Sponsors Link

14 Tips Mencegah Asam Urat Paling Dianjurkan

Sponsors Link

Penyakit asam urat adalah penyakit yang dapat terjadi kapan saja. Penyebab dari penyakit ini yang paling utama adalah karena adanya penumpukan purin dalam tubuh secara berlebihan. Akibat dari asam urat, beberapa gejala yang sangat mengganggu dan kerap kali menyerang seperti nyeri pada sendi, adanya rasa panas dan terbakar pada sendi, dan bengkak yang terjadi pada sendi. Mengapa asam urat menyerang pada bagian persendian? Karena saat kadar asam urat dalam tubuh sudah meninggi, dan ginjal tidak dapat lagi mengolah dan mengeluarkannya lewat urin, maka darah akan menyalurkan kelebihan asam urat tersebut dan memasukkan nya pada persendian. Jika kondisi ini terus menerus berlangsung maka akan menyebabkan kondisi asam urat yang cukup parah. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menghindari penyakit ini sejak dini sebelum asam urat benar-benar menyerang. Berikut adalah 14 tips mencegah asam urat paling dianjurkan:

ads

1. Menghindari makanan yang mempunyai kandungan purin tinggi

Purin adalah salah satu senyawa yang hasilkan oleh sel yang ada di dalam tubuh dan juga di luar tubuh. Purin yang dihasilkan di luar tubuh biasanya akan berasal dari beberapa makanan yang mempunyai kandungan purin tinggi. Metabolisme dari purin ini akan menyebabkan asam urat. Sehingga apabila tingkat purin yang ada dalam tubuh melewati batas normal, maka dengan otomatis asam urat akan menjadi sangat tinggi. Oleh sebab itu sebaiknya Anda menghindari makanan yang mempunyai kandungan purin tingi.

2. Melakukan diet rendah purin

cara mencegah asam urat selanjutnya masih berhubungan dengan cara sebelumnya. Dengan melakukan diet rendah purin, Anda tidak hanya menghindari pantangan makanan bagi penderita asam urat, tetapi juga menggantinya dengan makanan rendah purin. Anda juga dapat mengatur asupan purin perhari. Diet rendah purin bisa Anda lakukan dalam waktu seminggu. Anda bisa membuat list menu seminggu untuk penderita asam urat.

Tips melakukan diet rendah purin:

  1. Batasi asupan putin tidak lebih dari 150 mg/hari. Makanan untuk penderita asam urat rendah purin diantaranya seperti: Nasi, jagung, makaroni, bihun, singkong, ubi, talas, sagu, keju, telur, apel, yoghurt, pisang
  2. Guna melancarkan metabolisme purin oleh ginjal, batasi juga makanan yang mengandung lemak.
  3. Cobalah melakukan diet seperti mediterania, yang banyak menggunakan minyak sayuran seperti minyak zaitun.
  4. Perhatikan pengolahan makanan saat sedang melakukan diet. Sebaiknya Anda menghindari pengolahan makan dengan cara di goreng.
  5. Hindari juga makanan yang mempunyai kadar purin tinggi, seperti sarden, hati, kacang polong, daging merah, jeroan dan sebagainya.
  6. Buatlah list menu diet untuk beberapa hari agar Anda bisa mempersiapkannya. Contoh menu makanan untuk diet rendah purin. Pagi hari: Nasi, telur dadar, wortel, tomat, teh hijau, saat pukul 10 pagi, Anda bisa makan semangka. Siang hari: Nasi, Ikan bakar saos kecap (1/2 potong), sayur sop, buah jeruk. Malam hari: Pisang, tomat, sawi.
  7. Anda juga bisa coba konsumsi suplemen untuk Asam Urat  atau tablet natrium bikarbonat agar keadaan urin menjadi lebih alkalis dan akan memudahkan pada ekskresi ginjal untuk mengolah purin.
  8. Ikuti juga dengan melakukan diet rendah protein agar kandungan protein tidak mengakibatkan peningkatan pada kadar asam urat di dalam darah. Ukuran ssupan protein yang dianjurkan per hari sebaiknya tidak lebih dari 70 gram.

3. Mengkonsumsi banyak air putih

Air putih dinilai sangatlah baik untuk kesehatan tubuh. Oleh sebab itu, Anda sangat di anjurkan untuk meminum air putih minimal 2 liter dalam sehati. Air adalah salah satu penetrasi yang alami dan sangat bermanfaat untuk tubuh. Air juga dapat membantu untuk melancarkan metabolisme tubuh. Karena asam urat yang ada dalam tubuh harus di buat sehingga air akan membantu untuk membuat asam urat lewat air urin.

Sponsors Link

4. Menghindari konsumsi alkohol secara berlebihan

Mengkonsumsi alkohol secara berlebihan akan membuat kadar purin dalam tubuh semakin meningkat.Tidak hanya kandungan purin nya saja, kandungan alkohol nya juga akan sangat buruk untuk kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan. Pada dasarnya alkohol adalah zat yang sangat tidak dibutuhkan oleh tubuh, sehingga saat masuk ke dalam tubuh akan membuat adanya gangguan kesehatan. Salah satu minuman yang memiliki kandungan alkohol dan purin tinggi serta sudah beredar di pasaran adalah bir. Selain dapat memicu asam urat, alkohol juga dapat memicu enzim tertentu yang ada di dalam liver dan memecah protein sehingga akan menghasilkan asam urat yang lebih banyak.

5. Konsumsi kopi secukupnya

Ada beberapa penelitian yang menyatakan bahwa kopi ternyata dapat menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Anda bisa coba mengkonsumsi kopi, namun dalam porsi secukupnya. Karena selain dapat menurunkan kadar asam urat dalam tubuh, kandungan kopi juga sangat dibutuhkan tubuh meskipun tidak dalam jumlah banyak. Kopi juga bisa membuat Anda menyegarkan pikiran. Namun ingat minimal ngopi dalam sehat hanya 1 kali saja ya.

6. Konsumsi lah buah yang mempunyai kandungan antioksidan tinggi

Asam urat yang tinggi juga bisa di turunkan dengan mengkonsumsi buah dengan kandungan antioksidan tinggi setiap harinya. Beberapa buah yang dapat menurunkan kadar asam urat tinggi seperti ceri, strawberry, buah naga, semangka, jeruk, apel dan melon. Kandungan antioksidan ini sangat bermanfaat untuk mencegah adanya peningkatan asam urat dalam tubuh secara berlebihan.

7. Konsumsilan vitamin tambahan yang dapat mencegah terjadinya asam urat

Untuk membantu Anda mencegah terajadi peningkatan kadar asam urat dalam tubuh, Anda juga bisa dibantu dengan konsumsi vitamin tambahan, seperti vitamin C. Atau Anda dapat meminta rekomendasi orang apotek untuk jenis vitamin yang dapat mencegah asam urat dalam tubuh semakin meningkat.

Sponsors Link

8. Jagalah pola makanan agar tidak mengalami obesitas

Obesitas juga adalah salah satu penyebab terjadi kenaikan asam urat dalam tubuh. Sehingga untuk cara pencegahan nya, Anda bisa menjaga berat badan agar tetap ideal dan dalam batas normal. Untuk menjaganya, Anda dapat mengatur dan menjaga pola makan dengan tidak sembarangan dan berlebihan.

9. Melakukan olahraga secara rutin

Sebaiknya Anda juga melakukan olahraga dengan rutin agar dapat mencegah terjadi kenaikan asam urat. Dengan membiasakan melakukan olahraga minimal 30 menit dalam sehari akan membuat tubuh Anda terhindar dari berbagai macam penyakit. Tidak usah melakukan olahraga yang berat, Anda bisa coba berolahraga ringan seperti jalan santai, senam atau lari pagi.

10. Mengkonsumsi susu untuk tulang

Susu adalah salah satu minuman yang memiliki kandungan kalsium cukup tinggi. Sehingga susu akan baik untuk kesehatan tulang. Untuk menghindari penyakit asam urat yang dapat merusak tulang, Anda juga sebaiknya mengkonsumsi susu untuk tulang yang memiliki kandungan rendah lemak.

11. Hindari konsumsi minuman bersoda

Anda penggemar soda? sebaiknya mulai sekarang kurang konsumsi soda secara berlebihan. Sebab terlalu banyak mengkonsumsi soda juga bisa menyebabkan resiko peningkatan asam urat dalam tubuh, serta akan merusak persendian dengan cepat. Selain dapat menyebabkan asam urat soda juga dapat menimbulkan penyakit lain seperti berkurangnya fungsi ginjal dan adanya penyempitan pembuluh darah yang bisa menghambat saluran darah menuju jantung dan otak.

ads

12. Hindari konsumsi air kelapa

Air dalam buah kelapa memiliki kandungan elektrolit dan juga kalium yang cukup tinggi. Kandungan ini bisa mengganggu pada orang yang mempunyai kelainan pada fungsi ginjal. Ketika meminum air kepala, ginjal akan kesulitan untuk melakukan sekresi pada zat tubuh. Sehingga jika semakin parah akan memicu adanya peningkatan kadar purin dalam tubuh, karena purin tidak bisa di olah dengan baik.

13. Mengganti konsumsi teh biasa dengan teh hijau

Tahukah Anda bahwa teh juga memiliki kandungan kafein? Sehingga ada baiknya tidak mengkonsumsi terlalu banyak. Namun, jika Anda memang penikmat teh, Anda bisa coba mengakali mengganti teh yang ada konsumsi dengan teh hijau. Karena teh hijau dinilai mampu menurunkan kadar asam urat serta dapat menurunkan berat badan yang terlalu berlebihan.

14. Hindari mengkonsumsi jus buah kemasan

Saat ini sudah banyak sekali jus kemasan yang dijual di supermarket. Memang sangat praktis dan mudah, karena Anda tinggal meminumnya dan tidak perlu repot-repot untuk mengolahnya. Tapi tahukah Anda? Ternyata jus kemasan juga bisa menjadi pemicu asam urat. Pada minuman kemasan ini biasanya akan terdapat kandungan pemanis buatan dan zat lain yang dapat mengakibatkan asam urat, akibatnya minuman tersebut tidak lagi alami dan bukan dari sari buah alami. Lebih baik Anda mulai menghindari mengkonsumsi minuman seperti ini, dan lebih memilih jus untuk asam urat dengan olahan sendiri.

Itulah 14 tips mencegah asam urat paling dianjurkan. Anda dapat melakukan tips-tips diatas mulai saat ini juga terhindar dari resiko terjadinya asam urat. Saat ini banyak sekali anak muda yang memiliki asam urat karena gaya hidup yang buruk, sehingga ada baiknya bagi Anda yang masih berusia muda, perbaikilah pola hidup Anda sebelum terlambat. Karena mencegah masih lebih baik daripada mengobati.

, ,
Oleh :
Kategori : Pencegahan