Sponsors Link

10 Suplemen untuk Asam Urat dan Obat Medisnya

Sponsors Link

Asam urat adalah salah satu jenis penyakit yang biasanya menyerang seseorang dengan usia 30 tahun keatas. Asam urat menyebabkan terjadinya pembengkakan berwarna merah yang umumnya menyerang di bagian kaki. Pembengkakan terjadi karena menumpuknya zat purin pada area persendian yang berubah menjadi kristal-kristal asam urat yang tajam.

ads

Asam urat yang tidak segera mendapatkan penanganan dapat menyebabkan penyakit ini ke tahap yang lebih serius hingga berakibat kelumpuhan dan batu ginjal. Mencegah asam urat dalam tubuh meningkat dapat melalui pemilihan jenis makanan yang rendah purin dan konsumsi tanaman-tanaman herbal yang berpotensi untuk menurunkan kadar zat purin tubuh.

Baca juga: Asam Urat pada Lansia, Asam Urat pada Ibu Hamil.

Pengobatan alami seperti penggunaan tanaman-tanaman herbal dinilai masih kurang efisien untuk menyembuhkan penyakit asam urat dengan lebih cepat sehingga dibutuhkan suplemen atau vitamin. Asam urat sebagai penyakit yang disebabkan oleh peningkatan kadar zat purin di dalam tubuh membutuhkan suplemen atau obat-obat yang dapat menurunkan kadar zat purin tersebut. Suplemen asam urat dapat dengan mudah Anda temukan di toko-toko obat.

Sebelum membeli obat-obatan untuk asam urat, sebaiknya melakukan uji kadar asam urat terlebih dahulu untuk menentukan jenis obat seperti apa yang layak dikonsumsi, dengan menyesuaikan stadium asam urat yang menyerang Anda. Lalu apa saja jenis suplemen untuk asam urat yang bisa menjadi pilihan Anda? Berikut ini beberapa suplemen untuk asam urat yang dapat membantu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh:

1. Alfalfa

Alfalfa adalah salah satu jenis suplemen untuk asam urat yang terbuat hampir sebagian besar dari tanaman herbal yakni tanaman alfalfa. Alfalfa merupakan jenis dari kacang-kacangan yang sudah dikenal sebagai tanaman obat dan sebagai pakan ternak karena mengandung vitamin A, C, D, E dan K serta kandungan kalsium, zat besi, potassium, magnesium dan karotin. Alfalfa tidak hanya digunakan untuk pengobatan asam urat saja, tapi juga mengontrol kolesterol dalam darah.

Alfalfa bermanfaat untuk menurunkan asam urat dalam tubuh. Alfalfa mengandung berbagai mineral dan protein yang bermanfaat bagi tubuh. Dosis Alfalfa bisa dikonsumsi 2000 hingga 3000 mg perhari. Bisa dikonsumsi 2-3 tablet sehari setelah makan, Kisaran harga suplemen ini untuk satu botol yang berisi 50 tablet yaitu Rp 300.000.

Baca juga: Khasiat Sidaguri untuk Asam Urat.

2. Omepros

Omepros juga jenis suplemen yang sudah dikenal untuk mengobati asam urat. Omepros dibuat dari bahan-bahan organik dan minyak esensial dari ikan salmon. Omepros memiliki kandungan senyawa bahan alami yang baik untuk mengobati penyakit asam urat. Kandungan utama pada suplemen Omepros mencakup omega 3, 6 dan 9; vitamin E, DHA dan EPA yang bekerja secara simultan dalam tubuh untuk mengendalikan kadar asam urat tubuh.

Aturan mengkonsumsi Omepros untuk usia 18 tahun keatas bisa dikonsumsi 2 sampai 3 kali dalam sehari. Untuk asam urat yang sudah membengkak bisa mengkonsumsi 3 kali sehari. Omepros juga dapat digunakan sebagai pencegahan bagi seseorang yang beresiko terkena asam urat dengan mengkonsumsi 1 kali sehari pada malam hari. Omepros bisa Anda temukan di apotik dengan kisaran harga Rp 120.000 per botol isi 30 kapsul dan Rp 200.000 untuk isi 60 kapsul.

Baca juga: Bahaya Asam Urat, Perbedaan Asam Urat dan Rematik.

3. Lutena/Super Lutein

Super Lutein atau S. Lutena merupakan jenis suplemen kesehatan untuk berbagai penyakit, salah satunya asam urat. Super Lutein yang dikonsumsi secara rutin dapat menambah stamina tubuh untuk memperbaiki kesehatan tubuh secara total. Asam urat dapat diatasi dengan mengkonsumsi nutrisi yang diperlukan tubuh terutama yang mengandung zat karotenoid. sebagai salah satu sumber antioksidan. Salah satu nutrisi tersebut terpenuhi pada kandungan suplemen Super Lutein.

Lutein bermanfaat untuk membantu mempercepat penyembuhan asam urat dan minim efek samping meskipun digunakan dalam jangka waktu lama. Super Lutein mengandung antioksidan dari 6 karotenoid yang diperlukan tubuh untuk memperbaiki sistem imunitas tubuh seperti memperbaiki kerusakan sel. Cara mengkonsumsi Super Lutein untuk 3 bulan pertama dapat dikonsumsi 3-5 kali sehari. Kisaran harga suplemen ini Rp 500.000 isi 30 kapsul.

Baca juga: Jenis Penyakit Asam Urat Akut, Jenis Penyakit Asam Urat.

Sponsors Link

4. Jelly Gamat Gold-G

Jelly Gamat Gold-G adalah suplemen untuk asam urat yang terbuat dari ekstrak teripang. Ekstrak teripang mengandung Chondroitin dan Glukosamin sulfat yang berperan untuk memulihkan penyakit sendi seperti asam urat. Glukosaminoglikans merupakan zat antithrombogenik, dimana berfungsi untuk memperlancar peredaran darah yang menggumpal.

Beberapa penelitian menuturkan bahwa teripang mampu membantu menyembuhkan asam urat hingga 70% meningkatkan kesehatan. Hal ini karena kandungan glukosamin pada teripang akan merangsang tubuh untuk mensekresi cairan synovial yang berguna untuk lubrikasi persendian. Harga satu botol suplemen Jelly Gamat Gold-G sekitar Rp 180.000. Bisa dikonsumsi 2 atau 3 kali sehari.

Baca juga: Makanan untuk Penderita Asam UratPantangan Makanan bagi Penderita Asam Urat.

5. Liquid Klorofil, Spirulina (Noni Plus) dan Joint Formula

Ketiga produk suplemen ini dikembangkan oleh Synergy Worldwide Indonesia sebagai suplemen yang sangat produktif untuk pembentukan sel-sel baru dan membuang sel lama pada proses penyembuhan penyakit asam urat. Harga suplemen ini sekitar Rp 1.220.000 per botolnya.

Untuk aturan mengkonsumsi produk Liquid Klorofil yaitu dengan 1 sendok teh produk atau sekitar 5 ml dicampur dengan 240 ml air putih dan dikonsumsi 2 kali sehari sedangkan untuk produk Joint Formula dikonsumsi 2 tablet sehari setelah makan. Produk Noni Plus dapat diminum 1 hingga 2 kali sehari sebanyak 30 ml.

Baca juga: Tanda-Tanda Asam Urat.

6. Triflec Capsule Green World (TRX)

Triflec Capsule Green World (TRX) adalah suplemen yang  diformulasikan untuk mengatasi keluhan dan gangguan penyakit tulang dan persendian salah satunya untuk mengatasi asam urat. Dibuat dari perpaduan bahan alami dengan tingkat penyerapan yang tinggi untuk dapat mempercepat proses penyembuhan. Dapat meringankan nyeri pada pembengkakan asam urat. Mencegah terjadi peradangan tulang dengan membuang kadar asam urat secara bertahap.

Suplemen ini dipercaya lebih cepat menyembuhkan nyeri daripada jenis suplemen lain. Cara mengonsumsi suplemen ini yaitu dengan meminum 2 kapsul sehari. Dalam satu kapsul mengandung kalsium karbonat, drynaria rhizome dan ekstrak astragalus mongholicus. Kisaran harga per botolnya yakni sekitar Rp 380.000.

ads

Baca juga: Manfaat Lemon untuk Asam Urat.

7. Jiang Zi Tea

Jiang Zi Tea merupakan produk suplemen dari Herbal Tiens yang membantu perawatan pada penderita rematik dan asam urat. Pada suplemen ini mengandung zat antioksidan yang berguna bagi tubuh. Jiang Zi Tea bermanfaat pada penderita asam urat untuk melancarkan peredaran darah dan memberikan perawatan pada daerah sendi dan tulang karena kaya akan kalsium. Jiang Zi Tea dipercaya dapat menurunkan kadar asam urat dalam tubuh dengan cepat.

Harga dari produk Jiang Zi Tea bervariasi tergantung paket pengobatan yang ingin Anda gunakan. Untuk paket yang paling murah berisi 3 box the Jiang Zi seharga kurang lebih Rp 430.000 dan paket paling mahal berisi 2 box kalsium ditambah 1 box teh dan 1 botol grape seharga Rp 1.200.000. Cara penggunaannya cukup mudah yaitu dengan menyeduh 1-2 sachet per hari dengan 1 gelas air panas.

Baca juga: Manfaat Jahe untuk Asam Urat, Manfaat Sambiloto untuk Asam Urat.

8. QnC Jelly Gamat

QnC Jelly Gamat adalah salah satu suplemen yang dibuat dari bahan herbal yakni terbuat dari 100% ekstrak teripang yang dipadukan dengan Sweetener Stevia, Air RO (Reverse Osmosis), Pengemulsi Nabati dan Essen Natural yang semuanya diambil dari bahan alami untuk menghindari penggunaan bahan kimia.

Suplemen ini berfungsi untuk mencegah inflamasi atau peradangan, meredakan nyeri, mengatasi pembengkakan dan melancarkan peredaran darah pada penderita asam urat tinggi. Harga satu botol suplemen QnC Jelly Gamat bekisar Rp 160.000. Cara mengkonsumsinya cukup dengan meminum 2 sendok suplemen setiap pagi dan sore hari.

Baca juga:

Obat Penurun Asam Urat

Sedangkan untuk pengobatan medisnya, dokter akan menyarankan untuk mengonsumsi obat penurun asam urat seperti berikut:

  • Allopurinol

Kebanyakan asam urat disebabkan karena pola makanan yang kurang sehat. Kadar asam urat yang tinggi dalam tubuh perlu dikendalikan dengan pengobatan yang mampu menurunkan asam urat hingga ambang normal. Allopurinol adalah salah satu jenis suplemen yang digunakan untuk membantu menurunkan kadar zat purin dalam darah. Allopurinol di toko obat memiliki beberapa nama dagang seperti Ponuric, Sinoric, Puricemia dan Zyloric. Suplemen obat ini berbentuk tablet dan kapsul dan bisa dikonsumsi dengan air putih.

Suplemen golongan Allopurinol tidak hanya mampu menurunkan asam urat dalam darah saja, tapi juga mencegah pembentukan batu-batu ginjal.  Allopurinol biasanya juga digunakan pada pasien pasca kemoterapi untuk mengontrol asam urat dalam tubuh agar tidak terjadi peningkatan. Dosis yang bisa dikonsumsi oleh penderita asam urat antara 100-900 mg per hari. Dosis disesuaikan dengan tingkat asam urat yang menyerang tubuh. Sebaiknya penggunaan obat ini mengikuti dengan dosis dari dokter. Kisaran harga Rp 18.000 hingga Rp 20.000 per kotaknya.

Baca juga: Manfaat Binahong untuk Asam Urat, Manfaat Daun Serai untuk Asam Urat.

  • Probenecid

Asam urat juga disebabkan berkurangnya fungsi organ ginjal untuk mengeksresi zat asam urat yang berlebihan dalam tubuh. Probenecid adalah salah satu jenis suplemen yang bekerja untuk meningkatkan kemampuan ginjal untuk mengeksresi asam urat. Mengkonsumsi jenis suplemen ini dapat menimbulkan efek samping sakit perut dan ruam kulit.

Probenecid juga digunakan untuk mengatasi arthritis kronis dan memiliki kandungan antibiotik didalamnya. Dosis yang digunakan untuk setiap pasien asam urat berbeda-beda. Pada orang dewasa yang terserang asam urat bisa mengkonsumsi 250 mg dua kali sehari untuk 1 minggu pertama dan apabila sakit masih berlanjut bisa ditingkatkan menjadi 500 mg dua kali sehari untuk minggu selanjutnya. Salah satu merk dagangnya adalah Probenit Tablet dengan harga sekitar Rp 260.000 yang bisa dikonsumsi langsung dengan air putih.

Baca juga: Jus untuk Asam Urat.

Nah, itulah 10 suplemen untuk asam urat dan obat medisnya yang bisa membantu menyembuhkan penyakit asam urat Anda. Pemilihan suplemen dan dosisnya sebaiknya di konsultasikan kepada dokter ahli terlebih dahulu untuk memastikan seberapa tinggi kadar asam urat dalam tubuh Anda. Penggunaan dosis yang tidak sesuai kondisi pasien justru dapat berpotensi membahayakan kesehatan pasien tersebut.

, , , , , ,



Oleh :
Kategori : Pengobatan