Sponsors Link

Manfaat Sukun untuk Asam Urat dan Kesehatan Tubuh

Sponsors Link

sukunMenderita penyakit asam urat merupakan suatu kondisi yang tentunya dapat menyebabkan munculya gejala nyeri maupun berkembang menjadi peradangan pada sendi sendi kaki. Kondisi serangan asam urat tersebut merupakan jenis penyakit yang sifatnya kronis sehingga dapat kembali kambuh dikemudian hari. Munculnya gejala pada penyakit asam urat tersebut diindikasikan karena adanya penumpukan kristal asam urat akibat terlalu tingginya kadar asam urat di dalam tubuh.

ads

Gejala asam urat pada kaki maupun bagian tubuh lain dapat terjadi ketika kadar asam urat berada lebih tinggi dibandingkan dengan kadar normal asam urat di dalam tubuh secara signifikan. Untuk laki laki, kadar asam urat normalnya dibawah 7 mg/dl dan perempuan diangkan 6 mg/dl. Asam urat merupakan produk metabolisme akhir dari senyawa purin yang diproduksi oleh tubuh. Penyakit asam urat sering kambuh lebih banyak disebabkan oleh kondisi pola makan dan pola hidup yang tidak sehat.

Untuk mencegah terjadinya penyakit asam urat ataupun munculnya gejala serangan asam urat bagi penderitanya maka mengatur pola makan merupakan langkah yang seharusnya selalu dilakukan. Konsumsi makanan yang mengandung kadar purin tinggi sebaiknya dihindari agar tidak memicu peningkatan kadar asam urat. Dalam artikel ini, pakarasamurat.com akan membahas mengenai salah satu ulasan mengenai buah suku untuk asam urat apakah boleh dikonsumsi dan adakah manfaat yang dapat diperoleh dari buah tersebut dalam penjelasan di bawah ini.

Tanaman sukun merupakan salah satu jenis tanaman yang banyak dimanfaatkan buahnya untuk dikonsumsi dan diolah menjadi beberapa jenis makanan tambahan dan ada juga beberapa daerah yang menjadikannya makanan pokok karena kandungan karbohidrat yang tinggi. Tanaman sukun menghasilkan buah berbentuk bulat berduri kecil dan halus yang mirip dengan nangka ataupun cempedak karena ketiganya merupakan jenis tanaman yang masih dalam satu family.

Buah sukun yang masih muda akan diolah menjadi sayuran sedangkan yang cukup tua akan dimakan dengan ara direbus atau digoreng dengan tepung. Didalam buah suku terdapat kandungan energi yang setara dengan 119 kilokalori, lemak, protein, dan karbohidrat dalam jumlah yang cukup. Selain itu buah sukun juga mengandung beberapa mineral seperti kalsium 24 miligram, fosfor 44 miligram, dan zat besi 1,4 miligram dan juga kandungan vitamin seperti vitamin A, vitamin B, dan vitamin C yang baik untuk kesehatan tubuh.

Konsumsi buah sukun untuk penderita asam urat dapat diperbolehkan karena memang tidak memiliki kandungan purin di dalamnya yang dapat meningkatkan kadar asam urat di dalam tubuh dan bukan merupakan pantangan makanan bagi penderita asam urat. Selain dapat dikonsumsi. tanaman suku untuk asam urat digunakan juga sebagai salah satu cara untuk mengatasi gejala dan membantu menurunkan kadar asam urat secara alami. Untuk mengatasi asam urat, tanaman sukun yang digunakan bukan buahnya melainkan daun sukun.

Untuk dapat menjadikan tanaman sukun sebagai obat tradisional dalam membantu mengatasi asam urat maka diperlukan cara pengolahan yang benar. Daun sukun dikeringkan terlebih dahulu dan kemudian dicampurkan dengan air mendidih. Untuk mendapatkan rasa yang lebih baik maka dapat ditambahkan gula jawa atau madu karena rendaman air sukun kering tersebut pastinya memiliki rasa yang pahit. Rendaman air sukun kering tersebut dapat dikonsumsi setiap hari untuk mengobati maupun mencegah terjadinya asam urat.

Selain dapat dilakukan untuk mengatasi asam urat, tanaman suku juga memiliki manfaat kesehatan lainnya jika dilihat dari kandungan bahan aktif di dalamnya. Berikut ini beberapa manfaat sukun untuk kesehatan tubuh yang diantaranya adalah sebagai berikut ini.

  1. Membantu proses penyembuhan pasca persalinan, kandungan yang terdapat di dalam buah sukun ternyata secara alami digunakan dalam membantu proses penyembuhan pasca persalinan dan mencairkan darah yang masih terdapat di dalam rahim.
  2. Membantu menurunkan kadar gula darah, sukun cocok dikonsumsi oleh mereka yang memiliki kadar gula darah tinggi atau penderita diabetes. Kandungan serat yang tinggi di dalam darah sehingga dapat mengontrol kadar gula darah agar tidak tinggi.
  3. Untuk kesehatan kulit dan rambut, sukun memiliki kandungan omega 6 dan omega 3 yang baik untuk kesehatan rambut dan kulit.
  4. Menyehatkan pencernaan, sukun dapat membantu menyehatkan sistem pencernaan dan memperlancar buang air besar.
  5. Antioksidan, sukun memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga dapat menjaga tubuh dari serangan radikal bebas dan racun dan menjadikan kesehatan terjaga.
  6. Sebagai sumber energi, kandungan karbohidrat, protein yang tinggi di dalam sukun dapat digunakan sebagai sumber energi yang baik.

Itulah beberapa manfaat sukun untuk asam urat yang baik digunakan dalam mengatasi gejala atau tanda tanda asam urat dan menurunkan kadar asam urat. Selain asam urat, ternyata tanaman sukun juga memiliki manfaat lainnya bagi kesehatan tubuh karena kandungan nutrisi dan gizi yang baik di dalam buah sukun maupun daun sukun.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan