Sponsors Link

Terapi Pete Untuk Asam Urat dan Kesehatan

Sponsors Link

Pete, petai atau melanding merupakan makanan yang bisa ditemukan dimana saja. Pete sudah tumbuh di berbagai penjuru nusantara. Beberapa orang senang menikmati pete bersama dengan sambal, ikan asin dan lalaban. Namun tahukah Anda? ternyata tidak hanya nikmat untuk dimakan saja, pete juga ternyata memiliki manfaat untuk terapi asam urat dan kesehatan. Untuk lebih jelasnya berikut adalah ulasan terapi pete untuk asam urat dan kesehatan.

ads

Kandungan Pete

Pete sangatlah bermanfaat untuk asam urat, namun bukan pete biasa ya, karena yang hanya akan memberikan manfaat adalah pete cina. Beberapa kandungan yang terdapat pada pete cina diantaranya adalah:

  1. Vitamin C
  2. Vitamin A
  3. Vitamin B1
  4. Karbohidrat
  5. Lemak
  6. Zat Besi
  7. Fosfor
  8. Kalsium
  9. Protein
  10. Tanin
  11. Flavonoid
  12. Saponid

Melihat 12 kandungan diatas sudah jelas bahwa pete cina akan sangat memberikan manfaat saat kita memakannya.

Pete Cina Untuk Asam Urat

Sebelumnya sudah dijelaskan mengenai kandungan yang ada pete cina, maka selanjutnya Anda perlu mengetahui apa manfaat pete cina untuk asam urat, berikut adalah beberapa manfaatnya:

  • Pete cina sebagai obat anti radang

Peradangan adalah hal yang biasa terjadi pada penderita asam urat. Ini disebabkan karena penumpukan purin dalam tubuh yang disebabkan makanan dan minuman mengandung tubuh. Purin adalah zat yang menjadi pemicu terjadinya kenaikan asam urat, jika terus saja masuk pada tubuh tanpa adanya batasan maka kemungkinan penumpukan akan semakin parah. Purin yang menumpuk kemudian akan menjadi pemicu asam urat untuk membentuk kristal asam urat dan disalurkan oleh darah pada sela-sela persendian. Setelah tersimpan dalam sela persendian dalam waktu lama, maka peradangan pun akan terjadi dan mengakibatkan timbulnya tanda-tanda asam urat. Kandungan saponin yang ada dalam pete cina sangat bermanfaat untuk mengatasi radang karena memiliki sifat anti inflamasi dan anti radang. Sehingga Anda bisa memanfaatkan pete cina untuk meringankan peradangan akibat asam urat.

  • Pete cina sebagai obat anti nyeri

Setelah mengalami peradangan, penyakit asam urat yang didiamkan dalam jangka waktu yang lama akan mulai timbul gejala asam urat, salah satunya adalah nyeri. Rasa nyeri biasanya akan timbul pada sekitar sendi yang terserang asam urat, perkembangan rasa nyeri juga bisa terus bertambah jika asam urat benar-benar tidak diatas dengan cepat. Anda bisa merasakan sensasi panas, sendi kemerehan hingga adanya bengkak. Untuk mengatasi peradangan yang akan menimbulkan nyeri, Anda bisa memanfaatkan pete untuk mengatasinya. Karena saponin akan bertindak sebagai anti radang, maka otomatis saponin juga akan bertindak sebagai anti nyeri yang akan meringankan nyeri akibat asam urat.

Pete Cina Untuk Kesehatan

Selain untuk asam urat, pete cina juga sangat bermanfaat untuk kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan:

  • Pete cina mencegah diare

Diare tentunya akan membuat Anda merasa tidak nyaman, karena harus bolak-balik ke kamar mandi dan juga perut akan terasa sakit. Kandungan flavonoid dan juga tannin yang ada dalam pete cina mampu mengeraskan dinding lambung sehingga akan membantu mengatasi diare.

Sponsors Link

  • Melancarkan haid

Bagi perempuan kelancaran haid akan menandakan bahwa dirinya sehat. Pete cina mampu membantu melancarkan haid pada perempuan. Kandungan vitamin A nya juga sangat baik untuk membersihkan darah.

  • Pete cina meningkatkan kecerdasan

Fungsi tubuh seperti sistem saraf yang ada dalam tubuh sangat membutuhkan vitamin B1 agar bisa melakukan aktivitas dengan baik. Keadaan sistem saraf yang baik akan meningkatkan kecerdasan seseorang. Sehingga vitamin B1 bisa berperan sebagai salah satu zat yang membantu peningkatan kecerdasan karena pete cina memiliki kandungan vitamin tersebut, Anda bisa konsumsi pete cina sekaligus mendapatkan manfaatnya.

  • Mencegah terjadinya diabetes

Diabetes atau terlalu tinggi kadar asam gula dalam darah juga bisa diatasi dengan cara mengkonsumsi pete cina, kandungan saponin yang ada dalam pete cina diyakini biasa mencegah terjadinya diabetes khususnya pada diabetes tipe 2.

Tips Memasak Pete Untuk Terapi Asam Urat

  • Jika Anda ingin menambahkan minyak, gantilah minyak sayur dengan minyak zaitun.
  • Ada baiknya Anda memakan pete langsung tanpa dimasak karena kandungannya masih benar-benar utuh.
  • Jika Anda sedang melakukan diet rendah purin, Anda bisa mencampurkan pete dengan menu makanan jenis sayuran harian Anda. Masak menjadi satu menu agar lebih efektif.
  • Pastikan mengkonsumsi dalam porsi yang wajar agar tidak menimbulkan efek samping yang buruk.

Itulah pembahasan mengenai terapi pete untuk asam urat dan kesehatan. Anda juga sebaiknya menghindari konsumsi pantangan makanan bagi penderita asam urat agar tidak memicu kenaikan asam urat secara tiba-tiba.

, , , ,