Sponsors Link

Titik Bekam Asam Urat Pada Tangan dan Kaki

Sponsors Link

Terapi bekam adalah salah satu teknik pengobatan alami dengan memanfaatkan alat-alat khusus untuk mengeluarkan darah kotor dalam tubuh. Terapi bekam juga adalah pengobatan yang mempunyai efek analgetik, anti bengkak dan dapat mengusir angin serta membuang racun yang tidak dibutuhkan oleh tubuh. Bekam juga kerap kali digunakan untuk mengatasi beberapa penyakit seperti pengobatan asam urat.

ads

Asam urat adalah penyakit yang menyerang pada bagian sendi. Penyebab asam urat tinggi adalah karena adanya kelebihan kadar purin di dalam tubuh yang sudah melampui batas normal. Banyak hal yang bisa menyebabkan kenaikan kadar purin dalam tubuh. Penyebabnya bisa karena faktor makanan yang mempunyai kandungan purin tinggi, faktor konsumsi minuman beralkohol dan soda, dan yang lainnya. Selain karena faktor purin, asam urat juga bisa disebabkan karena adanya turunan genetic dari orang tua yang mempunyai penyakit asam urat.

Pada asam urat, terdapat kandungan purin dalam darah yang selalu menyalurkan nya pada bagian sendi jika memang kadarnya sudah berlebihan. Sehingga melakukan pengobatan bekam bisa menjadi salah satu pengobatan alternative dengan mengeluarkan zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh.

Titik bekam yang dilakukan pada penderita asam urat:

Pada umumnya bekam sering menyerang bagian sendi tertentu, sehingga beberapa titik bekam dilakukan pada bagian sendi yang sering terserang gejala asam urat yaitu yaitu tangan dan kaki. Berikut adalah titik bekam asam urat pada tangan dan kaki:

  • Titik bekam pada bagian punggung telapak tangan

Asam urat kerap kali menyerang bagian persendian salah satunya adalah sendi yang ada pada bagian tangan. Sehingga titik bekam yang paling ditekankan adalah pada punggung tangan.

  • Titik bekam pada bagian punggung kaki

Asam urat juga sangat sering menyerang bagian persendian kaki, khusus nya pada pergelangan dan jempol kaki. Sehingga titik bekam yang akan dilakukan adalah pada bagian punggung kaki.

  • Titik bekam bagian bawah mata kaki

Masih membantu untuk mengurangi asam urat pada bagian kaki. Titik bekam yang ditekankan adalah di bagian kaki tepatnya di bawah mata kaki.

Saat melakukan bekam alat utama yang akan digunakan adalah tabung bekam yang akan menampung keluarnya darah, dan alat bekam lain yang akan membantu proses keluarnya darah yaitu jarum dan penyedot tabung nya.

Melakukan pengobatan asam urat dengan terapi bekam sangat memerlukan teknik dan keahlian. Sehingga untuk melakukan terapi ini sebaiknya Anda mengunjungi klinik bekam. Karena jika Anda sembarang melakukan bekam di titik yang salah, akan di khawatirkan bukannya mengobati tapi malah membuat penyakit lain muncul.

Manfaat melakukan terapi bekam untuk asam urat

Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa melakukan pengobatan dengan asam urat bisa menjadi pengobatan alternative agar dapat menyembuhkan penyakit asam urat. Ada beberapa proses saat akan melakukan terapi bekam. Proses tersebut akan memberikan manfaat pada penyakit asam urat, seperti:

  1. Dengan melakukan terapi bekam dapat membantu untuk mengeluarkan kristal asam urat yang menumpuk pada bagian persendian dan jaringan di sekitarnya. Sehingga rasa nyeri bisa berkurang dan mencegah terjadinya peradangan, pembengkakan dan gejala asam urat lainnya. Gejala asam urat akan berangsur-angsur berkurang jika Anda melakukan terapi bekam dengan rutin.
  2. Bekam yang melalui zat nitrit oksida (NO) maka akan mengurangi adanya pembengkakan pada bagian sendi yang terasa sakit.
  3. Bekam juga dapat membuat zat prostalglandin dari bagian yang terasa sakit sehingga rasa sakit sedikit-sedikit akan mulai berkurang.
  4. Bekam juga akan memicu adanya sekresi endofrin dan juga enkefalin yang ada di dalam tubuh sehingga akan bermanfaat untuk meredakan rasa sakit secara alami.
  5. Jika terdapat masalah lainnya di dalam tubuh yang menyebabkan terjadi peningkatan kadar asam urat, seperti ada penyakit ginjal. Maka dengan melakukan bekam akan membantu untuk meningkatkan pada kemampuan kerja ginjal saat akan mengeluarkan kristal asam urat lewat saluran urin.
Sponsors Link

Tips sebelum melakukan terapi bekam

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan sebelum Anda melakukan terapi bekam, diantaranya sebagai berikut:

  • Mandi

Sebelum akan melakukan terapi bekam sebaiknya Anda mandi terlebih dahulu dengan menggunakan air hangat. Ini adalah hal yang sangat di anjurkan. Karena bekam adalah proses penyedotan yang dilakukan pada bagian luar tubuh atau kulit sehingga membersihkan tubuh saat akan berbekam akan membuat Anda menjadi nyaman.

  • Sampaikan apa yang menjadi keluhan tubuh Anda

Saat Anda mengunjungi klinik bekam untuk melakukan terapi, sebaiknya Anda menyampaikan apa yang menjadi keluhan pada tubuh Anda. Sehingga terapis bisa melakukan bekam sesuai dengan keluhan dan akan lebih efektif untuk menyembuhkan penyakitnya. Terapis yang sudah professional juga biasanya akan melakukan beberapa pemeriksaan lebih dulu seperti pemeriksaan tensi dan detak jantung.

  • Kosongkan perut lebih dulu

Anda juga sebaiknya mengosongkan perut sebelum memulai terapi bekam, sekitar 2-5 jam sebelum bekam. Usahakan saat melakukan bekam juga perut berada pada kondisi yang normal, artinya tidak dalam keadaan lapar atau kepenuhan.

  • Tidur sebelum berbekam

Jika Anda merasa lelah sebelum melakukan bekam, sebaiknya Anda beristirahat terlebih dahulu. Karena jika Anda melakukan bekam dalam kondisi kelelahan, proses terapi nya akan tidak maksimal

Tips sesudah melakukan bekam

Selain beberapa hal yang harus dilakukan sebelum bekam, Anda juga harus melakukan beberapa hal lain sesudah melakukan bekam:

  • Mandi selesai bekam

Saat Anda hendak membersihkan badan setelah melakukan bekam, sebaiknya dilakukan 3 sampai 6 jam setelah melakukan bekam. Karena saat bekam Anda akan mendapat luka kecil, untuk memulihkan luka tersebut sebaiknya Anda tidak mandi langsung.

ads
  • Beristirahat

Setelah melakukan bekam ada baiknya Anda juga tidak langsung melakukan aktivitas berat dan mendahulukan untuk beristirahat selama 30 menit sampai 1 jam.

Saat melakukan terapi bekam agar penurunan asam urat dapat menurun dengan cepat sebaiknya Anda juga mengimbangi dengan beberapa cara lain seperti:

  • Menjaga asupan makanan

Ketika melakukan pengobatan dengan terapi bekam ada baiknya Anda mengimbangi dengan menjaga asupan makanan pada tubuh agar kadar asam urat tidak semakin meningkat. Anda bisa mengurangi beberapa makanan yang mengandung purin berlebihan dan menggantikannya dengan makanan yang dapat membantu pada penurunan asam urat.

Makanan untuk penderita asam urat: Kacang panjang perancis, seledri, kacang pinto, tomat, mentimun, brokoli, wortel, kentang, jagung, sawi hijau, sawi putih lobak, apel, ceri, jeruk nipis, strawberry, blueberry, pisang, coklat hitam, black plum dan yang lainnya.

Pantangan makanan bagi penderita asam urat: Bayam, asparagus, kembang kol, jamu, kacang panjang, buncis, ikan sarden, kepiting, ikan tuna, ikan salmon, ikan kakap, lobster, kerang, udang, daging merah, jeroan, daging unggas, daging kalkun, dan daging kuda.

  • Tidak mengkonsumsi minuman soda dan beralkohol

Anda juga sebaiknya menghindari minuman yang mengandung soda dan alkohol agar tidak menghambat pada proses bekam dan penyembuhan asam urat nya. Karena bisa saja alkohol dan soda menjadi penghambat purin untuk dapat keluar lewat terapi bekam. Selain itu, alkohol juga bisa memicu adanya masalah kesehatan lain. Sehingga, tidak hanya untuk penderita asam urat saja. Bagi orang normal pun jika kebanyakan mengkonsumsi alkohol dan soda malah akan merusak pada tubuhnya sendiri.

  • Jaga berat badan Anda

Menjaga berat badan juga bisa membantu Anda untuk menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Karena jika Anda terlalu kelebihan berat badan karena adanya banyak lemak dalam tubuh bisa menyebabkan asam urat terhambat untuk di proses oleh ginjal karena sudah tercampur dengan lemak dalam tubuh. Sehingga ada baiknya Anda benar-benar menjaga berat badan agar tetap ada pada kondisi yang ideal.

  • Berolahga

Berolahraga adalah salah satu cara untuk dapat membantu menurunkan berat badan. Anda bisa melakukan olahraga selama 30 menit dalam sehari. Jika Anda memang tidak ada waktu di pagi hari karena harus berangkat kerja. Anda bisa mengakali nya saat istirahat jam kerja dengan berjalan-jalan sebentar atau melakukan aktivitas lainnya yang membuat Anda dapat mengeluarkan keringat.

Itulah informasi mengenai titik bekam asam urat pada tangan dan kaki. Terapi ini akan membantu Anda jika Anda mengimbangi nya dengan beberapa tips di atas. Lakukanlah bekam dengan rutin agar kondisi asam urat Anda semakin membaik.

, ,



Oleh :
Kategori : Pengobatan