Sponsors Link

Tips Merendam Kaki Di Air Hangat Untuk Pengobatan Asam Urat

Sponsors Link

Pengobatan untuk penyakit asam urat sebagai salah satu jenis penyakit yang banyak diderita di masyarakat sudah berkembang cukup pesat mulai dari yang sifatnya traditional hingga pengobatan secara medis. Penyakit asam urat menjadi salah satu jenis penyakit yang akan selalu kambuh dan dapat menybebkan munculnya beberapa gejala akibat penumpukan kristal jarum asam urat yang berlebih kadarnya di dalam tubuh pada persendian sehingga menimbulkan rasa nyeri dan bengkak atau peradangan.

ads

Mengobati asam urat bukan hanya dilakukan ketika serangan atau gejala asam urat tinggi tersebut terjadi namun juga perlu dilakukan sepanjang waktu dalam upaya upaya pencegahan. Pengobatan asam urat yang paling utama dari semua jenis obat adalah pengaturan pola makan pada penderita asam urat untuk dapat menghindari berbagai macam jenis makanan pantangan penderita asam urat dengan kandungan zat puring yang tinggi.

Selain dengan menghindari konsumsi makanan yang memiliki kandungan zat purin tinggi, beberapa aktivitas sederhana lainnya juga dapat digunakan untuk membantu mengatasi kondisi penyakit asam urat meskipun tidak secara langsung menurunkan kadarnya. Salah satu bentuk upaya pengobatan traditional tersebut adalah dengan merendam asam urat di kaki menggunakan air hangat. Berikut ini beberapa penjelasan mengenai tips merendam kaki di air hangat bagi penderita asam urat dalam penjelasan dibawah ini.

  1. Pahami manfaatnya

Merendam kaki dengan air hangat merupakan salah satu bentuk terapi traditional yang memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan maupun untuk membantu menurunkan kadar asam urat. Beberapa manfaat dari merendam kaki dengan air hangat tersebut diantaranya seperti :

  • Mengurangi rasa pegal pada kaki, merendam kaki pada air hangat dapat membantu memperlebar pembuluh darah sehingga penumpukan asam laktat yang menyebabkan terjadinya rasa pegal dapat diatasi kembali.
  • Membantu menurunkan kadar asam urat, secara tidak langsung terapi merendam kaki dengan air hangat sering kali digunakan di masyarakat sebagai salah satu obat herbal untuk asam urat. Merendam kaki juga dapat melongarkan persendian sehingga membantu mengurangi peradangan akibat penumpukan kristal jarum asam urat.
  • Memberikan efek menenangkan, merendam kaki dengan air hangat juga dalam membantu memberikan efek menenangkan karena sensasi rasa hangat yang dirasakan.
  • Membersihkan kaki, membersihkan kaki dari kotoran yang menempel dengan air hangat memang akan lebih efektif dan tentunya dapat membantu menjaga kondisi kebersihan tubuh yang secara tidak langsung bermanfaat pada kesehatan.
  1. Manfaat penambahan garam epsom

Dalam membantu meredakan nyeri dengan cara merendam kaki dengan air hangat, penambahan garam epsom perlu untuk dilakukan. Garam epsm sekilas secara bentuk sama dengan garam pada umumnya namun memiliki kandungan magnesium dan sulfat. Ada beberapa manfaat garam epsom bagi tubuh diantaranya seperti :

  • Meredakan rasa  sakit, manfaat garam epsom yang pertama adalah mampu meredakan rasa nyeri dan sakit yang merupakan salah satu gejala dari penyakit asam urat.
  • Melancarkan sirkulasi darah, garam epsom juga dapat membantu memperlancar sirkulasi darah di dalam tubuh sehingga dapat meningkatkan kondisi kesehatan.
  • Membersihkan kulit mati, garam epsom dapat digunakan untuk membantu membersihkan kulit mati di daerah kaki pada saat proses perendaman.
  • Mengatasi rasa gatal, selain dapat digunakan untuk meredakan nyeri, garam epsom ternyata juga mampu membantu mengurangi rasa gatal akibat gigitan serangan maupun karena faktor penyakit lainnya.
  • Manfaat lain, beberapa manfaat garam epsom lainnya diantaranya seperti meredakan sakit kepala, pembersih rambut, menghilangkan kotoran pada benda.
  1. Lakukan caranya dengan benar

Tips merendam kaki di air hangat bagi penderita selanjutnya adalah melakukannya dengan cara yang benar agar manfaat yang diinginkan tercapai. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk merendam kaki dengan benar yakni :

  • Siapkan air hangat dengan suhu kira kira 33 sampai dengan 37 derajat celcius.
  • Tambahkan kurang lebih 200 gr garam jenis epsom ke dalam air hangat yang telah disiapkan.
  • Rendam bagian kaki terutama hingga persendian  dalam campuran air hangat dan garam epsom karena memang asam urat banyak menumpuk di daerah persendian.
  • Untuk mendapatkan hasil dalam terapi ini maka dapat melakukannya secara konsisten setiap hari sekali dalam kurun waktu minimal satu minggu atau dua kali sehari untuk yang memiliki kondisi penyakit asam urat parah.
Sponsors Link

  1. Hanya gunakan air hangat

Tips selanjutnya yang juga diperhatikan dalam merendam kaki dengan air hangat bagi penderita asam urat adalah hanya gunakan air hangat dan bukan air panas. Air yang terlalu panas dapat menyebabkan beberapa permasalahan seperti sensasi kulit yang terbakar dan menyebabkan tekanan tinggi pada penderita jantung sehingga berbahaya. Suhu ideal yang digunakan dalam perendaman air hangat untuk penderita asam urat adalah 33 – 37 derajat celcius dan sebaiknya tidak melebihi 40 derajat celcius.

Itulah beberapa penjelasan mengenai tips merendam kaki di air hangat bagi penderita asam urat. Merendam kaki sebagai terapi traditional dalam mengatasi tingginya kadar asam urat di dalam darah merupakan salah satu pengobatan alami yang sudah lama dikenal di masyarakat dan sampai saat ini masih dipercaya untuk dilakukan. Merendam kaki sebenarnya hanya akan memberikan rasa yang lebih baik pada penderita asam urat dengan cara mengatasi kondisi gejala nyeri dan pembengkakan di kaki namun tidak secara langsung memiliki mekanisme untuk menurunkan kadar asam urat di dalam tubuh.

Terapi traditional perendaman kaki tersebut harus tetap dapat didukung dengan pengaturan pola makan yang bertujuan untuk mengurangi konsumsi makanan dengan kandungan purin tinggi dan memprioritaskan pilihan makanan penderita asam urat. Pengaturan pola makan tersebut masih menjadi terapi utama bagi penderita asam urat yang harus secara disiplin dilakukan.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan