Sponsors Link

5 Tanaman Obat Asam Urat dan Rematik Paling Ampuh dan Manjur

Sponsors Link

Asam urat adalah sebuah kondisi yang terjadi dimana kadar zat asam urat mengalami peningkatan. Adanya peningkatan zat asam tersebut disebabkan karena terjadinya penumpukan purin. Kondisi tersebut dapat menyebabkan nyeri yang tak tertahan, persendian terasa panas dan juga terjadi pembengkakan pada sendi-sendi. Bagian yang paling sering terjadi asam urat biasa bagian lutut, pergelangan kaki, jari-jari tangan dan juga sendi jari kaki.

ads

Orang yang menderita asam urat akan merasa kesakitan pada sendi-sendi, sehingga banyak orang mencari-cari obat yang dapat menyembuhkan asam urat. Cara menurunkan asam urat tinggi secara alami selain dengan mengkonsumsi obat-obat pengantar dokter ataupun obat yang telah diracik apoteker rupanya ada beberapa jenis tanaman yang mempunyai khasiat ampuh dalam mengobati asam urat maupun rematik. Kita dapat memanfaatkan tanaman yang ada disekitar kita untuk mengobati asam urat dan juga rematik. Lalu apa saja tanaman obat asam urat dan rematik yang dapat mengobati asam urat dan rematik? Simak pembahasannya dibawah ini:

1. Daun Salam

Jenis tanaman obat yang pertama yaitu daun salam. Daun salam selain dijadikan bahan pelengkap masakan rupanya memiliki banyak sekali khasiat untuk kesehatan salah satunya untuk obat asam urat dan reumatik. Pada daun salam terkandung flavonoid, tannin dan juga minyak atsiri yang dapat menyembuhkan dan juga mencegah penyakit asam urat dan reumatik.

Cara menggunakan daun salam untuk obat asam urat yaitu siapkan sekitar 10 lembar daun salam lalu rebus daun salam kemudian tambahkan batang serai pada rebusan daun salam. Setelah kadar air mulai berkurang, angkat rebusan lalu biarkan hingga dingin. Setelah dingin minumlah air rebusan tersebut sebanyak 1 gelas dalam sehari. Rebusan daun salam merupakan salah satu jenis minuman untuk asam urat.

2. Kumis Kucing

Kumis kucing sangat dipercaya dapat mengatasi berbagai jenis penyakit, salah satunya khasiat daun kumis kucing untuk asam urat. Kandungan orthosiphonin glikosida dan juga diuretik, kandungan tersebut mempunyai manfaat untuk merangsang pengeluaran zat asam urat yang dikeluarkan melalui urin. Tanaman kumis kucing sangat mudah ditemukan dimana saja, biasanya sering tumbuh liar disekitar pinggir sungai ataupun pinggir-pingir selokan bahkan saat ini banyak orang yang menanam kumis kucing di depan halaman rumahnya.

Cara penggunaan kumis kucing yaitu dengan mencuci kumis kucing hingga bersih  lalu rebus dan campurkan dengan garam dan juga gula. Selain itu dapat dikombinasikan dengan sawi tanah kering, meniran kering, jahe merah dan juga kapulaga kering. Caranya yaitu geprek jahe merah lalu cuci semua bahan hingga bersih setelah dicuci dengan bersih campurkan semua bahan lalu rebus. Biarkan air hingga mendidih lalu angkat rebusan dan dinginkan. Minuman herbal kumis kucing pun sudah dapat dikonsumsi 3 kali sehari dengan takaran 150ml.

3. Sambiloto

Sambiloto merupakan tanaman herbal yang berasal dari India, akan tetapi tanaman sambiloto dapat tumbuh dengan subur di Indonesia. Sambiloto merupakan salah satu tanaman herbal yang mempunyai manfaat sambiloto untuk asam urat. Sambiloto disebut dengan tanaman jamu, hampir seluruh bagian dari tanaman sambiloto dapat dijadikan obat. Sambiloto mengandung zat kalsium dan natrium yang cukup tinggi dibandingkan dengan tumbuhan lainnya. Selain itu sambiloto juga mengandung keton, flavanoid, aldehid dan juga alkaline. Cara penggunaan sambiloto dapat dengan meminum air rebusan daun ataupun dengan menumbuk bagian ranting sambiloto lalu dicampurkan dengan kunyit.

Sponsors Link

4. Daun Anting-anting

Jenis tanaman obat asam urat dan reumatik yang keempat yaitu daun anting-anting. Daun anting-anting merupakan salah satu daun untuk menurunkan asam urat biasanya tumbuh berdampingan rumput dan sering dianggap hama. Daun anting mempunyai khasiat untuk asam urat. Pada daun anting-anting terdapat kandungan zat yang memberikan efek sejuk seperti astringen. Zat yang menyembuhkan asam urat dan reumatik yaitu zat flavonoid, saponin, dan juga tannin. Cara mengkonsumsi daun anting yaitu dengan dikonsumsi sebagai sayuran, konsumsilah secara teratur. Cara lainnya yaitu dengan merebus daun anting-anting dengan 3 gelas air dan tunggu hingga mendidih, diamkan air hingga hangat setelah itu saringlah. Air yang telah disaring maka telah siap di konsumsi.

5. Brotowali

Jenis tumbuhan yang terakhir yaitu brotowali. Brotowali merupakan jenis tanaman herbal yang tumbuh secara merambat dan hidup di tempat tropis. Tanaman brotowali biasanya banyak tumbuh subur di pulau Sumatera khususnya Lampung dan juga di pulau Jawa di Banten dan Serang. Bagian brotowali yang dapat dijadikan obat yaitu bagian batang. Brotowali sangat ampuh untuk mengobati penyakit asam urat dan reumatik.

Sponsors Link

Brotowali mempunyai rasa yang pahit akan tetapi memberikan rasa sejuk. Bagian batang brotowali dapat menyembuhkan asam urat dan juga rematik hal ini dikarenakan pada batang brotowali terkandung alkaloid, glikosida, dammar lunak, harsam berberin, dll. Cara penggunaan brotowali untuk asam urat yaitu dengan merebus batang kering brotowali, rebus hingga air menyurut lalu tiriskan hingga dingin dan minuman brotowali sudah dapat dikonsumsi.

Selain lima jenis tanaman diatas ada beberapa jenis tanaman obat asam urat dan rematik lainnya diantaranya yaitu daun sirsak, daun mangga, jahe merah, biji seledri dan sidaguri. Selain dengan menggunakan tanaman obat untuk mengatasi penyakit asam urat dan reumatik hal yang paling penting yaitu menjaga pola hidup sehat. Konsumsilah makanan yang sehat, istirahat yang cukup dan rutin berolahraga karena olahraga mempunyai banyak manfaat olahraga bagi penderita asam urat. Sekian pembahasan mengenai tanaman obat asam urat dan reumatik. Semoga artikel ini bermanfaat.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Herbal