Sponsors Link

8 Tips Agar Asam Urat Tidak Kambuh Terus Menerus

Sponsors Link

Tidak jarang, penyakit asam urat biasa menyerang orang-orang yang lanjut usia baik laki-laki maupun perempuan. Namun, ada beberapa penelitian yang menyatakan bahwa asam urat dapat menyerang mereka yang berusia muda. Asam urat merupakan penyakit yang disebabkan kelebihan zat purin di dalam tubuh sehingga produksi asam urat yang berasal dari purin tersebut juga semakin meningkat. Hal ini menyebabkan asam urat dalam darah tidak dapat dikeluarkan melalui urin secara maksimal dan mengendap dalam tubuh dalam bentuk peradangan pada persendian.

ads

Bagi anda yang sudah menderita asam urat, terkadang rasa nyeri pada persendian dan area organ tubuh tertentu selalu menyerang sehingga menyebabkan aktivitas anda terganggu. Berikut beberapa tips agar asam urat tidak kambuh sewaktu-waktu:

1. Tidak Melakukan Aktivitas Terlalu Berat

Untuk melancarkan metabolisme tubuh dan melatih pertumbuhan otot anda, maka anda harus melakukan aktivitas fisik. Aktivitas fisik sangat baik untuk kesehatan dan tidak membuat tubuh anda kaku. Beberapa manfaat aktivitas fisik itu diantaranya:

  • Memperkuat jantung
  • Mengurangi kolesterol dan lemak berbahaya dalam darah
  • Menjaga dinding pembuluh darah tetap fleksibel dan menurunkan tekanan darah
  • Memperkuat paru-paru
  • Menurunkan kadar gula darah
  • Mengontrol berat badan

Semua manfaat di atas akan di dapat jika aktivitas yang dilakukan tidaklah terlalu berat. Aktivitas yang terlalu berat justru menyebabkan otot-otot anda bekerja secara berlebihan sehingga bukan manfaat yang baik yang didapatkan melainkan sebaliknya. Berkaitan dengan asam urat yang merupakan sumber serangannya adalah pada persendian, maka aktivitas yang terlalu berat ini perlu anda jauhi. Bagian-bagian tubuh anda yang biasa terkena asam urat sewaktu-waktu akan kambuh karena keadaan tubuh yang sudah terlalu lelah.

Orang sehat pun yang melakukan aktivitas melebihi batas kemampuan akan mengalami kelelahan bahkan cidera dan sakit. Bagaimana bagi yang sudah mempunyai riwayat asam urat. Hal ini tentu tidak anda inginkan, bukan?Anda boleh melakukan aktivitas sehari-hari, seperti mencuci baju, menyapu rumah, mengajar, atau berkebun. Jangan lupa untuk istirahat yang cukup setiap hari.

2. Rajin Olahraga

Salah satu gaya hidup sehat agar asam urat anda tidak kambuh ialah dengan berolahraga. Manfaat olahraga bagi penderita asam urat adalah dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, juga dapat meningkatkan kekuatan otot dan kepadatan tulang dan meningkatkan kekebalan tubuh anda.

Olahraga yang baik dan benar disesuaikan teknik yang dilakukan. Anda bisa  melakukan pemanasan terlebih dahulu selama 5 hingga 10 menit lalu diikuti dengan latihan inti selama 20 menit dan pendinginan selama 5 hingga 10 menit. Olahraga tidak harus anda lakukan setiap hari. anda bisa melakukannya tiga hingga 5 kali seminggu.

3. Minum Air Putih

Selain melakukan olah raga rutin, anda harus rajin minum air putih. Air merupakan salah satu unsur bagi tubuh anda yang sangat dominan dan penting bagi efektivitas fungsi tubuh kita secara keseluruhan. Organ, jaringan tubuh dan sel-sel dalam tubuh kita terdiri dari 50 -70% massa air sehingga anda sangat bermanfaat jika rutin meminum air putih.

Seorang mahasiswa program studi keperawatan Stikes Umitra Lampung, Encep Irawan, telah melakukan penelitian tentang terapi air putih untuk penderita asam urat. Hasilnya menyatakan bahwa asam urat dapat menurun dengan adanya terapi air putih. Sehingga air putih pun dapat juga mencegah agar asam urat anda tidak kambuh lagi.

4. Menghindari Makanan yang Menyebabkan Tingginya Asam Urat

Makanan penyebab asam urat tinggi adalah makanan yang mengandung purin tinggi. Karena purin yang berlebihan inilah yang menyebabkan asam urat di dalam darah ada dalam batas melebihi normal. Makanan-makanan yang perlu dihindari agar asam urat tidak kambuh yaitu:

Sponsors Link

  • Golongan A : Makanan dengan kandungan purin tinggi (150-800 mg/100 gram makanan). Seperti hati, jeroan, udang, remis, kerang, sarden, ekstrak daging (abon, dendeng), alkohol serta makanan dalam kaleng.
  • Golongan B: Makanan yang mengandung purin sedang (50-150 mg/100 gram makanan). seperti keju, kacang-kacangan, daging sapi.
  • Golongan C: Makanan dengan kandungan purin ringan (0-5 mg/100 gram makanan). Seperti keju, telur, buah-buahan seperti durian dan air kelapa.

Anda masih dapat mengkonsumsi makanan golongan B dan C sesuai dengan batasan tertentu.

5. Melakukan Diet Rutin

Diet rendah purin harus anda lakukan untuk mencegah naiknya asam urat sehingga mencegah pula kambuhnya asam urat. Karena makanan yang mengandung purin tinggi yang menyebabkan kadar asam urat naik, maka anda harus mengurangi konsumsi makanan yang mengandung purin tinggi.

Beberapa menu diet yang harus anda makan, atau makanan yang mengandung purin rendah adalah seperti telor, susu buah pisang, dan nanas. Anda juga harus mengkombinasikannya dengan karbohidrat, vitamin dan penambah cairan tubuh atau air putih. Anda dapat melakukan diet sampai kadar asam urat dalam darah menjadi normal. Kadar asam urat yang normal yaitu berkisar 3,4 – 7 mg/dl.

6. Mampu Mengatur Stress

Stress berhubungan dengan keadaan psikologis. Jika keadaan jiwa anda baik, selalu merasa positif, maka akan memberikan daya positif pula terhadap tubuh anda. Namun sebaliknya, jika selalu memikirkan hal-hal yang memberatkan pikiran, keadaan stress anda akan semakin rumit sehingga dapat berakibat tidak baik bagi kesehatan tubuh.

Maka dari itu, anda harus selalu mampu mengatur stress agar selalu berpikiran positif sehingga memberikan ketenangan. Selalu berpikir positif bahwa asam urat anda akan sembuh, tanpa menjadikannya suatu kendala atau sebuah kekurangan.

Sponsors Link

7. Mengontrol Kadar Asam Urat

Anda sudah sepatutnya mengontrol kadar asam urat dengan mengeceknya di rumah sakit terdekat. Hal ini untuk mengetahui kadar asam urat anda apakah semakin naik atau turun dan normal. Sehingga pola makan atau pola hidup yang nantinya mungkin akan menyebabkan asam urat kambuh, bisa anda kurangi dengan mengetahui kadar asam urat dalam darah tersebut.

Terjadinya peralihan dari asam urat stadium awal menuju stadium akut terkadang tidak diketahui secara pasti. Anda bisa melihatnya berdasarkan ciri-ciri yang dialami, seperti munculnya tofi di yang semakin banyak dan timbulnya kristal asam urat yang sampai pecah. Dengan mengkontrol kadar asam urat, anda dapat mengetahui juga tingkat stadium asam urat anda.

8. Menghindari Obat-Obatan yang Menyebabkan Asam Urat Kambuh

Agar asam urat anda tidak kambuh, anda juga harus berhati-hati agar tidak meminum obat yang menyebabkan asam urat. Obat-obatan seperti thiazide yang diperuntukkan untuk menurunkan tekanan darah, aspirin dan jenis obat lainnya dapat memicu penyakit asam urat. Sebelum mengkonsumsi obat tertentu ada baiknya anda berkonsultasi terlebih dahulu apa saja obat yang bisa anda konsumsi.

Demikian beberapa tips agar asam urat tidak kambuh. Jaga selalu gaya hidup Anda dan hindari penyebab asam Urat sering kambuh. Semoga artikel ini bermanfaat.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Pencegahan