Sponsors Link

Manfaat Spirulina untuk Asam Urat Tinggi

Sponsors Link

Asam urat merupakan senyawa yang sebenarnya secara normal di metabolisme oleh tubuh sebagai zat sisa. Fungsi asam urat di dalam tubuh sebagai antioksidan natural, neuroprotektif, mobilisasi progenitor sel endotel, dan berperan dalam sistem imun adaptif manusia. Agar asam urat dapat berfungsi dengan normal maka perlu selalu dijaga kadarnya sehingga tidak terlampu tinggi melebihi kadar asam urat normal. Kondisi tersebut dikarenakan adanya permasalahan yang dapat terjadi pada tubuh ketika kadar asam urat berada diatas angka normalnya.

ads

Penyakit asam urat menjadi salah satu jenis penyakit yang mulai bergeser penderitanya karena dulunya mungkin lebih banyak diderita oleh orang dengan usia lanjut namun sekarang sudah menjadi salah satu penyakit degeneratif yang tidak kenal usia. Hal ini dikarenakan pola hidup modern yang tidak sehat dimana terlalu banyak mengkonsumsi makanan dengan kandungan zat purin tinggi sebagai penyebab terjadinya asam urat. Zat purin tersebutlah yang akan diubah oleh enzim xanthin oksidase menjadi asam urat di dalam tubuh.

Untuk dapat mengatasi tingginya kadar asam urat dan mengurangi gejalanya yang cukup menyakitkan maka ada beberapa bentuk pengobatan baik secara medis menggunakan obat obatan maupun secara traditional. Spirulina belakangan ini cukup santer menjadi salah satu pengobatan yang diindikasikan dalam mengatasi kondisi asam urat tinggi di dalam tubuh. Untuk lebih memahaminya dengan baik, berikut penjelasan mengenai spirulina untuk asam urat dalam ulasan di bawah ini.

  1. Mengenal Spirulina

Sebelum memahami manfaat dan boleh tidaknya Spirulina dikonsusmsi oleh penderita asam urat maka perlu dijelaskan terlebih dahulu mengenai apa itu spirulina. Spirulina merupakan suplemen makanan yang mirip dengan alga biru yang kerap kali disebut sebagai super food. Spirulina merupakan salah satu spesies dari cyanobacteria yang bisa dikonsumsi oleh manusia. Nutrisi tinggi yang terkandung di dalam spirulina sehingga seringkali dicampur dalam beberapa jenis produk supplemen makanan tambahan.

  1. Kandungan Spirulina

Sebagai suplemen tambahan makanan yang disebut juga super food tentu memiliki kandungan nutrisi yang beragam dan lengkap. Beberapa kandungan Spirulina tersebut diantaranya seperti beberapa jenis vitamin yakni vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, zat besi, tembaga, magnesium, kalium, serta mengandung protein dan karbohidrat. Berbagai kandungan yang terdapat di dalam spirulina tersebut memiliki manfaat yang positif jika digunakan dalam menjaga kondisi kesehatan tubuh.

  1. Spirulina untuk asam urat

Spirulina memang terkadang diklaim dapat membantu mengatasi kondisi permasalahan kesehatan mulai dari diabetes, kanker, hingga asam urat. Secara medis memang hanya ada beberapa pembuktian secara klinis yang menjadikan spirulina memang benar memberikan dampak positif dalam mengatasi berbagai macam penyakit tersebut. Spirulina untuk asam urat sebenarnya  juga belum benar terbukti dapat menurunkan kadar asam urat normal yang tinggi di dalam tubuh maupun mengatasi beberapa gejala yang muncul akibat adanya penumpukan kristal asam urat di area persendian.

Meskipun tidak secara medis memberikan dampak dalam menurunkan kadar asam urat namun sebagai super food, spirulina tetap secara langsung akan membantu dalam menjaga kondisi kesehatan bagi para penderita asam urat. Kandungan vitamin dan nutrisi lainnya di dalam spirulina dapat meningkatkan kondisi imunitas yang lebih baik sehingga secara alami dapat mencegah terjadinya beberapa permasalahan kesehatan. Spirulina tetap dapat digunakan untuk membantu mencegah terjadinya penyakit asam urat akibat penumpukan kristal asam urat meskipun tidak signifikan dan jika terjadi serangan asam urat maka pilihan terbaiknya adalah menggunakan obat obatan medis yang membantu mengatasi gejala dan menurunkan kadar asam urat secara signifikan.

  1. Manfaat lain spirulina yang sudah terbukti

Spirulina sebagai supplemen makanan tambahan ternyata sudah diuji dalam memberikan beberapa manfaat bagi kesehatan diantaranya seperti :

  • Antioksidan, yang dapat membantu melindungi dari radikal bebas dan memiliki efek antiperadangan bagi DNA dan sel tubuh yang mengalami kondisi kerusakan osidatif pada beberapa bagian tubuh.
  • Mengatur lemak di dalam tubuh, dalam sebauh penelitian spirulina yang digunakan oleh orang dengan kondisi kolesterol jahat yang tinggi di dalam darah dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat tersebut dan meningkatkan kadar kolesterol baik. Spirulina menjaga kondisi LDL agar tidak terkosidasi di dalam darah.
  • Menurunkan tekanan darah, manfaat lainnya dari spirulina yang sudah pernah diuji adalah membantu dalam menurunkan tekanan darah. Penurunan tekanan darah tersebut dapat terjadi karena meningkatnya nitrit oksida yang akan membuat pembuluh darah melebar dan mengalami relaksasi.
  1. Efek samping spirulina

Meskipun memiliki banyak manfaat yang baik bagi kesehatan, penggunaan spirulina tetap harus diperhatikan dengan baik karena adanya resiko berbahaya dari spirulina itu sendiri. Resiko berbahaya tersebut muncul karena adanya beberapa spesies yang dapat memproduksi racun. Racun tersebutlah yang berbahaya bagi kondisi kesehatan manusia yang mengkonsumsi spirulina dan menimbulkan beberapa kondisi diantaranya seperti gangguan pencernaan, mual, muntah, jantung berdetak cepat, kelelahan, haus berlebihan, hingga kerusakan organ hati sebagai efek jangka panjangnya. Agar terhindar dari resiko berbahaya tersebut maka perhatikan spirulina yang dikonsumsi harus sudah bebas dari kontaminan dan terjamin kualitasnya.

Itulah beberapa penjelasan mengenai spirulina untuk asam urat yang secara tidak langsung memang dapat membantu menjaga kondisi kesehatan tubuh penderita asam urat namun tidak menurunkan kadar asam urat maupun mengatasi gejala yang ada. Penggunaan spirulina juga perlu diperhatikan dengan baik mengingat adanya resiko berbahaya dari beberapa spesies spirulina yang dapat memproduksi racun. Untuk menghindari dampak buruk dan tetap memperoleh manfaat maka spirulina harus diperhatikan sebelum mengkonsumsinya dan hanya gunakan spirulina yang sudah teruji bebas kontaminan dan berkualitas baik.

, ,



Oleh :
Kategori : Herbal