Sponsors Link

3 Jenis Susu untuk Asam Urat Tinggi yang Disarankan

Sponsors Link

Susu adalah salah satu minuman menyehatkan yang selalu dijadikan sebagai minuman rekomendasi bagi semua orang di segala usia. Berbagai jenis produk susu beredar di pasaran, mulai dari susu dengan variasi warna yang berbeda, susu dari hewan atau olahan kedelai, hingga variasi susu dengan lemak yang rendah hingga tinggi.

ads

Mengetahui jenis-jenis susu untuk asam urat merupakan hal yang perlu diketahui, supaya Anda tidak perlu merasa bingung dan khawatir untuk memilih susu apa yang baik untuk dikonsumsi. Berikut ini merupakan pembahasan mengenai jenis-jenis susu yang baik untuk diminum bagi penderita penyakit asam urat. Yuk simak penjelasannya di bawah ini:

1. Susu bubuk berlaktosa

Susu bubuk yang ada di pasaran umumnya mengandung laktosa sebanyak 2-8% dari berat susu itu sendiri. Laktosa sendiri merupakan bentuk disakarida dari karbohidrat. Disakarida ini nantinya akan dipecah menjadi bentuk gula yang lebih senderhana, yaitu glukosa dan galaktosa saat mereka telah sampai di dalam tubuh Anda. Berdasarkan studi tentang susu yang baik untuk penderita asam urat tahun 2012 menyatakan bahwa susu bubuk berlaktosa ternyata aman untuk dikonsumsi penderita asam urat. Selama tubuh Anda mampu memproduksi enzim laktase untuk memecah laktosa dari susu yang Anda minum maka hal tersebut tetap aman.

Sebagai saran dan rekomendasi, Anda dapat mengonsultasikan susu yang hendak Anda minum setiap hari dengan dokter pribadi. Konsultasikan dengannya apakah Anda memiliki intoleransi laktosa yang menyebabkan Anda tidak mampu mengonsumsi terlalu banyak laktosa. Anda juga disarankan untuk membaca komposisi susu yang hendak Anda beli, lihat berapa kandungan laktosa yang ada di dalam susu itu. Sesuaikan jenis susu yang hendak Anda beli dengan kebutuhan tubuh Anda dan batasi konsumsinya, maksimal 2 gelas tiap hari.

Berikut ini merupakan susu laktosa yang direkomendasikan untuk Anda:

  • Nestle Nutren Optimum: susu bubuk untuk lansia ini dapat Anda konsumsi untuk menjaga kesehatan Anda di usia yang menua.
  • Ensure Enlive: susu berlaktosa siap minum ini diformulasikan secara khusus untuk orang lanjut usia. Kandungan protein HMB akan membangun otot yang melemah karena usia.
  • Nusami Kencana: susu laktosa yang memiliki formula khusus untuk manula dapat Anda konsumsi secara aman untuk memenuhi kebutuhan nutrisi Anda.
  • Prolansia: susu untuk orang lanjut usia ini juga aman untuk dikonsumsi bagi Anda yang sudah lanjut usia dan memiliki riwayat penyakit asam urat.

Seimbangkan juga dengan konsumsi air putih harian dan rutin melakukan olahraga untuk menurunkan asam urat tinggi, seperti jalan pagi, jogging ringan, bersepeda, dll supaya tubuh Anda tetap terjaga kesehatannya.

2. Susu skim

Susu skim atau susu rendah lemak adalah produk susu olahan yang sangat terkenal saat ini, apalagi di kalangan orang-orang yang sedang melakukan program diet. Masih dalam studi yang sama di tahun 2012 membuktikan bahwa susu skim aman dikonsumsi bagi penderita asam urat. Susu jenis ini merupakan jenis susu yang mengambil sebagian atau seluruh krim yang terkandung di dalamnya. Kandungan lemak yang ada dalam susu skim tidak lebih dari 1% sehingga aman dikonsumsi bagi Anda yang memiliki keluhan asam urat dan obesitas secara bersamaan.

Sponsors Link

Umumnya susu skim memang akan dimanfaatkan sebagai bahan baku produk olahan dari susu yang rendah lemak, seperti keju. Susu rendah lemak ini berguna untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh Anda sehingga produk susu ini ramah untuk penderita asam urat sekaligus kolesterol tinggi. Anda dapat menemukan produk susu skim atau susu rendah lemak di apotek maupun supermarket di sekitar tempat tinggal Anda. Beberapa merk susu skim rekomendasi untuk penderita asam urat antara lain:

  • Bear Brand White Tea: susu murni siap minum ini memang terbukti memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Anda yang memiliki penyakit asam urat tidak perlu khawatir ketika mengonsumsi susu ini karena Bear Brand White tea termasuk dalam susu skim yang aman.
  • Tropicana slim: susu ini berguna bagi Anda yang tengah menjalankan program diet makanan karena asam urat maupun obesitas.
  • Marigold HL Low Fat: susu Marigold ini berguna bagi ibu hamil yang mengalami asam urat tinggi dan kerap kali mengganggu. Susu ini aman karena termasuk dalam susu yang rendah krim dan lemak.
  • Sunlac skim milk: susu ini disarankan untuk manula yang ingin merawat kesehatan tulang tanpa takut kolesterol maupun gulanya meningkat.
Sponsors Link

3. Enriched skim powder milk

Selain kedua jenis susu untuk asam urat di atas, susu yang baik untuk dikonsumsi para penderita asam urat adalah jenis susu rendah lemak yang sudah diperkaya nutrisi lain. Biasanya produsen atau peneliti akan memformulasikannya dengan ekstra kalsium dan nutrisi lain yang diperlukan oleh tubuh. Studi yang dilakukan pada tahun 2012 menyatakan bahwa mengonsumsi 3-4 gelas susu skim yang diperkaya kalsium dan beberapa nutrisi lain akan mengurangi kadar asam urat hingga 40%. Berikut ini merupakan susu skim rendah lemak dan kaya nutrisi pilihan untuk Anda:

  • Frisian Flag Low Fat High Calcium, Ultra Milk Low Fat High Calcium, Indomilk Calci Skim: merk susu ternama ini juga masuk dalam daftar susu aman bagi penderita asam urat. Susu ini dapat dikonsumsi oleh segala usia (balita tidak disarankan).
  • Anlene Gold: selain aman, susu ini juga berguna untuk menguatkan persendian dan tulang-tulang serta menghindarkan Anda dari gejala osteoporosis. Susu bubuk ini juga bermanfaat untuk mempertahankan kepadatan tulang dan menghindarkan Anda dari pengeroposan tulang.
  • Entrasol Active: susu bubuk Entrasol ini sangat berguna untuk merawat kesehatan organ dan tulang Anda. Susu ini juga dapat berfungsi sebagai antioksidan yang menangkal radikal bebas dalam tubuh Anda.

Tidak semua jenis susu baik untuk penderita asam urat. Susu kedelai ternyata tidak disarankan karena pengaruh susu kedelai terhadap asam urat terbukti meningkatkan asam urat hingga 10% setiap kali mengonsumsinya. Boleh mengonsumsi susu kedelai, tapi sebaiknya dikurangi porsinya atau konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda. Seimbangkan susu untuk asam urat dengan rekomendasi makanan dan minuman untuk penderita asam urat, seperti wortel, timun, buah pir, teh hijau, dll. Seimbangkan juga dengan konsumsi buah untuk asam urat yang rendah purin serta rajin konsumsi air putih.

, , ,