Sponsors Link

Vitamin B Komplek untuk Asam Urat : Manfaat dan Cara Mengonsumsinya

Sponsors Link

Apa itu vitamin B komplek? Bagaimana pengaruh vitamin B komplek untuk asam urat? Apa saja manfaatnya untuk asam urat? Dan bagaimana cara mengkonsumsinya untuk asam urat?

ads

Vitamin adalah antioksidan yang berfungsi sebagai enzim untuk membantu proses metabolisme dalam tubuh. Pada umumnya vitamin memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Hanya saja penggunaan dosisnya yang sesuai dan tidak berlebihan. Hal ini dikarenakan apabila semua jenis vitamin dikonsumsi berlebihan, maka akan menyebabkan vitamin yang dikonsumsi tersebut menjadi racun yang dapat membahayakan tubuh. Vitamin akan lebih bermanfaat bagi tubuh jika dikonsumsi dengan dosis yang sesuai kebutuhan. Begitupun sebaliknya, jika tubuh kekurangan vitamin maka akan rentan terhadap penyakit yang menyerang kesehatan Anda. Vitamin dapat Anda peroleh dari mengkonsumsi buah dan sayuran.

Vitamin memiliki berbagai jenis, ada yang dapat larut dalam air dan ada juga yang dapat larut dalam lemak. Salahsatu jenis vitamin yang memiliki banyak manfaatnya, yaitu vitamin B komplek. Vitamin B komplek terdiri dari vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin B7, vitamin B9, vitamin B12. Semua jenis vitamin B komplek sangat diperlukan dalam tubuh karena berperan penting dalam proses fungsi metabolisme tubuh. Semua komponen vitamin B komplek bekerja saling bersinergi antara jenis yang satu dengan jenis yang lainnya. Jika Anda kekurangan salahsatu dari jenis komponen vitamin B komplek, maka akan menyebabkan ketidakseimbangan sistem kinerja metabolisme dalam tubuh.

Tidak hanya bermanfaat untuk fungsi metabolisme saja, akan tetapi vitamin B komplek memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh lainnya. Manfaat vitamin B komplek lainnya, yaitu untuk memproduksi energi dengan mengubah karbohidrat menjadi glukosa, kesehatan fungsi sistem syaraf, menjaga sistem pencernaan, menutrisi kesehatan rambut dan kuku, membantu mengatasi gejala asam urat dan kolesterol tinggi serta meningkatkan kadar kolesterol baik.

Selain itu, vitamin B komplek berperan penting dalam mengatasi asam urat. Berikut penjelasan mengenai manfaat vitamin B komplek beserta cara mengkonsumsi vitamin B komplek untuk asam urat.

  • Manfaat Vitamin B Komplek untuk Asam Urat

Asam urat terjadi disebabkan adanya kelebihan zat purin yang mengendap di persendian. Hal ini terjadi karena zat asam urat yang tinggi tidak dapat di keluarkan oleh ginjal dan zat tersebut akhirnya menumpuk di bagian sendi yang ditandai dengan adanya rasa sakit pada bagian persendian. Biasanya asam urat terjadi pada seseorang yang lanjut usia, hanya saja dikarenakan adanya kebiasaan pola hidup yang tidak sehat sehingga seringkali seseorang mengalami gejala asam urat pada usia 30 tahun ke atas.

Teruntuk penderita asam urat, sangat diperlukannya mengkonsumsi vitamin agar dapat mengurangi kadar asam urat yang ada di dalam tubuh. Kebanyakan orang hanya mengetahui bahwa vitamin yang sering dijadikan manfaat untuk mengatasi asam urat hanyalah sumber vitamin C yang bagus untuk asam urat saja. Namun sebenarnya semua vitamin bermanfaat untuk mengatasi asam urat. Hanya saja yang berperan besar dalam melarutkan zat purin dalam darah adalah vitamin C untuk asam urat.

Perlu Anda ketahui bahwa tidak semua jenis vitamin B komplek mampu berperan penting dalam mengatasi asam urat. Diantara berbagai jenis vitamin B komplek yang dapat mengatasi asam urat, yaitu vitamin B5 dan B6 yang dapat membantu perawatan penderita asam urat. Vitamin tersebut mampu meningkatkan kemampuan tubuh penderita dalam menyerap air yang diminum. Jenis vitamin lainnya dari vitamin B komplek, justru ada yang dapat membahayakan tubuh penderita asam urat. Hal ini perlu Anda dihindari agar penyakit asam urat Anda tidak semakin parah. Jenis vitamin B komplek yang berbahaya bagi tubuh penderita asam urat, yaitu vitamin B3 dan Niasin. Jenis vitamin tersebut justru dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah jika dikonsumsi dalam jumlah melebihi 50 mg per harinya.

  • Cara Mengkonsumsi Vitamin B Komplek Untuk Asam Urat

Biasanya kandungan vitamin B komplek atau vitamin B5 dan B6 terdapat dalam obat asam urat kemasan. Baik obat herbal maupun obat kimia yang berdasarkan resep dokter. Vitamin B komplek hanya perlu dikonsumsi secukupnya dan tidak boleh berlebih-lebihan. Sebenarnya segala sesuatu yang dikonsumsi secara berlebihan justru akan mengakibatkan dampak buruk bagi kesehatan Anda. Mengkonsumsi vitamin B komplek, khususnya vitamin B5 dan B6 bagi penderita asam urat hanya secukupnya saja.

Sponsors Link

Mengkonsumsi vitamin yang diperoleh dari buah-buahan sebagai cara menurunkan asam urat tinggi secara alami, cukup dikonsumsi hingga kadar asam uratnya berada pada batas normal. Bukan dihilangkan secara menyeluruh, karena tubuh juga memerlukan zat purin untuk membantu proses metabolisme dalam tubuh. Metabolisme purin menjadi asam urat dalam tubuh memiliki manfaat namun dalam batas normal dan tidak berlebihan.

Cara menurunkan kadar asam urat tinggi tidak hanya cukup dengan mengkonsumsi vitamin saja, akan tetapi dibantu dengan menghindari atau mengurangi makanan yang mengandung purin atau mengkonsumsi makanan yang rendah purin. Anda bisa melakukan diet rendah purin dengan hanya mengkonsumsi makanan rendah purin saja. Teruntuk jenis vitamin B3 dan Niasin hanya perlu dikonsumsi kurang dari 50 mg saja. Hal ini dikarenakan apabila dikonsumsi secara berlebihan atau melebihi batas 50 mg per harinya, maka justru akan merusak sistem kesehatan tubuh Anda.

Mengkonsumsi vitamin B komplek bisa disertai dengan melakukan pola hidup yang sehat secara teratur. Hal ini tidak dianjurkan untuk dibarengi mengkonsumsi obat medis yang mengandung vitamin B komplek sebagai penurun kadar asam urat lainnya, sekalipun dengan obat herbal. Hal tersebut karena penggunaan obat medis berbeda dengan obat herbal yang mampu dikonsumsi secara bersamaan dengan ramuan apapun. Obat medis lebih terbilang memiliki dampak efek samping, khususnya bagi pengguna tanpa resep dari dokter. Sekalipun obat tersebut mengandung vitamin B komplek, hal ini karena dosis yang terdapat dalam kandungan obat kimiawi lebih tinggi jika dikonsumsi tanpa resep dokter.

Selain itu, banyak beberapa pendapat mengatakan bahwa mengkonsumsi vitamin B6 dengan jumlah besar dalam jangka panjang, maka akan menyebabkan sindrom neuropati. Bagi Anda yang sedang mengalami asam urat dan mengkonsumsi vitamin B dengan obat analgetik anti-inflamasi secara bersamaan tidak apa-apa, asalkan penggunaannya disertai pemberian obat pelindung dinding lambung. Hal ini dikarenakan obat AINS (Anti-inflamasi Non Steroid), seperti piroxicam, natrium diklofenak, ibuprofen, dan sebagainya yang banyak digunakan untuk mengatasi radang sendi ini umumnya bersifat iritatif terhadap lambung. Sebaiknya Anda berada dalam pengawasan dokter jika mengkonsumsi obat tersebut agar jika terjadi efek samping dapat segera diatasi dengan baik.

Itulah manfaat dan cara mengkonsumsi vitamin B komplek yang perlu Anda ketahui. Sebaiknya konsultasikan ke dokter apabila Anda memiliki masalah gangguan kesehatan lain dan jika penggunaan vitamin B komplek dikonsumsi secara bersamaan dengan mengkonsumsi obat-obatan lain. Semoga bermanfaat.

, ,



Oleh :
Kategori : Pengobatan