C, vitamin A, vitamin E, niacin, kolin, asam folic, zat besi, beta karoten, asam oksalat, fosfor, kalsium, dan manga.

Jenis Sayuran untuk Penderita Diabetes

Setelah dibahas mengenai sayuran yang baik dikonsumsi untuk penderita asam urat, di bawah ini merupakan beberapa jenis sayuran yang baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Sayuran-sayuran di bawah ini tentu saja mampu membantu tubuh dalam menjaga kadar gula di dalam darah sehingga mencegah dan mengobati penyakit diabetes pada tubuh seseorang. Sayuran tersebut adalah:

1. Bayam

Menurut hasil penelitian di Universitas Harvard tahun 1945, bayam mengandung senyawa lutein yang mampu menormalkan kembali kadar gula di dalam darah. Penyakit diabetes seringkali berpotensi menyebabkan kebutaan bagi penderitanya. Untuk mencegah kebutaan tersebut, senyawa lutein ini dapat banyak membantu dalam mengobati makula mata.

Di samping lutein, bayam juga mengandung magnesium yang dapat mengontrol kadar gula darah, mengendalikan produksi insulin, dan mengatur glukosa dalam darah. Sayuran ini aman untuk dikonsumsi setiap hari untuk menjaga kestabilan gula darah dari waktu ke waktu.

2. Bawang putih

Bawang putih merupakan jenis makanan yang rendah kolesterol jahat. Penyakit kolesterol sendiri dapat memicu kemunculan penyakit lain, salah satunya diabetes. Makanan yang sering dijadikan bumbu masakan ini mengandung vitamin A, B1, dan protein yang dapat menormalkan kadar gula di dalam darah. Selain itu, senyawa alisin pada bawang putih yang biasanya memunculkan aroma yang sangat menyengat juga bermanfaat dalam mengobati gejala diabetes. Dengan mengonsumsi bawang putih secara rutin setiap hari, dipercaya akan menjaga kadar gula darah di dalam tubuh agar tetap stabil.

3. Pare

Pare terkenal dengan rasa pahitnya yang khas. Namun, siapa sangka bahwa jenis makanan ini rupanya sangat bermanfaat bagi penderita diabetes. Rasa pahit di dalam pare dapat menurunkan kadar gula darah yang berlebih dan mencegah munculnya diabetes pada mereka yang baru saja terserang gejala diabetes. Manfaat buah pare untuk asam urat juga dapat membantu mencegah pembengkakan dan meningkatkan fungsi ginjal.

4. Cabai

Pada sebuah jurnal berjudul Journal of Clinical Nutrition pernah menerbitkan sebuah hasil penelitian oleh para peneliti Australia. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa cabai dapat menurunkan kadar gula darah bila dimasukan dalam menu diet tapi dengan porsi secukupnya. Cabai juga mengandung antioksidan, vitamin C, dan karotenoid yang membantu meningkatkan regulasi insulin.

Demikianlah beberapa jenis sayuran untuk penderita diabetes dan asam urat. Untuk mencegah terjangkitnya jenis penyakit tertentu, tidak ada salahnya jika mulai saat ini kita sudah memperhatikan asupan nutrisi ke dalam tubuh dengan menyeleksi jenis makanan yang kita konsumsi. Akan lebih baik lagi apabila Anda memeriksakan kondisi kesehatan Anda secara rutin setiap bulannya agar dapat mengendalikan pola makan Anda dan memperhatikan asupan nutrisi yang Anda butuhkan. Olahraga secara teratur juga dapat membantu menjaga fisik Anda agar tetap sehat dan bugar, memperlancar peredaran darah, sistem pernafasan, dan sistem ekskresi di dalam tubuh.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Sayuran