Sponsors Link

10 Tanaman Ampuh untuk Asam Urat Tinggi Paling Manjur

Sponsors Link

Beberapa orang lebih menyukai cara menurunkan asam urat tinggi secara alami. Beberapa obat-obatan alami terkadang juga memiliki khasiat yang lebih baik ketimbang obat asam urat di apotik, sehingga beberapa perusahaan mencoba membuat ekstrak bahan alami untuk keperluan produksi obat-obatan herbal praktis yang bisa ditemukan dengan mudah di apotik-apotik.

ads

Asam urat termasuk dalam suatu penyakit yang tidak dapat disembuhkan secara total. Penyakit ini akan muncul kembali apabila Anda mengonsumsi minuman atau makanan penyebab asam urat dan menggunakan gaya hidup yang kurang sehat. Mengingat penyakit ini bisa kambuh sewaktu-waktu maka penggunaan obat alami untuk meredakan rasa sakit akibat penyakit asam urat sangat disarankan. Menggunakan obat yang terbuat dari tanaman herbal nyatanya lebih baik ketimbang obat berbahan kimia yang kerap kali menimbulkan efek samping.

Berikut ini merupakan 10 tanaman ampuh untuk asam urat tinggi. Yuk simak penjelasannya berikut ini:

1. Jahe

Jahe merupakan salah satu tanaman herbal obat-obatan yang masuk ke dalam Toga (Tanaman obat Keluarga). Manfaat jahe untuk asam urat yaitu membantu Anda mengurangi peradangan sendi akibat kadar asam urat yang tinggi di dalam darah. hal ini dikarenakan kandungan senyawa kimia dalam jahe bernama 6-shogaol. Cara mengolahnya, Anda dapat mencuci bersih, mengupas, dan memotong 4 ruas jahe sebesar ibu jari. Kemudian rebus 250 ml air dan masukkan potongan jahe tersebut. Anda dapat menyeduh ramuan tersebut selagi hangat. Tambahkan madu jika perlu.

2. Jahe merah

Jahe merah atau pencahar adalah salah satu jenis jahe berwarna merah muda yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Pencahar ini juga memiliki khasiat untuk asam urat. Kandungan zat-zat baik yang ada dalam jahe merah ini mampu mengurangi peradangan sendi dan rasa sakit akibat asam urat. Cara mengobati asam urat dengan jahe merah yaitu Anda dapat merebus 10-15 gram jahe merah yang sudah dicuci dan dipotong  dan menyeduhnya selagi hangat. Jangan menambahkan pemanis buatan atau gula tebu secara berlebihan! Anda dapat mendapatkan rasa manis dari 2 sendok makan madu asli. Yuk coba sekarang juga.

3. Kunyit

Selain jahe, kunyit juga masuk dalam tanaman obat keluarga yang seharusnya Anda tanam di sekitar rumah Anda. Pertumbuhannya yang cukup mudah sebenarnya sangat menguntungkan bagi Anda yang tidak memiliki pekarangan rumah yang terlalu luas. Senyawa kurkumin aktif dalam kunyit memiliki sifat anti-inflamasi yang sangat berguna bagi penderita asam urat. Kunyit akan membantu Anda mengurangi rasa sakit akibat asam urat. Anda dapat merebus kunyit dan menyeduhnya selagi hangat atau membuat jus dan mencampurkannya dengan buah nanas sebagai ramuan untuk asam urat.

4. Temulawak

Kandungan kurkuminoid yang ada dalam temulawak akan membantu Anda menurunkan kadar kolesterol dan menghilangkan nyeri sendi akibat asam urat yang tidak terkontrol. Anda dapat merebus temulawak yang sudah dicuci bersih dan dipotong sebanyak 10-15 gram dan menyeduhnya selagi hangat. Anda dapat menambahkan madu asli sebagai pemanis tambahan yang akan memperkaya rasa.

5. Kumis Kucing

Kumis kucing merupakan salah satu tanaman yang kerap kali digunakan sebagai obat alami beberapa penyakit, salah satunya asam urat. Khasiat daun kumis kucing untuk asam urat terdapat pada senyawa orthosiphonin yang dapat membantu penurunan kadar purin dalam tubuh dan sebagai diuretik alami. Anda dapat membuat ramuan daun kumis kucing dengan mencampurkan 10 gram daun kumis kucing yang dikeringkan, 10 gram daun meniran kering, 15 gram jahe merah dan 5 gelas air. Kemudian merebusnya hingga sisa 2,5 gelas air saja. Anda dapat meminum ramuan ini 2 kali sehari secara rutin.

Sponsors Link

6. Mahkota dewa

Kandungan flavonoid yang ada di dalam buah mahkota dewa membuatnya sangat bermanfaat bagi penderita asam urat. Flavanoid ini akan membantu Anda mengurangi rasa sakit dan peradangan sendi akibat asam urat. Sifat anti-perurisemia yang ada dalam daging buah mahkota dewa berfungsi untuk mengurangi kadar asam urat yang tinggi; senyawa alkaloid akan bersifat sebagai anti-toxin yang mengurangi potensi infeksi dan senyawa saponin dapat mengurangi resiko pembengkakan sendi akibat asam urat. Anda dapat merebus daging buah mahkota dewa sebanyak 30-45 gram dengan 400 ml air dan menyeduhnya selagi hangat.

7. Sambiloto

Sambiloto merupakan salah satu tanaman obat-obatan yang mudah tumbuh di sekitar rumah. Manfaat sambiloto untuk asam urat berasal dari kandungan senyawa kimia flavonoid yang akan membantu mengurangi rasa sakit akibat serangan asam urat. Selain itu daun sambiloto juga mengandung senyawa kimia lain seperti aldeheid alkane, keton dan berbagai jenis mineral yang baik untuk kesehatan. Anda dapat merebus daun sambiloto kering sebanyak 10 gram dengan 10 gram temulawak kering dalam 5 gelas air hingga tersisa 3 gelas air saja. Minumlah tiga kali sehari dengan aturan 2 jam sesudah makan atau 1 jam sebelum makan.

8. Salam

Selain dimanfaatkan sebagai bumbu masakan, daun salam juga memiliki manfaat untuk asam urat. Kandungan flavonoid yang ada di dalam daun ini mampu membantu mengurangi rasa sakit di area persendian akibat asam urat. Cara mengobati asam urat dengan daun salam yaitu Anda dapat merebus 7 lembar daun salam dan 2 gelas air hingga mendidih dan tersisa 1 gelas air saja. Anda dapat meminumnya dua kali sehari, di pagi dan sore hari.

Sponsors Link

9. Daun Sirsak

Senyawa alkaloid dan flavonoid yang terkandung dalam daun sirsak akan membantu anda mengalkalin urine dan mengurangi rasa nyeri akibat penyakit asam urat. Cara mengobati asam urat dengan daun sirsak yaitu Anda dapat merebus 6-10 helai daun sirsak yang baru saja dipetik yang sudah dipotong dan dicuci bersih ke dalam 2 gelas air hingga tersisa segelas air saja. Anda dapat meminumnya secara rutin setiap hari.

10. Sidaguri

Khasiat sidaguri untuk asam urat berasal dari kandungan senyawa kimia alkaloid yang ada di dalam tanaman sidaguri sangat bermanfaat untuk menetralisir pH dalam tubuh penderita asam urat. Selain alkaloid, beberapa senyawa kimia lain seperti kalsium oksalat, saponin, asam amino, fenol, dan beberapa mineral baik juga sangat bermanfaat untuk menderita asam urat. Anda dapat merebus 30 gram daun sidaguri ke dalam 300 cc air hingga tersisa setengahnya. Minumlah ramuan ini secara rutin setiap pagi.

Nah itulah tadi beberapa tanaman ampuh untuk asam urat tinggi yang bisa Anda coba. Apabila asam urat yang Anda derita sudah parah, sebaiknya Anda juga mengonsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Herbal