Sponsors Link

7 Sumber Vitamin C yang Bagus untuk Asam Urat Tinggi

Sponsors Link

Setiap orang membutuhkan vitamin setiap harinya, berbagai multivitamin biasanya kita konsumsi untuk menjaga vitalitas tubuh. Ada banyak jenis vitamin yang kita butuhkan setiap harinya. Salah satunya adalah vitamin C, tak terkecuali juga untuk penderita asam urat. Vitamin C tidak diproduksi dalam tubuh, itu sebabnya kita perlu mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung vitamin ini untuk menjaga stamina tubuh.

ads

Menurut penilitian penderita asam urat kebanyakan berusia di atas 40 tahun dan lebih banyak pria ketimbang wanita. Tetapi saat ini tidak tertutup kemungkinan penderita asam urat berusia jauh lebih muda dari usia 40an dan wanita pun semakin banyak yang mengidap penyakit ini, terutama jika pola makan yang tidak seimbang ditambah dengan adanya factor genetis atau keturunan dari keluarga sebagai pengidap penyakit yang sama.

Untuk membantu mengurangi serangan asam urat yang menyakitkan bagi si penderita, sebaiknya rutin mengonsumi vitamin C. Sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat dari tahun 1986 hingga 2006 dengan sample lebih dari 40000 pria dengan berbagai keluhan penyakit menmukan bahwa setiap 500mg vitamin C dapat menurunkan kadar asam urat hingga 17%. Resiko akan semakin berkurang hingga 45% jika mengonsuminya sebanyak 1500mg. sebaiknya setiap hari hanya mengonsumsi 1 kali saja.

Khasiat vitamin C untuk penderita asam urat diantaranya, yaitu:

  • Menurunkan kadar purin: Vitamin C yang rutin dikonsumsi akan mengikat kadar purin yang berlebih tersebut dan di netralisir dalam tubuh.
  • Menurunkan hipertensi: Seperti kita ketahui, banyak juga penderita asam urat yang dipicu karena hipertensi. Tercukupinya kebutuhan vitamin C akan membantu mencegah hipertensi atau darah tinggi yang berakibat sangat signifikan menurunkan kadar asam urat.
  • Mencegah penumpukan sisa metabolisme: Untuk penderita asam urat penumpukan sisa metabolime ini biasanya terjadi di bagian persendian. Salah satu caranya yaitu dengan rutin minum vitamin C.

Vitamin C bisa diadapatkan tidak hanya dari suplemen berupa tablet atau syrup yang bisa dibeli di apotek, akan tetapi dari makanan sehari-hari kita bisa mendapatkannya dengan mudah terutama dari buah-buahan dan juga sayur. Berikut buah-buahan dan sayur yang memiliki kandungan vitamin C cukup tinggi:

  1. Jambu Biji

Buah ini dikenal memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, yaitu 378 mg/60 gram. Jambu biji merah sangat baik dikonsumsi setiap hari, akan lebih menarik lagi jika dibuat minuman berupa jus. Setiap 60 gram buah jambu juga memiliki 9 gram serat, 4,1 gram protein dan 1000 kalori. Di Indonesia buah ini sangat mudah didapatkan, karena buah ini terdapat di sepanjang musim. Dengan wangi yang harum, rasa yang manis dan warna merah yang menggiurkan sangat sulit menolak untuk mengonsumsinya.

  1. Pepaya

Si buah yang sangat mudah di dapat dan murah harganya. Mengandung vitamin C sebanyak 85 gram/100 gram. Dalam 100 gram papaya mengandung 54 kalori, 3 gram serat dan 0,7 protein. Pepaya sangat berkhasiat membantu menurunkan kadar koletsrol buruk, mencegah serangan jantung dan stroke.

Dengan tekstur yang lembut dan rasa manis, buah ini juga sangat bermanfaat untuk mencegah sembelit, wasir dan membantu proses pencernaan dalam tubuh. Selain itu papaya juga mengandung antioksidan yang baik untuk memelihara kecantikan dan mencegah penuaan dini.

  1. Jeruk

Salah satu buah favorit di masyarakat kita. Terdapat banyak jenis buah jeruk, seperti jeruk nipis,  lemon, jeruk manis, jeruk bali dan jeruk purut. Sebuah jeruk yang berukuran sedang memiliki kandungan vitamin C sebanyak 70 mg. Kadar asamnya yang cukup tinggi dianggap sebagai sumber vitamin C yang tinggi. Padahal jeruk bukan lah sumber vitamin C yang tertinggi di bandingkan dengan buah-buahan yang lain.

Sponsors Link

  1. Semangka

Si buah merah yang banyak mengandung air ini sangat baik untuk penderita asam urat karena banyak mengandung air dan vitamin C yang baik untuk kesehatan tubuh. Selain vitamin C buah ini memiliki kandungan vitamin lain yaitu, vitamin A, B1 dan B2. Akan tetapi dibanding vitamin lain vitamnin C paling tinggi dalam buah tersebut.Semangka juga sangat kaya dengan beta karoten dan zat karotenoid. Dibudidayakan di negara kita sehingga buah ini sangat terjangkau oleh semua lapisan masyarakat dan tidak mengenal musim, itu sebabnya buah ini sangat mudah kita temukan di mana saja, baik di pasar tradisonal maupun di supermarket.

  1. Kiwi

Terdapat dua jenis, yaitu kiwi hijau dan kiwi gold. Kiwi hijau kandungan vitamin C nya lebih rendah dari kiwi gold, yitu sekitar 92,7 mg. Sedangkan kiwi gold memiliki kandungan vitamin C 161,3 mg. Buah ini hingga saat ini tidak bisa ditanam di negara kita, akan tetapi bukan berarti buah ini sulit di dapat. Negara kita sudah mengimpornya sehingga buah tersebut mudah didapat walaupun harganya cukup tinggi dibanding buah-buah tropis lainnya.

Sponsors Link

Buah kiwi dikenal sangat baik untuk kecantikan kulit karena kandungan vitamin Enya juga cukup tinggi, antioksidannya berkhasiat melindungi kulit dari degenerasi. Kiwi termasuk memiliki kandungan vitamin C yang tinggi seperti yang sudah dijelaskan di atas tadi, bersama senyawa antioksidan lainnya buah ini sangat membantu meningkatkan sisitem kekebalan tubuh.

  1. Brokoli

Sayuran ini dikenal sebagai sayur penangkal kanker, karena kandungan zat-zat di dalamnya mampu menangkal racun dalam tubuh. Sayuran ini juga mengandung vitamin C yang cukup baik, yaitu 90 mg. Brokoli bisa dihidangkan dengan cara direbus sebagai lalapan atau dicampur dengan sayuran lain sebagai pelengkap makan nasi.

  1. Tomat

Adalah jenis sayuran yang banyak digunakan dan dikonsumsi dalam hidup sehari-hari. Mengandung vitamin C sebanyak 14,5 mg / 50 gram. Selain vitamin C, sayuran ini memiliki 2 gram serat, 21 kalori dan protein sebanyak 1.02 mg. Khasiat sayuran ini sangat banyak, diantaranya: untuk menjaga system kekebalan tubuh karena vitamin Cnya yang cukup untuk kebutuhan tubuh, menjaga system pembekuan darah, membantu melancarkan perderan darah dan menjaga kesehatan darah. Hal itu disebabkan karena tomat selain mengandung vitamin C juga mengandung vitamin A dan K.

, ,



Oleh :
Kategori : Buah Buahan