Sponsors Link

10 Cara Mengatasi Tumit Sakit Akibat Endapan Asam Urat Tinggi

Sponsors Link

Tumit kaki adalah salah satu bagian sendi yang juga berpotensi terkena serangan asam urat. Seperti diketahui, asam urat disebabkan oleh endapan atau tumpukan-tumpukan kristal asam urat di sendi-sendi tubuh, dan ini bisa menyebabkan rasa sakit dan juga bengkak di bagian sendi yang mengalami penumpukan kristal-kristal asam urat tersebut. Jika endapan tersebut masih kecil, sebenarnya masih bisa ikut terbuang ketika kita sedang buang air besar atau kecil. Namun ketika tumpukan tersebut membesar, akan berpotensi menjadi berkomplikasi menjadi penyakit batu ginjal. Berikut akan dijelaskan beberapa cara alami untuk mengobati tumit sakit akibat endapan asam urat:

ads
  1. Mengompres bagian tumit yang sakit dan beristirahat

Asam urat membuat penderitanya merasakan nyeri yang cukup mengganggu aktivitasnya dan juga bengkak yang hampir membuatnya tidak bisa berjalan. Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk setidaknya mengurangi nyeri dan bengkak yang terjadi adalah dengan mengistirahatkan kaki dan mengompresnya dengan batu es. Cara kompres asam urat adalah kompres pada bagian yang sakit selama 25 sampai 30 menit. Setelah itu jika nyeri sudah berkurang, cobalah perlahan-lahan melakukan aktivitas yang ringan Namun jika nyeri masih terus berlanjut, tetaplah beristirahat atau coba hubungi dokter untuk mendapat pengobatan lebih lanjut.

  1. Mengkonsumsi obat pereda nyeri

Jika sudah dikompres, namun tumit anda tersebut tetap terasa sakit dan anda belum sempat untuk berobat ke dokter, mengkonsumsi obat pereda nyeri juga bisa menjadi cara untuk mengatasi nyeri pada asam urat di kaki. Namun untuk obat pereda rasa nyeri nya sebaiknya jangan menggunakan obat aspirin dikarenakan obat aspirin dapat meningkatkan kadar asam urat di dalam tubuh. Sebelum menggunakan obat aspirin ada baiknya berkonsultasi dahulu dengan dokter,

  1. Merendam kaki dengan air garam

Cara lainnya untuk mengatasi tumit sakit karena endapan asam urat adalah dengan cara merendamnya dengan air garam. Manfaat rendaman air garam untuk kaki yang sakit adalah agar rasa nyeri yang diakibatkan asam urat tersebut berkurang, serta bengkaknya juga semakin mengecil.

  1. Meminum larutan cengkeh dan ubi jalar

Untuk mengobati tumit yang terkena asam urat, bisa juga dilakukan dengan meminum air rebusan dari cengkeh yang dimasak dan  dicampur dengan kapulaga, biji pala, kayu manis dan ubi jalar. Larutan tersebut dipercaya dapat menghancurkan asam urat yang menumpuk. Untuk ubi jalarnya itu sendiri kita juga bisa mengkonsumsinya secara terpisah.

  1. Mengkonsumsi pisang

Mengkonsumsi 2 buah pisang perhari dipercaya dapat menghilangkan nyeri yang diakibatkan oleh asam urat karena pada buah pisang terdapat kandungan potasium yang dipercaya dapat mengubah kristal asam urat menjadi cair sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan.

  1. Lemon

Lemon mengandung vitamin C yang mempunyai zat antioksidan yang kuat sehingga mampu menetralisir kadar asam urat di dalam tubuh. Untuk mengurangi rasa nyeri dan bengkak akibat asam urat, bisa dicoba untuk meminum perasan dari buah lemon yang dicampur dengan air hangat.

  1. Cuka apel

Untuk mengobati asam urat yang menyerang tumit, bisa juga dengan mengkonsumsi cuka apel, karena cuka apel tersebut bersifat anti inflamasi sehingga dapat mengobati penyakit asam urat dan menghilangkan nyeri serta bengkak yang ditimbulkannya.

  1. Jahe

Jahe juga dipercaya dapat mengobati tumit yang sakit karena terkena asam urat karena jahe mempunyai zat anti peradangan yang dapat mencegah terjadinya kristal asam urat dan meredakan nyeri dan bengkak yang timbul akibat asam urat.

Sponsors Link

  1. Buah ceri

Berbagai penelitian membuktikan bahwa kandungan yang ada di buah ceri dapat mengobati dan menurunkan kadar asam urat. Untuk menghilangkan nyeri asam urat dengan cepat, disarankan untuk mengkonsumsi buah ceri setidaknya sebanyak 200 buah per hari.

  1. Minyak Ikan

Kandungan omega 3 pada minyak ikan dapat mencegah peradangan yang ditimbulkan dari penyakit asam urat, Selain itu mengkonsumsi minyak ikan juga dapat membantu mengontrol kadar asam urat normal di tubuh. Sehingga para penderita asam urat juga dianjurkan untuk mengkonsumsi minyak ikan ini agar dapat mengurangi nyeri yang ditimbulkan akibat asam urat dan juga menjaga agar kadar asam urat yang ada di tubuhnya tidak semakin meningkat

Demikianlah beberapa hal yang dapat menjadi cara untuk mengatasi tumit sakit akibat endapan asam urat. Penyakit asam urat ini memang tidak boleh kita abaikan begitu saja, karena penyakit ini bisa menjadi awal dari timbulnya penyakit lainnya, Maka dari itu kita harus mencegahnya sedini mungkin dengan pola hidup sehat dengan menjaga pola makan dan juga olahraga yang teratur. Rutin melakukan check up kesehatan ke dokter juga bisa menjadi cara untuk mewaspadai dan mendeteksi datangnya penyakit asam urat sedini mungkin. Semoga artikel ini dapat menjadi referensi bagi anda dalam mencari cara untuk mengatasi asam urat yang menyerang tumit kaki.

, , , ,



Oleh :
Kategori : Pengobatan