Sponsors Link

Temulawak untuk Asam Urat : Khasiat – Cara Mengolah – Efeknya

Sponsors Link

temulawakTemulawak merupakan salah satu jenis tanaman yang banyak dikenal masyarakat karena mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan. Pemanfaatannya sebagai obat herbal pun telah banyak dilakukan semenjak dahulu kala. Oleh karena kebutuhan akan temulawak yang terus meningkat, maka, tanaman yang termasuk ke dalam tanaman liar ini pun mulai banyak dibudidayakan.

ads

Di Indonesia sendiri, sudah banyak daerah yang mulai melakukan budidaya tanaman temulawak. Pembudidayaan temulawak sudah banyak ditemui di beberapa daerah di Indonesia seperti Maluku, Kalimantan, dan Jawa. Temulawak memiliki batang yang berwarna hijau pada saat masih muda dan berubah warna menjadi cokelat gelap ketika sudah tua.

Berbeda dengan kebanyakan jenis tanaman, temulawak termasuk tumbuhan yang tidak terlalu besar. Tinggi batang temulawak rata-rata hanya mencapai 200 cm. Namun demikian, temulawak mengandung sejumlah senyawa aktif seperti minyak atsiri, glukosidan, flavonoi, kurkuminoi, dan zat tepung. Dengan berbagai senyawa aktif yang terkandung di dalamnya, tidak heran jika temulawak tersebut seringkali dimanfaatkan sebagai obat herbal untuk mengobati suatu penyakit.

Salah satu penyakit yang dapat disembuhkan oleh temulawak adalah penyakit asam urat. Penyakit asam urat adalah kondisi dimana tubuh mengandung zat purin yang berlebih, dimana zat purin tersebut diolah menjadi asam urat. Apabila kadar asam urat di dalam tubuh berlebih, ginjal tidak akan mampu mengeluarkannya dalam jumlah yang banyak sehingga terjadi penumpukan asam urat di dalam tubuh. Kondisi ini akan menyebabkan kristal-kristal asam urat menumpuk di bagian persendian dan menimbulkan rasa nyeri, bengkak, bahkan hingga meradang.

Namun demikian, penyakit ini dapat memperoleh penanganan asam urat secara tradisional. Salah satunya cara menurunkan asam urat tinggi secara alami adalah dengan obat tradisional temulawak. Temulawak mengandung kurkuminoid yang bersifat sebagai anti-peradangan alami, sehingga mampu mengatasi gejala peradangan sendi sebagai akibat dari penyakit asam urat.

Cara Mengolah Temulawak

Cara pertama yang dapat Anda lakukan untuk mengambil manfaat dari temulawak untuk asam urat, adalah dengan membuat minuman sari temulawak yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Cara pembuatannya pun relatif mudah, yakni:

  • Bahan-bahan yang dibutuhkan diantaranya 2 rimpang temulawak, daun kumis kucing 1 genggam, dan daun meniran 1 genggam, serta gula batu secukupnya.
  • Cuci bersih bahan-bahan tersebut (kecuali gula batu)
  • Kupas temulawak dan potong tipis-tipis
  • Masukkan seluruh bahan-bahan tersebut ke dalam panci kemudian tambahkan air bersih sebanyak 1000 ml.
  • Rebus temulawak hingga airnya tinggal separuh. Jangan merebusnya di panci alluminum, karena unsur alluminium bisa bereaksi terhadap senyawa temulawak sehingga menyebabkan keracunan.
  • Angkat dan saring air rebusan bahan-bahan tersebut
  • Tunggu hingga dingin dan minum secara rutin sebanyak 1 gelas per hari.

Selain itu, ada juga cara mengobati penyakit asam urat dan rematik dengan temulawak, yaitu:

  • Siapkan 20 gram temulawak dan 20 gram jahe merah
  • Rebus ke dalam 400 cc air hingga air tersisa separuh
  • Saring air rebusan tersebu dan minum selagi hangat
Sponsors Link

Efek Samping Temulawak

Setelah membahas banyak mengenai temulawak dimulai dari kandungan gizi di dalamnya, manfaat-manfaatnya, serta cara pengolahan temulawak untuk menjadi obat asam urat, akan lebih baik apabila kita juga membahas mengenai efek samping dan hal-hal yang perlu diperhatikan saat mengonsumsi temulawak. Meskipun temulawak adalah salah satu obat herbal untuk asam urat, namun, tidak dapat dipungkiri bahwa konsumsi temulawak secara berlebihan akan menimbulkan gejala-gejala berikut, yaitu:

  • Temulawak dapat menimbulkan rasa mual dan gangguan lambung apabila dikonsumsi secara berlebihan.
  • Bagi pasien yang menderita masalah di bagian empedu atau sedang mengalami penyumbatan saluran empedu, tidak disarankan untuk mengonsumsi temulawak. Sebab, temulawak dapat merangsang produksi empedu di dalam tubuh sehingga pasien gangguan empedu beresiko mengalami kondisi yang lebih parah apabila mengonsumsi temulawak. Bahkan, pasien dapat keracunan empedunya sendiri akibat dari produksi empedu yang berlebihan.
  • Temulawak dapat bekerja untuk membantu menurunkan kadar lemak pada darah. Sehingga, apabila Anda mengonsumsi temulawak bersama dengan obat yang berjenis pengencer darah, maka dikhawatirkan hal tersebut justru akan mengakibatkan terjadinya pendarahan.
  • Kandungan kurkuma pada temulawak dapat meningkatkan nafsu makan. Sehingga saat anda mengonsumsi ramuan temulawak, akan merasakan lapar lebih cepat dari biasanya. Oleh karena itu, temulawak banyak dijadikan sebagai bahan alami untuk meningkatkan nafsu makan pada anak-anak.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai temulawak untuk asam urat. Tidak hanya asam urat, temulawak juga memiliki berjuta khasiat lain baik dalam bidang kesehatan maupun dalam bidang yang lainnya.

, , , , ,



Oleh :
Kategori : Herbal