Sponsors Link

Khasiat Vitamin E untuk Asam Urat yang Jarang Diketahui

Sponsors Link

Penyakit asam urat atau yang di dalam dunia medis disebut sebagai gout ini nampaknya menjadi salah satu momok yang menakutkan bagi para orang dewasa. Khususnya mereka yang berusia 35 tahunan ke atas, sangat rentan untuk terkena asam urat. Asam urat adalah kondisi ketika tingkat asam urat di dalam darah kita meningkat, biasanya asam urat akan membuat sendi kita mengalami nyeri. Asam urat ini biasanya disebabkan karena zat purin yang berlebihan masuk ke dalam tubuh sehingga membuat kadar asam urat di dalam darah meningkat. Jika Anda adalah seseorang yang menderita asam urat, mungkin pernah mendengar saran vitamin W untuk asam urat baik. Apakah benar? Simak bahasan kami di bawah ini!

ads

Sebelum membahas lebih jauh mengenai vitamin E yang berkaitan dengan asam urat, kami ingin memberikan sedikit informasi kepada Anda semua mengenai apa saja manfaat vitamin E untuk kesehatan, sehingga Anda mengetahui manfaat dari vitamin E selain untuk mengatasi asam urat. Berikut adalah beberapa manfaat dari vitamin E untuk kesehatan manusia :

  • Meningkatkan antioksidan di dalam tubuh

Mungkin selama ini Anda hanya mengira jika antioksidan bisa didapatkan melalui vitamin C saja. Padahal vitamin E juga serta merta dapat menyumbangnya, vitamin E ini juga kaya akan antioksidan yang mana jika dikombinasikan dengan oksigen bisa menghancurkan radikal bebas yang ada di dalam tubuh kita. Oleh karena itu mengapa banyak sekali kosmetik yang menggunakan vitamin E untuk menjaga kesehatan kulit.

  • Mengatur aktivitas enzim di dalam tubuh

Selain bisa meningkatkan antioksidan di dalam tubuh, vitamin E ternyata juga bermanfaat untuk mengatur aktivitas enzim di dalam tubuh kita ya. Biasanya vitamin E ini berkaitan dengan otot polis yang bisa mengatur pertumbuhan si otot polos sehingga tidak merugikan tubuh.

  • Baik untuk penderita asam urat

Berkaitan dengan asam urat, ternyata vitamin E ini juga baik untuk para penderita asam urat karena vitamin E ini bisa membantu perawatan penyembuhan asam urat. Menurut penelitian, kandungan vitamin E ini sangat efektif untuk membantu penderita asam urat sembuh.

Sebenarnya masih banyak sekali manfaat vitamin E untuk kesehatan, namun disini kami ingin lebih membahas mengenai manfaat vitamin E bagi asam urat. Penderita asam urat disarankan mengkonsumsi beberapa jenis vitamin untuk membantu pemulihan asam urat. Misalnya saja vitamin C yang bisa meningkatkan ekskresi asam urat yang keluar melalui urin, kemudian untuk membantu penyembuhan asam urat disarankan untuk mengkonsumsi vitamin B serta vitamin E.

Vitamin E memiliki manfaat yang cukup besar bagi penderita asam urat. Vitamin E ini bisa membantu penderita asam urat untuk lebih cepat pulih dari asam urat. Kadar asam urat di dalam darah bisa menurun dengan cepat jika kita banyak mengkonsumsi makanan sehat yang mengandung vitamin E. Oleh karena itu kami menyarankan supaya Anda mengkonsumsi makanan menyehatkan yang mengandung vitamin E jika mengalami asam urat. Namun perhatikan juga apakah makanan yang Anda makan itu mengandung purin atau tidak, karena purin bisa meningkatkan asam urat. Jadi percuma jika makanan itu mengandung vitamin E tapi mengandung purin juga. Jadi perhatikan sungguh-sungguh ya.

Berikut ini makanan yang mengandung vitamin E:

  • Bayam

Pertama, makanan yang wajib dikonsumsi para penderita asam urat ketika asam uratnya kambuh adalah bayam. Sayuran hijau yang satu ini mengandung vitamin E yang cukup tinggi, selain itu bayam juga mengandung mineral lain yang sangat diperlukan oleh tubuh. Bayam juga termasuk ke dalam sayuran yang mengandung serat yang cukup tinggi yang mana membantu penyerapan asam urat dari dalam darah sehingga bisa mengeluarkannya lewat ginjal. Jadi mulai sekarang banyak-banyak makan bayam ya. Vitamin B komplek untuk asam urat juga sangat baik dan bermanfaat.

  • Kuaci

Tahukah Anda jika ternyata kuaci yang sering kita jadikan sebagai camilan ini juga mengandung vitamin E? Kuaci, biji labu, atau biji wijen yang sudah dikeringkan dan sering kita konsumsi ini kaya akan vitamin E. Bagi Anda penderita asam urat sebaiknya makan kuaci yang original atau plain ya, karena lebih aman bagi tubuh.

Sponsors Link

  • Brokoli

Brokoli ternyata juga mengandung banyak vitamin E serta kandungan serat yang tinggi. Dimana serat bisa membantu untuk mengeluarkan kadar asam urat berlebih yang ada di dalam darah. Oleh karena manfaatnya yang sangat luar biasa, mulai sekarang cobalah mengkonsusmi brokoli terutama jika kadar asam urat sedang tinggi ya. Bahkan faktanya, jika kita mengkonsumsi secangkir rebusan brokoli itu bisa membantu memenuhi 4% dari kebutuhan harian kita. Kangkung untuk asam urat ternyata membantu pemulihan karena juga mengandung vitamin E.

  • Alpukat

Jika tadi kita sudah membahas mengenai sayuran yang mengandung vitamin E dan cocok untuk dikonsumsi para penderita asam urat maka kali ini ada buah alpukat! Alpukat adalah buah yang mengandung vitamin E yang cukup tinggi sehingga sangat baik untuk pemulihan asam urat. Anda bisa memilih untuk membuat jus alpukat atau mungkin langsung mengkonsumsi buahnya secara langsung ya. Setengah dari buah alpukat ini ternyata sama dengan 2 mg vitamin E. Selain itu, jamu kolesterol dan asam urat tinggi juga harus Anda ketahui serta konsumsi karena aman bagi tubuh.

  • Kacang hazelnut

Jika ingin mendapatkan camilan yang gurih namun tetap ingin ada kandungan vitamin E-nya maka kami menyarankan supaya Anda membuat kacang hazelnut saja ya. Kacang hazelnut adalah salah satu jensi kacang yang memiliki kandungan vitamin E yang cukup tinggi sehingga sangat baik untuk pemulihan penderita asam urat. Namun sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu ya, apakah boleh mengkonsumsi kacang ini. Makanan yang rendah purin juga harus banyak-banyak kita konsumsi ya.

Itu tadi beberapa informasi yang bisa kami sampaikan kepada Anda mengenai vitamin E untuk asam urat. Sekarang sudah mengerti bukan ternyata vitamin E memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kita, terlebih bisa membantu untuk menurukan kadar asam urat yang ada di dalam darah kita. Oleh karena itu kami menyarankan supaya mulai saat ini banyak mengkonsumsi vitamin E sehingga asam urat bisa berkurang. Jika masih ada kondisi asam urat yang mungkin menganggu Anda maka kami menyarankan supaya Anda berkonsultasi dengan dokter ya. Semoga artikel yang kami berikan kali ini bisa bermanfaat dan berguna bagi Anda semuanya yang menderita asam urat!

, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan