Sponsors Link

Manfaat Terapi Bekam Untuk Asam Urat

Sponsors Link

Bekam adalah salah satu pengobatan dengan memanfaatkan alat khusus untuk mengeluarkan zat purin dalam tubuh. Terapi bekam juga adalah salah satu pengobatan yang memiliki efek analgetik, anti bengkak serta dapat mengusir anging dan juga membuang racun yang tidak dibutuhkan oleh tubuh. Bekam kerap dijadikan salah satu pengobatan alternative. Salah satunya adalah untuk mengobati asam urat. Asam urat adalah salah satu penyakit yang disebakan karena penumpukan purin dalam tubuh yang melebih batas normal. Asam urat juga kerap kali menyeri bagian persendian. Banyak sekali hal yang bisa mengakibatkan kandungan purin dalam tubuh semakin meningkat, seperti: Mengkonsumsi makanan penyebab asam urat, mengkonsumsi alkohol dan soda secara berlebihan, merokok, dan yang lain nya. Atau ada juga faktor penyebab bawaan atau genetik. Lalu apa Manfaat terapi bekam untuk asam urat? Berikut ulasannya.

ads

Manfaat melakukan terapi bekam untuk asam urat

Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa dengan melakukan terapi bekam maka dapat membantu para penderita asam urat. Berikut adalah manfaat yang bisa diperoleh ketika melakukan terapi bekam untuk asam urat.

  1. Terapi bekam dapat membantu Anda mengeluarkan kristal asam urat dalam tubuh yang menumpuk terutama pada bagian sendi dan jaringan sekitarnya. Bagian sendi yang paling sering terkena asam urat adalah bagian tangan dan kaki. Sehingga dengan melakukan bekam rasa nyeri bisa berkurang dan mencegah terjadinya peradangan, pembengkakan serta gejala asam urat yang lainnya. Jika Anda melakukan terapi asam urat dengan rutin, gejala asam urat akan berangsur-angsur berkurang.
  2. Bekam juga bisa membuat zat prostalglandin dari bagian yang terasa sakit sehingga rasa sakit sedikit-sedikit akan mulai berkurang dengan sendirinya.
  3. Bekam juga bisa memicu adanya sekresi endofrin dan juga enkefalin yang ada pada tubuh sehingga akan sangat bermanfaat untuk meredakan rasa sakit secara alami.
  4. Jika terdapat masalah lainnya di dalam tubuh yang menyebabkan terjadi peningkatan kadar asam urat, seperti menderita penyakit ginjal. Dengan melakukan bekam akan membantu agar meningkatkan kemampuan kerja ginjal saat mengerjakan tugasnya untuk mengeluarkan kristal asam urat melalui saluran urin.
  5. Bekam yang melalui zat nitrit oksida (NO) sehingga akan mengurangi adanya pembengkakan pada bagian sendi yang terasa sakit.

Hal yang harus diperhatikan saat akan melakukan bekam:

Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda lakukan sebelum dan sesudah berbekam

1. Mandi

Sebelum Anda melakukan terapi bekam, sangat dianjurkan untuk mandi terlebih dahulu. Mandi dengan air hangat juga menjadi pilihan yang paling baik dan disarankan. Karena bekam merupakan proses penyedotan yang biasa dilakukan pada bagian luar tubuh atau kulit. Sehingga membersihkan tubuh ketika akan berbekam bisa membuat Anda menjadi sangat nyaman.

2. Sampaikan apa yang menjadi keluhan tubuh Anda

Saat Anda mengunjungi klinik bekam untuk melakukan terapi, sebaiknya sampaikanlah apa yang menjadi keluhan Anda. Sehingga petugas bekam yang akan membantu Anda bisa melakukan bekam sesuai dengan keluhan dan akan lebih efektif untuk menyembuhkan penyakit asam urat dengan baik. Terapis yang sudah professional juga biasanya dapat melakukan beberapa pemeriksaan kesehatan lebih dulu seperti pemeriksaan tensi dan detak jantung.

3. Kosongkan perut lebih dulu

Anda juga ada baiknya mengosongkan perut sebelum memulai terapi bekam, sekitar 2 sampai 5 jam sebelum bekam. Usahakanlah saat melakukan bekam juga perut berada pada kondisi yang normal, artinya tidak dalam keadaan lapar atau kekenyangan.

4. Tidur sebelum berbekam

Jika Anda sedikit merasa kelelahan sebelum melakukan bekam, ada baiknya Anda istirahat lebih dulu. Sebab saat Anda berbekam dengan kondisi kelelahan maka bekam akan tidak berjalan dengan maksimal.

5. Mandi setelah berbekam

Setelah berbekam untuk kembali membersihkan badan sebaiknya Anda melakukan 3-6 jam setelah melakukan terapi. Ini berguna untuk membiarkan luka kecil akibat terapi dapat tertutup dulu dengan baik.

Sponsors Link

6. Beristirahat

Anda juga di anjurkan untuk beristirahat setelah melakukan bekam. Beristirahat bisa dibarengi dengan mengkonsumsi makanan untuk penambah darah dan juga gizi.

Itulah ulasan artikel mengenai manfaat terapi bekam untuk asam urat yang bisa coba Anda lakukan karena bekam merupakan salah satu  cara mencegah asam urat. Jika Anda menderita asam urat dan ingin mencobanya, kunjungi lah rumah bekam yang memang professional dan sudah terbiasa menangani bekam untuk penderita asam urat. Kelebihan terapi bekam dibandingkan konsumsi obat asam urat di apotik adalah terapi bekam tidak memiliki efek samping seperti pusing atau merasa lemas, karena selesai Anda melakukan terapi bekam biasanya badan akan terasa lebih bugar. Agar kondisi asam urat semakin membaik, Anda bisa mengimbangi nya dengan mengkonsumsi  makanan untuk penderita asam urat.

, , , ,



Oleh :
Kategori : Pengobatan