Sponsors Link

Sering Kesemutan, Apakah Gejala Asam Urat?

Sponsors Link

Kesemutan seringkali menimbulkan sensasi kebas ataupun mati rasa yang bisa terjadi kapan saja, misalkan setelah kamu duduk bersila cukup lama. Penyebab kamu mengalami kesemutan bisa saja beragam. Jika kesemutan yang kamu rasakan bersifat sementara kamu tidak perlu khawatir, jika kesemutan yang kamu rasakan berkepanjangan, kamu harus mencari tahu penyebabnya.

ads

Kesemutan atau parestesia yang merupakan bahasa kedokteran merupakan sensasi seperti geli ataupun mati rasa tapi terkadang juga dibarengi perasaan seperti tertusuk jarum. Hal ini akan kamu alami saat saraf mendapatkan tekanan secara tidak sengaja yang membuat aliran darah menjadi tidak lancar.

Kesemutan ada yang bersifat sementara tapi ada juga kesemutan bersifat berkepanjangan yang lebih dikenal sebagai parestesia kronis. Karena kesemutan bisa disebabkan karena adanya gangguan kesehatan serta penyakit tertentu. Berikut merupakan beberapa penyebab kesemutan yang bisa bersifat sementara ataupun kronis.

Penyebab Kesemutan yang Bersifat Sementara

Kesemutan tidak hanya bisa dirasakan pada lengan ataupun kaki, biasanya kesemutan sementara saat anggota tubuh kamu mengalami tekanan dalam waktu yang cukup lama. Inilah yang membuat aliran darah ke saraf pada suatu daerah menjadi terhambat. Kamu dapat merasakan kesemutan di kaki saat duduk bersila dalam waktu lama atau saat kamu sering menggunakan sepatu kekecilan.

Kesemutan juga bisa terjadi pada tangan, misalkan saat kamu tidur dalam posisi kepala yang menindih lengan. Karena kesemutan ini bersifat sementara, jadi jangan terlalu khawatir karena akan mereda dengan sendiri. Jika kamu membebaskan bagian yang mengalami kesemutan dari tekanan, bisa dengan meluruskan kaki setelah lama duduk bersila ataupun melepaskan bagian tangan tertindih, ini akan membuat aliran darah kembali lancar.

Sering Kesemuta, Apakah Gejala Asam Urat?

Asam urat merupakan sebuah penyakit arthritis yang akan menimbulkan warna kemerahan, serta timbul pembengkakan, dan juga rasa sakit yang datang pada sendi tubuhmu. Gejala asam urat pada kaki dan bagian tubuh lainnya akan datang secara tiba-tiba. Dimana penyakit ini bisa menyerang seluruh sendi pada tubuh, tapi penderita akan sering merasakan sakit pada sendi lutut, pergelangan serta telapak kaki, bahkan pada jempol.

Jika kamu sering merasakan sakit pada bagian-bagian itu, dan disertai kesemutan yang sering kamu alami bisa jadi kamu menderita asam urat. Penyakit asam urat sebenarnya adalah sebuah senyawa alami dar dalam tubuh. Jika kadar asam urat pada tubuhmu normal, kamu tidak perlu mengalami masalah.

Tapi jika ternyata kadar dalam tubuhmu melonjak naik dengan kurun waktu yang cukup sering, jangan kaget jika kamu pada akhirnya akan terkena asam urat. Kadar asam urat normal pada umumnya berada di bawah 6 mg/dL bagi perempuan sedangkan laki-laki berada di bawah 7 mg/dL.

Kadar asam urat yang tinggi bisa dikarenakan jika kamu kebanyakan mengonsumsi makanan tinggi purin. Karena, saat kamu mencerna makanan dengan kandungan zat purin tinggi, tubuh secara otomatis menghasilkan asam urat. Jadi hindari mengkonsumsi makanan yang mengandung purin tinggi jika tidak ingin kadar asam uratmu menjadi tinggi

Walaupun penyakit asam urat sering menyerang orang lanjut usia, tapi asam urat tinggi bisa terjadi pada semua orang tanpa mengenal usia serta jenis kelaminnya. Jadi walaupun kamu masih muda, jangan lupa untuk memperhatikan pola makan serta kandungan dalam makanan yang kamu konsumsi. Karena pola makannya yang buruk bisa meningkatkan risiko kamu terkena asam urat semakin tinggi.

Walaupun memang asam urat di usia muda bisa dikarenakan faktor genetik atau faktor turunan. Jadi jika anggota keluargamu memiliki riwayat berpenyakit asam urat kamu berisiko mengalami hal ini. Jadi kamu harus waspada jika gejala asam urat menyerang secara tiba-tiba.

, , ,



Oleh :
Kategori : Penyebab