Sponsors Link

7 Tips Gaya Hidup Agar Terhindar Asam Urat Tinggi

Sponsors Link

Apa yang kalian ketahui tentang penyakit asam urat? Awalnya, penyakit asam urat tidak menunjukkan gejala atau tanda-tanda apapun. Munculnya gejala penyakit asam urat biasanya pada penderita asam urat kronis. Penyakit asam urat dikenal sebagai penyakit turunan yang susah sembuh sehingga timbul berbagai macam pertanyaan kenapa asam urat susah sembuh. Hal itu menjadi momok yang menakutkan bagi penderita asam urat khususnya bagi orang dewasa yang berusia sekitar 40 tahun ke atas.

ads

Namun, saat ini banyak anak-anak muda yang masih berusia sekitar 20 tahun ke atas sudah terserang penyakit asam urat. Penyebab asam urat di usia 20 tahun disebabkan oleh gaya hidup mereka kurang sehat yang diketahui dari pola makan yang salah dan juga aktivitas-aktivitas yang dapat mempengaruhi kesehatan tubuh.

Memang benar penyakit ini susah sembuh, akan tetapi kita perlu untuk mencegah dengan cara merubah gaya hidup dengan menerapkan gaya hidup yang sehat mulai dari sekarang sebagai bentuk pencegahan penyakit asam urat seperti peribahasa yang berbunyi “lebih baik mencegah daripada mengobati”. Oleh karena itu, berikut akan diulas tips gaya hidup agar terhindar dari penyakit asam urat:

1. Minum Banyak Air

Air putih baik untuk kesehatan, terutama untuk penyakit asam urat. Namun, selain air putih, minuman yang disarankan untuk menghindari penyakit asam urat adalah minuman yang ber-ion atau yang mengandung mineral. Setiap hari disarankan untuk meminum sebanyak 2 liter atau sekitar 8-12 gelas. Untuk penderita asam urat sebaiknya hindari mengkonsumsi minuman bersoda  karena mengandung banyak garam yang dapat meningkatkan kadar asam urat tinggi dalam tubuh.

2. Membatasi Mengkonsumsi Makanan yang Tinggi akan Purin dan Kolesterol

Penyakit asam urat disebabkan oleh kadar zat purin dalam tubuh yang berlebihan. Beberapa makanan kaya purin antara lain jeroan, seafood, sapi, kambing, udang, kerang, lobster, atau ikan tuna, kepiting. Untuk penderita asam urat, sebaiknya mengkonsumsi makanan yang rendah akan purin.

3. Perbanyak Mengkonsumsi Buah- buahan untuk Asam Urat

Salah satu cara untuk mencegah tingginya kadar asam urat dalam tubuh adalah dengan mengkonsumsi buah untuk asam urat seperti buah ceri, strawberry, kersen, belimbing, duku, pisang, lemon, apel, jeruk nipis, buah naga, dan sebagainya. Buah-buahan tersebut dipercaya memiliki khasiat untuk penyakit asam urat. Misalnya buah ceri. Khasiat buah ceri untuk asam urat sebagai penurun kadar asam urat tinggi dalam tubuh. Buah ceri mengandung  zat anti inflamasi dan zat antosianin tinggi yang baik dikonsumsi sebanyak 200 gram setiap hari

4. Perbanyak Mengkonsumsi Sayuran yang Baik untuk Asam Urat

Selain buah-buahan, penderita asam urat disarankan untuk memperbanyak konsumsi  sayuran hijau untuk asam urat serta jenis sayuran yang tidak mengandung purin. Sayuran yang baik untuk dikonsumsi bagi penderita asam urat seperti seledri, timun, wortel, sawi hijau, bayam, brokoli, kangkung, jamur, dan sebagainya.

Sayuran tersbbut juga dipercaya dapat membuat kadar asam urat normal dalam tubuh kita. Misalnya daun seledri. Daun seledri memiliki kandungan asam fenolik dan quercetin yang melindungi persendian dari pembengkakan dan juga dapat menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Selain itu, biji seledri memiliki potensi yang dipercaya dapat mengurangi penumpukan asam urat dalam tubuh.

Sponsors Link

5. Berolahraga

Berolahraga adalah salah satu cara menjaga tubuh agar terhindar dari penyakit-penyakit yang menyerang tubuh kita salah satunya penyakit asam urat. Berolahraga dapat menghambat risiko kambuhnya penyakit asam urat. Kita disarankan berolahraga secara teratur sebanyak 3-4 kali dalam seminggu di pagi hari mulai dari pukul 06.00 hingga 08.00 karena pada waktu itu merupakan waktu terbaik untuk berolahraga. Akan tetapi, perlu diingat bahwa lakukan atau pilih jenis olahraga yang sesuai dengan kondisi atau kemampuan kita agar tidak menjerumuskan atau menyulitkan kita pada saat berolahraga.

6. Minum Susu

Cara lainnya untuk mencegah penyakit asam urat yaitu perbanyak minum susu. Susu telah terbukti mampu menurunkan tingginya kadar asam urat dalam tubuh. Untuk menurunkan kadar asam urat yang tinggi disarankan untuk meminum segelas susu setiap harinya karena segelas susu mampu menurunkan asam urat hingga 0,25 mg/dL.

7. Mengendalikan Stress

Stress yang berlebihan memicu kambuhnya penyakit asam urat. Oleh karena itu, bagi penderita asam urat, sebaiknya pintar-pintar dalam mengendalikan diri agar tidak terlalu stress yang berkepanjangan.

Itulah ulasan mengenai 7 tips gaya hidup agar terhindar dari penyakit asam urat. Mulai sekarang, terapkan pola hidup sehat dalam kehidupan anda karena sehat memberikan keuntungan bagi semua orang. Semoga tulisan ini berguna dan bermanfaat bagi anda!

, ,