Sponsors Link

Terapi Baking Soda Untuk Asam Urat 100% Ampuh  

Sponsors Link

Penyakit asam urat adalah penyakit yang di picu oleh pengendapan purin yang ada di dalam tubuh. Makanan dan minuman penyebab asam urat lah yang bisa menyebabkan purin dalam tubuh menjadi meningkat. Purin yang meningkat akan mengakibatkan adanya pengkristalan asam urat. Pada proses normalnya asam urat seharusnya bisa di ekresikan oleh ginjal untuk kemudian dibuang melalui urin dan feses, namun dikarenakan penumpukan yang sudah sangat melebihi batas normal tubuh maka asam urat malah mengendap dan disalurkan darah keseluruhan persendian tubuh. Akibatnya tanda-tanda asam urat mulai bermunculan.

ads

Sehingga ada baiknya jika Anda sudah mengetahui bahwa kadar asam urat tubuh Anda dalam kadar yang tinggi sebaiknya Anda segera mengatasinya. Bisa dengan melakukan diet rendah purin atau dengan terapi obat herbal asam urat. Salah satu terapi yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi asam urat adalah terapi baking soda untuk asam urat.

Manfaat Terapi Baking Soda Untuk Asam Urat

Baking soda juga bisa Anda jadikan sebagai salah satu bahan terapi untuk asam urat atau dikenal juga dengan penyakit gout. Beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan:

  • Mengatasi keluhan asam urat

Terapi baking soda akan mengakibatkan adanya obat anti inflamasi no steroid yang sangat  efektif untuk mengurangi keluhan atau tanda-tanda asam urat seperti rasa nyeri, pembengkakan, rasa kaku dan yang lainnya. Keluhan kerap kali menjadi salah satu pengganggu Anda saat akan melakukan aktivitas. Karena keluhan penyakit asam urat biasanya akan terjadi secara tiba-tiba. Sangat mengganggu jika Anda sedang istirahat lalu gejala tiba-tiba muncul. Dengan melakukan terapi baking soda, sedikit demi sedikit Anda akan mengurangi keluhan tersebut. Terapi ini akan menyebabkan OAINS dan indomestarin atau salah satu obat anti inflamasi non steroid lebih efektif. OAINS bersifat lemah sehingga mampu mengatasi keluhan asam urat.

  • Mencegah adanya pengendapan purin

Asam urat memiliki sifat asam, termasuk salah satunya asam lemah. Asam urat yang ada pada cairan sendi tidak bisa mengakibatkan serangan jika tidak ada endapan kristal asam urat yang kemudian dimakan oleh sel imun tubuh. Baking soda akan menaikkan pH darah menjadi lebih tinggi atau menjadi lebih basa. Kenaikan tersebut memang akan merugikan untuk tubuh namun naiknya pH akan mencegah adanya pengendapan asam urat menjadi kristal. Asam urat akan terus larut dalam darah, dan kelebihannya mudah di ekresikan oleh ginjal.

Namun selain manfaat, baking soda juga memiliki pengaruh negatif. Yaitu kandungan natrium garam yang ada di dalam baking soda masuk dalam kategori cukup tinggi. Sehingga saat melakukan terapi, kandungan natrium dalam tubuh juga akan ikut tinggi. Natrium akan menarik air dan menyebabkan terjadinya hipertensi. Sehingga baking soda tidak menjadi pemicu asam urat tapi menjadi pemicu hipertensi.

Cara Menggunakan Baking Soda Untuk Terapi Asam Urat

Untuk membuat ramuan obat herbal untuk asam urat dari baking soda, Anda perlu menyiapkan bahan-bahan berikut:

  • ½ sendok teh baking soda
  • 250 mili air hangat

Cara pengolahan nya: Aduk rata baking soda bersama air hangat, lalu Anda bisa mengkonsumsi nya.

Selain menggunakan baking soda Anda juga bisa melakukan terapi dengan bahan-bahan herbal lainnya seperti :

  • Cengkeh

Obat herbal untuk asam urat berikutnya adalah cengkeh. Cengkeh juga merupakan salah satu bahan alami yang ampuh digunakan untuk pengobatan asam urat secara alami. Pengolahan cengkeh biasanya dicampur dengan jahe dengan perbandingan bahan sama.

Sponsors Link

  • Jahe

Jahe biasanya juga digunakan sebagai minuman penghangat yang dicampur dengan susu atau teh. Manfaat lain dari jahe adalah sebagai pengobatan penderita asam urat. Jahe membantu tubuh memperlancar sirkulasi darah untuk mengeluarkan tumbukan asam urat dalam persendian.

  • Kumis kucing

Kumis kucing ternyata juga mengandung senyawa orthosiphonin. Senyawa tersebut berperan penting untuk membuang kelebihan zat asam urat di dalam tubuh penderita asam urat. Sifat diuretik pada kumis kucing mampu melarutkan zat kristal asam urat dan mengeluarkannya bersama dengan air kencing.

  • Bidara

Bidara adalah jenis tanaman obat. Kandungan utama pada tanaman bidara mencakup flavonoid, keton, kalsium, natrium, alkane dan aldehid. Tanaman bidara bisa menjadi salah satu pilihan bahan herbal untuk membantu mengobati asam urat.

Itulah pembahasan mengenai terapi baking soda untuk asam urat. Namun harus diingat bahwa Anda tidak dianjurkan megkonsumsi baking soda terlalu sering karena bisa memicu hipertensi. Anda bisa melakukan terapi ini 3 kali dalam 1 minggu.

, , ,



Oleh :
Kategori : Herbal